Profile
Kista Ginjal

Divonis kista, tetapi tidak dapat obat

Divonis kista, tetapi tidak dapat obat

Dok, saya baru saja hamil & gugur di usia 6minggu, keluar bersama darah menstruasi. Setelah kontrol dokter, dinyatakan bersih, tanpa kiret. 2 minggu kemudian kontrol, tetapi ada kista di indung telur dengan ukuran 3cm sebanyak 2 buah. Kata dokter ybs tidak berbahaya dan akan mengecil dengan sendirinya. Dijadwal 3bln lagi di evaluasi. Tapi saya masih penasaran, apakah betul tidak berbahaya? Kok tidak dapat obat sama sekali. Bahkan saya boleh beraktifitas seperti biasa, boleh KB juga. Saya khawatir, kista ini akan jadi bom waktu, yang ternyata bisa berbahaya.

Answers

1 answers

  • Selamat malam

    Kista ovarium sebagian besar tidak berbahaya dan merupakan bagian dari menstruasi yang disebut dengan kista fungsional. Kista fungsional ini biasanya tidak bergejala apapun dan tidak sengaja ditemukan saat melakukan pemeriksaan USG. Kista jenis ini tidaklah sangat jarang menjadi besar dan tidak memerlukan penanganan apapun, biasanya dokter hanya menganjurkan untuk dilakukan pemeriksaan USG secara berkala sekitar 6 bulan kemudian. Biasanya kista fungsional dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa bulan. Bila ukurannya semakin membesar baru dipertimbangkan untuk dilakukan pengangkatan kista.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Kista Ginjal ?
Ask Doctor
pneumonia adalah istilah umum untuk infeksi paru-paru dengan gejala batuk dan demam. Gejala Pneumonia Pada Bayi yang Perlu Anda Waspadai Begini Cara Mudah Mendapatkan #HidupEnak tapi Tetap Sehat Begini Cara Mudah Mendapatkan #HidupEnak tapi Tetap Sehat