Profile
Alergi

Eczema Karena Alergi

Eczema Karena Alergi
Jakarta, Indonesia

Saya sering mengalami eczema, terutama saat ada makanan yang men-trigger alergi saya (saya sudah pernah melakukan tes alergi). Akan tetapi, terkadang eczema masih timbul karena keringat yang bercampur dengan debu dan reaksi alergi berlebihan yang biasanya terjadi karena daya tahan tubuh sedang menurun. Dokter saya menyarankan Travocort Cream apabila eczema timbul dan cream ini bekerja dengan sangat baik. Akan tetapi, belakangan ini sangat susah sekali untuk membeli Travocort Cream. Bahkan saat saya menanyakan salep ini pada pekerja apotik, banyak dari mereka yang seperti tidak familier dengannya. Apakah Travocort Cream sudah dilarang peredarannya? Jika saya sudah tidak bisa membeli Travocort Cream, salep apa yang bisa menggantikannya?

Answers

1 answers

  • Selamat malam

    Eksim atau bahasa medisnya dermatitis adalah penyakit iritasi atau peradangan pada kulit. Penyebab eksim masih belum diketahui dengan pasti, namun beberapa penelitian menyebutkan adanya keterlibatan sistem pertahanan tubuh (imun) yang berlebihan. Tubuh menganggap alergen tertentu (bahan pencetus alergi) yang sesungguhnya tidak berbahaya, dianggap sebagai benda asing sehingga sistem imun tubuh melakukan reaksi berlebihan sebagai respon terhadap alergen tersebut.

    Penyakit eksim pengobatan utamanya adalah dengan menghindari alergen yang dicurigai sebagai penyebabnya. Selain itu, beberapa pengobatan dapat mengurangi gejala yang dialami misal dengan obat antiinflamasi untuk mengurangi peradangan, obat anti alergi untuk mengurangi rasa gatal, obat nyeri jika terdapat nyeri, jika dicurigai pula terdapat infeksi sekunder misal akibat bakteri atau jamur maka akan diberikan pula obat yang spesifik terhadap mikroorganisme tersebut, dll. Mengenai obat yang anda sebutkan yakni travocort cream mengandung obat anti jamur dan juga obat anti radang. Penggunaan obat ini sebaiknya harus atas seijin atau resep dokter, dan tidak disarankan penggunaanya dan membelinya atau memperpanjang pemakaiannya sendiri tanpa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, karena beberapa obat memiliki jangka waktu penggunaan tertentu untuk meminimalisasi efek samping. Jadi sebaiknya anda konsultasi kembali dengan dokter kulit anda, karena masalah kulit yang anda alami bisa saja sama dengan sebelumnya atau bisa juga masalah kulit yang berbeda sehingga memerlukan terapi khusus. Jika memang masalah kulit yang sama, maka perpanjangan pemakaian obat mungkin jadi pertimbangan dokter, dan jika diresepkan obat yang sama anda dapat berkonsultasi lagi dengan dokter kulit masalah ketersediaanya agar diresepkan obat lain yang sekiranya memiliki kandungan zat aktif yang sesuai. Mengenai ketersediaan obat, biasanya lebih menyangkut ke industri farmasi.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Alergi ?
Ask Doctor
Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi?