Profile
Menstruasi

Flek coklat

Flek coklat

Saya ingin bertanya , saya mengeluarkan cairan coklat dr vagina saya , tidak berbau dan tidak berbau daraah , cairan itu mirip keputihan cair dan kental , itu terjadi biasanya saat setelah berhubungan , siklusnya 2-3 hari , sudah 6 bulan saya mengalami itu , dan skrng saya mengalaminya lagi , namun saya tidak berhubungan , tbtb keluar begitu saja dan siklusnya lebih dr 4 hari , semenjak puasa , itu kenapa ya ? Apakah ada hal yg berbahaya ? Usia saya masih muda 20thn , saya juga mengalani siklus haid yg tidak teratur , dr awal umur kurang lebih 16thn sampai skrng , saya terkadang 5 bulan tidak haid , lalu kembali normal , dan kembali lagi 5 bulan tidak haid. Itu kenapa ya ? Apakah ada tanda tanda serius dr ini semua ?

Answers

9 answers

  • Selamat malam

    Ada beberapa kemungkinan yang terjadi jika ada perdarahan per vaginam:
    - Perdarahan setelah berhubungan seksual atau Post Coital Bleeding dapat terjadi karena beberapa alasan terutama karena saat berhubungan seksual terjadi gesekan dengan intensitas tinggi berulang-ulang. Perdarahan pasca berhubungan seksual juga dapat terjadi karena adanya erosi di vagina dikarenakan baru pertama kali berhubungan atau berhubungan seksual belum terlalu sering sehingga vagina masih sempit, akibatnya penetrasi (penis masuk ke vagina), terutama bila wanita masih belum penuh terangsang dapat menyebabkan gesekan yang mengakibatkan luka atau lecet serta jika sebelumnya belum foreplay sehingga kurang cairan lubrikan.
    - Perdarahan bisa terjadi karena kebetulan berdekatan dengan jadwal berlangsungnya menstruasi sehingga merupakan flek tanda akan haid.
    - Ada juga kemungkinan mengalami perdarahan di antara periode menstruasi atau spotting. Spotting normal sering terjadi pada wanita dipengaruhi oleh perubahan kadar hormonal pada saat stress, aktivitas fisik berat, dan gejala pre menopause. Bisa juga akibat adanya efek samping dari metode kontrasepsi yang digunakan, baik pil, suntik, implan ataupun IUD. Selain itu efek samping beberapa obat-obatan seperti antikoagulan juga dapat menyebabkan spotting.
    - Ektropion serviks. Suatu kondisi pada permukaan leher rahim. Kondisi ini sering terjadi pada wanita muda, ibu hamil, dan wanita yang mengonsumsi pil kontrasepsi. Kondisi ini tidak berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya. Namun ada pula yang membutuhkan perawatan. Ektropion serviks tidak ada hubungannya dengan kanker.
    - Radang serviks.
    - Luka genital akibat infeksi menular seksual, seperti herpes atau sifilis.
    - Cedera pada lapisan rahim.
    - Vagina kering. Hal ini biasa terjadi pada wanita yang telah memasuki tahap menopause dan setelahnya. Kondisi ini juga menjadi ciri-ciri hadirnya atrofi vagina.
    - Atrofi vagina. Penipisan, pengeringan, dan peradangan dinding vagina karena tubuh kekurangan estrogen. Kondisi ini kerap terjadi pada ibu menyusui dan setelah menopause.
    - Vaginitis. Peradangan pada vagina bisa disebabkan oleh infeksi.
    - Polip yang tumbuh di leher rahim. Kondisi ini jinak, tidak bersifat kanker.
    - Kanker serviks.

    Bisa saja kondisi tersebut salah satunya dialami oleh anda. Sehingga bila sampai berulang kali terjadi, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan, karena harus diperiksa secara langsung.

    Terimakasih

  • Usia saya masi muda. Apakah bisa menopause? Soalnya usia saya baru 20thn

  • Selamat malam

    "Penyebab telat datang bulan yang dialami tiap perempuan berbeda-beda. Ada yang terjadi karena hal normal, namun ada pula yang mengalami keterlambatan akibat efek samping kontrasepsi dan juga karena kondisi kesehatan. Berikut beberapa penyebab telas haid dan cara mengatasinya: 1. Stres Kondisi ini bisa memengaruhi hormon Anda, mengubah rutinitas harian tubuh, serta berdampak pada bagian otak yang bertugas mengatur siklus menstruasi. Selain itu, stres juga bisa memicu penurunan atau kenaikan berat badan secara tiba-tiba yang dapat berdampak pada siklus menstruasi Anda. 2. Berat badan tidak normal Kemungkinan Anda akan mengalami telat datang bulan jika memiliki berat badan yang terlalu rendah. Kondisi ini bisa mengubah cara kerja tubuh sehingga menghambat ovulasi. Biasanya, hal ini dialami oleh kalangan yang mengalami gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia. Hal sama terjadi jika Anda mengalami obesitas. Bobot tubuh berlebihan juga bisa menyebabkan perubahan hormon yang berdampak pada siklus menstruasi Anda. Jika keterlambatan menstruasi disebabkan oleh hal-hal tersebut, Anda tidak perlu mengonsumsi obat telat datang bulan. Cukup ubah pola hidup Anda menjadi lebih baik seperti menjauhi hal-hal yang membuat Anda stres dan mengonsumsi makanan dengan kadar gizi seimbang. 3. Penyakit tiroid Kelenjar yang ditemukan di leher ini menghasilkan hormon tiroid yang mengontrol pertumbuhan dan metabolisme tubuh. Hormon tiroid juga memengaruhi kerja estrogen, salah satu hormon seksual sehingga siklus menstruasi pun ikut dipengaruhi. 4. Sindrom ovarium polikistik Sindrom ini bisa menyebabkan tingginya tingkat hormon. Pengobatan yang sering direkomendasikan untuk mengatasi sindrom ovarium polikistik yaitu melakukan terapi hormon dengan mengonsumsi pil KB atau pil yang mengandung hormon progesteron. 5. Tumor hipofisis Ini adalah kondisi ketika tumor jinak berkembang di kelenjar hipofisis atau pituitari (kelenjar di bawah otak). Adanya tumor tersebut dapat mengganggu keseimbangan hormon yang berperan dalam siklus menstruasi. Mengatasi hal tersebut diperlukan pemeriksaan secara lengkap seperti wawancara medis, pemeriksaan fisik, serta penunjang untuk dapat memastikan diagnosa tersebut. Anda juga perlu mengetahui penyebab yang pasti dengan mengevaluasi diri apakah ada perubahan pola hidup dalam sebulan terakhir ini. Aktivitas yang padaat, serta kurangnya istirahat juga dapat berpengaruh terhadap keterlambatan haid. Tidak ada ukuran dan batasan waktu yang pasti jika mengenai siklus haid ini Untuk informasi lebih lanjut, dapat anda buka link berikut ini: http://meetdoctor.com/article/8-penyebab-siklus-menstruasi-tak-teratur http://meetdoctor.com/article/mempercepat-datangnya-haid-dengan-alami"

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

  • Saya tidak perna mengeluhkan adanya sakit , nyeri dipunggung , atau nyeri dibagian rahimnya , saya jg tidak perna menggunakan pil kb dll , namun saya seorang yg mempunyai fisik lemah dan selalu minum obat , dan punya penyakit dibagian kepala jg dan obatnya analsik. Saya jg melakukan berhubungan tidak perna gonta ganti pasangan. Kira kira keluhan saya mengarah pd apa ?

  • Selamat pagi Saudari

    Keputihan yang berwarna coklat merupakan keputihan yang tidak normal sehingga sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga diketahui penyebab keluhan anda dan penanganan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Volume untuk cairan coklat itu jg lumayan banyak dan jg terkadang sedikit, benarkah itu keputihan ?

  • Selamat pagi

    Cairan berwarna kecoklatan yang keluar dari vagina perlu dibedakan antara keputihan yang berwarna kecoklatan ataukah bercak darah atau flek. Beberapa kemungkinan penyebab keluarnya cairan berwana kecoklatan dari vagina antara lain:

    -Kehamilan atau perdarahan akibat implantasi janin ke rahim
    -Ovulasi
    -Penyakit radang panggul
    -Hubungan seksual
    -Benda asing pada vagina
    -Penggunaan kontrasepsi hormonal ataupun alat kontrasepsi dalam rahim
    -Gangguan pada serviks seperti infeksi HPV atau fibroid servikal
    -Endometriosis atau lapisan rahim (yang luruh saat menstruasi) yang tumbuh di luar rahim
    -Gangguan hormonal seperti pada PCOS (polycystic ovary syndrome), penyakit tiroid, fibroid atau miom
    -Stress
    -Nutrisi yang buruk
    -Olahraga berlebihan
    -Kanker

    Melihat banyaknya kemungkinan penyebab keluarnya cairan berwarna kecoklatan dari vagina, diperlukan pemeriksaan lebih jauh untuk mengetahui penyebab pastinya.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Apakah cairan coklat ini bisa mengganggu haid ?

  • Selamat pagi..
    Timbulnya flek coklat seperti yang Anda alami pada dasarnya dapat diakibatkan oleh berbagai kemungkinan penyebab seperti:
    Siklus menstruasi
    Stres atau kelelahan
    Ketidakseimbangan hormonal
    Perdarahan implantasi dalam kehamilan (perdarahan saat penanaman janin pada dinding rahim)
    PCOS/sindrom polikistik ovarii
    Radang panggul

    Jika flek coklat disebabkan karena gangguan hormonal atau PCOS, tentu saja bisa mengganggu siklus haid.

    Flek coklat sebenarnya merupakan kondisi yang umum dialami wanita dan biasanya tidak berbahaya.
    Namun jika keluhan terus berlangsung atau kerap berulang maka ada baiknya Anda menemui dokter agar dapat diperiksa lebih lanjut. Tes penunjang seperti USG atau tes darah mungkin dapat dianjurkan oleh dokter untuk menelusuri penyebabnya lebih jauh, sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi dasarnya.

    Berikut anjuran bagi Anda:
    Beristirahat cukup dan kurangi kegiatan yang berat
    Konsumsi makanan yang bergizi seimbang
    Menjaga berat badan ideal
    Meminimalisir stres

    Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di:
    https://meetdoctor.com/article/cairan-berwarna-kecokelatan-dari-vagina-apa-artinya
    Terimakasih telah menggunakan layanan meetdoctor. Semoga jawabab yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami