Profile
Menstruasi

Flek coklat & Mens

Flek coklat & Mens

Halo dok saya mau tanya, istri saya HPHT pada tanggal 5 July 17, kemudian pada tanggal 15 July 17 kami terakhir berhubungan. lalu pada tanggal 2 Agustus 17 istri saya mengalami flek cokat yang berlangsung dari 2 Agustus 17 - 14 Agustus 17, fleknya coklat kadang ada sedikit darah, dan keluar biasanya hanya sedikit, bisa sehari hanya 1x atau 2x, sehingga tidak mengganti pembalut. Sebelumnya haid istri saya memang tidak teratur, biasanya siklus panjang, namun flek ini muncul beberapa hari lebih awal dari jadwal pada tanggal 5 bulan July 17, kira - kira apa penyebabnya ya dok bisa sampai flek selama 2 minggu? apakah hal tersebut merupakan haid yang normal atau awal kehamilan? karena istri saya tidak merasakan tanda - tanda kehamilan. Terimakasih dok, sukses dan sejahtera

Answers

2 answers

  • Selamat pagi pak

    Apakah siklus menstruasi anda selalu teratur setiap bulannya atau tidak? Apakah sebelumnya anda pernah mengalami hal ini? Apakah anda sedang menggunakan KB, jika Iya KB jenis apa yang anda gunakan?

    Bila keluhan darah keluar setelah berhubungan kemungkinan hal tersebut adalah post coital bleeding. Perdarahan setelah berhubungan seksual atau Postcoital Bleeding dapat terjadi karena beberapa alasan. Perdarahan pasca berhubungan seksual juga dapat terjadi karena adanya erosi di vagina dikarenakan baru pertama kali berhubungan atau berhubungan seksual belum terlalu sering sehingga vagina masih sempit, akibatnya penetrasi (penis masuk ke vagina), terutama bila wanita masih belum penuh terangsang dapat menyebabkan gesekan yang mengakibatkan luka atau lecet.

    Flek coklat atau bercak darah (setetes atau dua tetes darah) ini biasanya juga terjadi pada seorang wanita yang akan masuk ke fase menstruasi yang biasanya berlangsung selama satu atau dua hari. Pada kebanyakan kasus, flek coklat yang muncul sebelum haid merupakan hal yang normal dan tidak berbahaya. Namun Anda harus memastikan bahwa darah tersebut keluar dari vagina dan bukan dari saluran urine atau anus. Anda mungkin akan merasa kram atau sedikit nyeri ketika mengalami kondisi ini karena bercak darah tersebut bisa jadi tanda bahwa Anda akan mendapat haid atau sedang memasuki masa premenstrual syndrome (PMS). Kehadiran flek coklat sebelum menstruasi juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami beberapa kondisi di bawah ini :
    1. Stres dan kelelahan. Kondisi ini bisa menyebabkan otak untuk tidak memulai siklus haid sehingga vagina mungkin akan mengeluarkan flek coklat sebelum haid.
    2. Kehamilan. Flek coklat bisa menjadi tanda awal bahwa Anda sedang berbadan dua. Umumnya, flek keluar pada kehamilan usia 7-10 hari. Flek biasanya muncul ketika janin menempelkan dirinya pada dinding rahim untuk pertumbuhan selanjutnya setelah pembuahan terjadi.
    3. Efek samping alat kontrasepsi. Kondisi ini mungkin dapat terjadi pada 2-3 bulan pertama Anda mengonsumsi pil kontrasepsi ini. Selain pil KB, alat kontrasepsi yang bisa memicu flek coklat adalah IUD atau KB spiral.

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

  • Selamat siang Pak

    Tentunya tanda pasti dari seorang wanita hamil adalah harus dilakukannya test kehamilan, yang paling sederhana adalah test pack. Walaupun sebenarnya terdapat pula gejala kehamilan yang lainnya, namun hal ini buka merupakan tanda pasti. Gejala hamil dibagi menjadi dua,yaitu tanda pasti dan tanda tidak pasti. Tanda-tanda kehamilan tersebut berupa:

    1. Tanda Pasti, yaitu merupakan suatu tanda yang jika terdapat tanda ini maka sudah pasti anda hamil. Tanda pasti berupa pemeriksaan kehamilan, baik dengan pemeriksaan urin dan/atau pemeriksaan USG. JIka hasil pemeriksaan urin positif hamil dan saat USG terlihat adanya kantung dan bakal janin yang berada di rahim maka sudah pasti anda sedang hamil> Selain dua tanda itu, satu tanda hamil yang lain adalah jika perut membesar dan diiringi rasa adanya pergerakan janin di perut, namun untuk tanda tersebut baru dapat dinilai saat kehamilan lanjut (sekitar bulan ke 5).

    2. Tanda tidak pasti, yaitu gejala dan tanda yang sering dialami wanita saat sedang di awal kehamilan, namun jika seseorang memiliki satu atau beberapa tanda ini, maka belum tentu wanita itu hamil, karena gejala dan tanda ini dapat terjadi pada kondisi selain kehamilan. Tanda tidak pasti tersebut yaitu:
    - Telat menstruasi. Merupakan gejala awal yang membuat seseorang biasanya menyadari bahwa kemungkinan dia hamil. Namun telat menstruasi dapat terjadi karena banyak penyebab, seperti pada pemakaian kontrasepsi hormonal, saat stress, saat aktivitas fisik berlebih atau kelelahan, dll.
    - Spotting, atau terdapat bercak darah atau muncul darah hanya sesaat dan sering dikira sebagai darah menstruasi atau hanya bercak darah. Terjadi pada beberapa hari setelah konsepsi, yaitu saat bakal janin tertanam di dinding rahim dan menyebabkan luruhnya daerah dinding rahim tersebut.
    - Kram perut, juga dapat terjadi pada awal-awal kehamilan, dan sering disangka sebagai gejala akan munculnya menstruasi.
    - Morning sickness atau biasa dikenal dengan gejala mual-mual tanpa sebab yang jelas, dan cenderung lebih sering terjadi di pagi hari, namun dapat terjadi di sepanjang hari.
    - Perubahan payudara. Payudara terasa tegang, sensitif, pegal, terasa lebih besar/bengkak, terasa lebih berisi, dan daerah aerola di sekitar puting terlihat lebih gelap.
    - Peningkatan berat badan.
    - Perubahan mood, terjadi akibat kerja dari hormon saat kehamilan.
    - Lebih sering BAK
    - Konstipasi
    - Merasa lelah tanpa pencetus yang jelas. Biasa terjadi pada awal-awal bulan kehamilan.
    - Nyeri punggung
    - Pusing, lemas

    Untuk disebut sebagai hamil maka diperlukan terutama adanya tanda pasti kehamilan, yaitu hasil urin atau USG. Sering kali seorang wanita memiliki tanda pasti kehamilan, namun dia tidak merasakan adanya tanda-tanda tidak pasti kehamilan tersebut. Begitu juga sebaliknya, banyak juga wanita merasakan beberapa gejala/ tanda tidak pasti kehamilan tersebut namun setelah diperiksa ternyata tidak hamil, dan tanda tersebut merupakan akibat dari kondisi lain.

    Berikut terdapat artikel terkait :

    http://meetdoctor.com/article/tanda-tanda-kehamilan

    Terima kasih. Semoga membantu.

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Depresi bisa dialami pria dan wanita, namun keluhan utamanya seringkali berbeda di antara keduanya. 12 Tanda Depresi pada Pria Depresi bisa dialami pria dan wanita, namun keluhan utamanya seringkali berbeda di antara keduanya. 12 Tanda Depresi pada Pria