Profile
Hamil

flek coklat pekat setelah berhubungan

flek coklat pekat setelah berhubungan
Bandung

dok saya sedang hamil muda 8 minggu, selama ini kehamilan lancar hanya sesekali keram perut saja,tapi hari ini setelah saya berhubungan intim bersama suami dan ketika membersihkan kemaluam memakai tisue tiba tiba saya lihat sisa sperma bercampur dengan flek coklat pekat sedikit menggumpal-gumpal tapi tidak berbau menyengat,, tanda apa itu ya dok? apakah bahaya untuk janin saya?

Answers

2 answers

  • maaf sebelum nya,dok flek nya kurang lebih seperti darah yang menggumpal

  • Halo selamat malam

    Flek atau perdarahan pervaginam pada saat kehamilan muda bisa saja disebabkan oleh karena beberapa penyebab seperti di bawah ini:
    - Tanda awal keguguran.
    - Perlekatan / nidasi embrio ke dinding rahim.
    - Infeksi rahim.
    - Perubahan hormonal.
    - Kontraksi rahim berlebih akibat berhubungan intim.
    - Kelelahan.
    - Kehamilan ektopik.
    - Hamil anggur.

    Namun demikian, ada hal yang perlu Anda ingat. Melakukan hubungan seksual saat usia kehamilan trimester pertama mungkin lebih berisiko karena janin masih rentan, akan tetapi bila sudah melewati trimester pertama maka cukup aman. Orgasme bisa memicu pelepasan prostaglandin yang secara teori bisa menyebabkan kontraksi rahim sehingga bisa inilah yang memicu pengeluaran darah. Selain itu, jika terjadi luka lecet akibat hubungan seksual tersebut, bisa juga menyebabkan keluar darah. Untuk memastikannya, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter kandungan.

    Langkah yang dapat anda tempuh untuk mengurangi agar tidak terjadi perdarahan yaitu:
    - usahakan untuk bed rest sementara waktu
    - bila sudah sama sekali tidak keluar perdarahan, anda tetap dapat beraktivitas seperti biasa, namun hindari aktivitas berat seperti mengangkat benda berat, mencuci, dll
    - cukupi asupan nutrisi bagi kandungan anda dengan makan makanan bergizi dan bisa minum susu untuk kehamilan
    - sebaiknya tidak berhubungan seksual sementara waktu hingga kondisi optimal
    - bila perdarahan semakin banyak, segera pergi ke pelayanan kesehatan terdekat untuk pemeriksaan.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya