Profile
Hamil

flek saat kehamilan

flek saat kehamilan

Malam dok, saya sedang hamil anak pertama, usia kandungan sekarang 7minggu 6 hari, karena hari kemarin saya keluar flek agak banyak, hasil pemeriksaan mengatakan bahwa janin saya lemah, tidak ada pergerakan yg signifikan, apakah janin yg lemah bisa dipertahankan atau berkembang dengan baik dok? Kemudian dengan usia kandunga 7minggu 6 hari apakah normal jika ukuran janin 1.59 cm? Makanan apa yg bisa membuat janin kembali sehat? Terimakasih dok

Answers

2 answers

  • Selamat malam.

    Adanya flek dan janin lemah menurut pemeriksaan dokter menunjukkan bahwa kemungkinan anda mengalami ancaman keguguran (abortus iminens). Ancaman keguguran dapat menyebabkan 2 kemungkinan, yaitu berlanjut menjadi keguguran ataupun dapat dipertahankan sampai kelahiran bayi.

    Beberapa anjuran untuk anda untuk mencegah kemungkinan terjadinya keguguran, yaitu:
    - Melakukan tirah baring (bed rest), sebaiknya bed rest total.
    - Menghindari hubungan seksual agar tidak sampai terjadi keguguran.
    - Waspada terhadap tanda-tanda keguguran, seperti nyeri/kram perut bawah, perdarahan dari vagina, maupun keluarnya gumpalan darah seperti jaringan.
    - Stres, olahraga, bekerja, makanan pedas, dan bepergian dengan pesawat tidak terkait dengan meningkatnya risiko keguguran, asalkan dalam batas wajar.

    Sebaiknya anda terus berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan terhadap kondisi kehamilan Anda.

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

         



  • Selamat malam.

    Usia kehamilan 7 minggu masih tergolong usia kehamilan awal namun pertumbuhan janin sudah mulai menunjukan perkembangan yang pesat seperti bentuk kepala yang sudah terlihat dan awal pertumbuhan lengan dan kaki. 

    Perkembangan janin usia 7 minggu, yakni:
    - Embrio telah berkembang menjadi 10 mm (1 cm).
    - Otak telah berkembang pesat sehingga membuat kepala bertumbuh lebih cepat dan berukuran lebih besar dibandingkan tubuh.
    - Embrio terlihat memiliki dahi berukuran besar dengan mata dan telinga bagian dalam yang terus berkembang.
    - Tulang rawan mulai terbentuk dan mulai berkembang menjadi tulang lengan dan kaki.
    - Sel-sel saraf mulai menggandakan diri dan berkembang menjadi sistem saraf.

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi?