Profile
Keringat Berlebih (Hyperhidrosis)

Gampang gerah dan berkeringat

Gampang gerah dan berkeringat

Siang Dok, Saya perempuan umur 31 tahun (blm menikah). Saya mau tanya. Kenapa saya gampang sekali gerah dan berkeringat?? Tapi telapak tangan saya tidak berkeringat (kata org krna jantung). Dlu tdk begitu, tp skrg gampang sekali berkeringat. Bahkan setelah saya mandi. Atau saya hanya melakukan aktifitas kecil seperti jemur pakaian. Di AC pun saya kdng gerah n keringat. Malam pun seperti itu, hingga batal basah. Saya jadi tidak bisa tdr jika tidak menggunakan kipas (saya menggunakan kipas tdk lgsng ke badan tp saya pantulkan ke dinding). Apalagi klo saya sakit akan bertambah parah.

Answers

1 answers

  • Selamat malam

    Berkeringat merupakan kondisi yang normal dialami oleh semua orang sebagai bagian dari metabolisme tubuh. Kondisi tertentu seperti udara yang panas atau aktivitas fisik yang berat dapat memicu seseorang untuk berkeringat lebih banyak. Namun demikian bila terjadi kondisi di mana seseorang berkeringat berlebihan melebihi normal maka kondisi ini secara medis disebut sebagai hiperhidrosis. Berdasarkan penyebabnya hiperhidrosis dapat digolongkan menjadi:

    Hiperhidrosis primer, yaitu kondisi berkeringat berlebihan yang terjadi pada area tubuh tertentu seperti ketiak, telapak tangan, wajah, kepala dan sebagainya. Penyebabnya tidak diketahui, namun diduga berkaitan dengan terlalu aktifnya saraf yang mengatur kelenjar keringat. Kondisi ini bersifat diturunkan secara genetik.
    Hiperhidrosis sekunder, yaitu kondisi berkeringat berlebih di seluruh tubuh yang disebabkan oleh adanya penyakit lain yang mendasari seperti:
    Gangguan tiroid
    Gagal jantung
    Tuberkulosis/TBC
    Diabetes
    Kelainan paru-paru
    Keganasan
    dan sebagainya
    Penanganan hiperhidrosis sekunder akan ditujukan untuk mengatasi penyebab dasarnya. Sedangkan hiperhidrosis primer umumnya ditangani dengan pemberian antiperspirant, obat antikolinergik, suntikan botox, prosedur iontophoresis dan sebagainya. Bila mengalami keluhan berkeringat berlebihan sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kulit agar penyebabnya dapat ditelusuri. Tes penunjang tertentu (misalnya tes darah dan sebagainya) mungkin akan diperlukan untuk menunjang diagnosis sehingga dapat ditangani secara tepat.

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Keringat Berlebih (Hyperhidrosis) ?
Ask Doctor
Jerawat batu sejatinya seperti jerawat biasa yang dapat mengganggu penampilan, untuk menghilangkannya pun harus dengan cara benar. Jerawat Batu, Apakah Itu? Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan