Profile
Prostatitis

Gangguan prostat

Gangguan prostat

Selamat malam dokter, Saya berusia 31tahun, saya sudah mri prostat dan hasil nya prostatistis ringan dan juga prostat saya membesar, yang saya tanyakan apakah BPH ini termasuk tumor atau bukan ya dokter? Jujur dokter saya sangat kawatir akan kondisi saya. Mohon pencerahan untuk pengobatan yg tepat dokter.

Answers

1 answers

  • Selamat malam

    Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) atau pembesaran prostat jinak merupakan kondisi yang menyebabkan kelenjar prostat mengalami pembengkakan, namun tidak bersifat kanker. Kelenjar prostat memiliki fungsi untuk memproduksi air mani dan terletak pada rongga pinggul antara kandung kemih dan penis.

    Karena kelenjar prostat hanya dimiliki oleh pria, maka tentu saja seluruh penderita BPH adalah pria. Umumnya pria yang terkena kondisi ini berusia di atas 50 tahun.

    Pembesaran prostat jinak (BPH) kadang-kadang dapat mengarah pada komplikasi akibat ketidakmampuan kandung kemih dalam mengosongkan urin. Beberapa komplikasi yang mungkin dapat timbul antara lain:

    Infeksi saluran kemih.
    Penyakit batu kandung kemih.
    Retensi urin akut atau ketidakmampuan berkemih.
    Kerusakan kandung kemih dan ginjal.

    Pengobatan bph tergantung dari ukuran pembesaran prostat tersebut. Watchful waiting dilakukan pada penderita dengan keluhan ringan, atau sedang hingga berat namun tidak memiliki dampak atau berdampak minimal pada kualitas hidup pasien. Tindakan yang dilakukan adalah observasi saja tanpa pengobatan. Pasien yang sedang menjalani watchful waiting secara periodik mengunjungi dokter untuk dilakukan monitoring. Modifikasi gaya hidup yang dapat dilakukan diantaranya buang air kecil sebelum tidur, menghindari konsumsi kafein dan alkohol, pengosongan kandung kemih yang lebih sering ketika tidak sedang tidur.

    Konsultasikan ke dokter urologi anda mengenai kondisi anda saat ini dan penanganan lebih lanjut.

    Semoga bermanfaat

Anda punya pertanyaan seputar Prostatitis ?
Ask Doctor
Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif