Profile
Kanker Kulit

Garis hitam pada kuku jari manis

Garis hitam pada kuku jari manis

Dok, saya mau bertanya anak saya berumur 2,5 tahun, di jari manis nya terdapat garis hitam. saya khawatir apakah itu termasuk oenyakit berbahaya atau tidak? sudah saya periksakan ke dokter tp tidak ada hasilnya, saya disruh menunggu 2 bulan, sedang kan sampai detik ini saya masih di landa rasa kacau karna tidak tau hasilnya dok. terima kasih sangat saya tunggu jawabannya

Answers

5 answers

  • selamat malam

    Memang ada berbagai kondisi yang dapat menyebabkan perubahan pada kuku. Kuku dengan garis kehitaman disebut dengan melanokhia. Beberapa hal yang dapat menyebabkan melanokhia ini adalah:

    1. Normal / tanpa penyakit. Hal ini lebih sering terjadi pada orang kulit hitam

    2. Kuku yang digigit atau tergesek terus menerus

    3. Psoriasis

    4. Kehamilan

    5. Hipertiroid

    6. Melanoma

    Untuk mengetahui hal ini lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Jika memang dirasa perlu, dokter dapat melakukan biopsi dan pemeriksaan patologi. Namun Anda tidak perlu khawatir dulu karena hal ini bisa saja normal.

    sekian semoga bermanfaat

  • Selamat Sore dok,
    Terimakasih banyak dok atas jawabannya, sangat membantu saya dok. jdi apakah saya harus menunggu selama 2 bulan dok? soalnya saya sudah ke dokter kulit dan kelamin, dia blg tunggu aja dlu 2 bulan dok. untuk gejala penyakit berbahaya, apakah ada ciri fisiknya dok? terima kasih dok, sangaat di tunggu jawabannya.

  • Selamat siang,

    Anda harus hati-hati terhadap kemungkinan keganasan apabila:
    •Anda berada pada usia dekade ke-5
    •Lebar garis lebih dari 3mm
    •Garis hitam tersebut di ibu jari
    •Riwayat keluarga dengan melanoma/ kanker kulit
    •Garis hitam coklat tersebut meluas ke lapisan sekitarnya mendekati lipatan kuku
    •Seiring waktu, garis tersebut mengalami perubahan warna dan bentuk

    Sebaiknya anda mengikuti saran dokter spesialis kulit anda untuk menunggu beberapa waktu. Bila dicurigai keganasan, dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan biopsi dan pemeriksaan patologi. Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk perawatan:
    •Jangan memakai produk yang mengandung zat kimia pada kuku
    •Istirahat yang cukup
    •Jaga kebersihan kuku, keringkan dengan cukup setiap habis mandi
    •Makan makanan yang bergizi dan perbanyak buah dan sayuran yang mengandung antioksidan.

    Semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

    Salam.

  • Terima kasih dok, sangat membantu saranya buat saya. tapi dok ada yang ingin saya tanyakan kembali, apakah melanoma atau penyakit ganas lain dapat menyerang terhadap balita? Terima kasih.

  • Selamat malam

    Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami kanker kulit melanoma. Meski termasuk jenis kanker langka, melanoma merupakan jenis kanker kulit yang paling umum menyerang anak-anak.

    Pada melanoma ciri ciri yang perlu diwaspadai antara lain:

    Perubahan bentuk, warna, atau ukuran tahi lalat
    Tahi lalat muncul sebagai luka yang tidak sembuh dan terasa sakit
    Tahi lalat yang gatal atau berdarah
    Benjolan yang terlihat mengkilap atau berkerak
    Bintik gelap di bawah kuku jari atau kuku kaki tidak disebabkan oleh luka pada kuku

    Faktor risiko kanker kulit melanoma anak
    Anak yang berkulit putih dan memiliki rambut asli berwarna terang memiliki risiko melanoma yang tinggi. Itu sebabka kasus kanker kulit pada anak lebih banyak ditemukan pada anak-anak keturunan kulit putih (ras kaukasian).

    Selain itu, paparan radiasi ultraviolet (UV) dari sinar matahari dan riwayat kanker kulit dalam keluarga membuat anak lebih rentan terhadap perkembangan melanoma.

    Sampai saat ini belum ada penyebab pasti penyakit keganasan baik itu pada balita maupun dewasa. Beberapa hal yang dapat menjadi faktor risiko antara lain faktor genetik, infeksi, paparan radiasi, faktor imunitas dll.

    Semoga membantu

Anda punya pertanyaan seputar Kanker Kulit ?
Ask Doctor
Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan