Profile
Panu (Tinea Versicolor)

gatal-gatal di selangkangan

gatal-gatal di selangkangan
Jakarta

Malam dok.. saya mau nanya dok, di bagian dalam selangkangan saya kadang terasa gatal dan kulit seperti pulau dan bersisik warna putih.. itu penyakit apa ya dok? Dan apa obatnya..sebelumnya saya ucapkan teima kasih dok

Answers

2 answers

  • Selamat malam

    Untuk penyakit kulit sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter. Karena harus dilakukan penilaian/pengamatan secara langsung tentang gambaran lesi kulit yang anda alami dengan begitu baru diketahui diagnosis penyakit kulit yang anda alami. Selain itu terkadang pula apabila diperlukan akan dilakukan pemeriksaan untuk mengambil sampel dari lesi kulit dan dilihat di laboratorium.

    Apabila gejala yang anda alami berupa muncul bercak kemerahan, kadang seperti ada kulit yang normal di tengahnya (central healing), ada plak tipis di atasnya yang mudah mengelupas, gatal terutama saat berkeringat, biasanya merupakan penyakit jamur dan diobati dengan obat anti jamur. Jamur bisa tumbuh karena kondisi selangkangan agak lembap. Namun lesi kulit yang anda alami bisa juga karena penyebab lain selain jamur, bergantung gambaran lesi kulit anda, bisa bakteri, virus, dll sehingga perlu diamati oleh dokter secara langsung.

    Saran saya anda harus mengganti pakaian dalam minimal 2x agar tidak lembap, jangan menggunakan jeans, jangan menggunakan celana terlalu ketat dan gunakan celana bahan kain utk mempermudah sirkulasi. Anda juga diharapkan memeriksakan diri ke dokter, bisa ke dokter umum atau dokter spesialis kulit kelamin agar penyebab gatal selangkangan tersebut diketahui secara pasti sehingga terapi yang diberikan tepat yaitu bila infeksi jamur maka akan diberikan anti jamur.

    Terimakasih

  • Selamat siang,

    Ada banyak penyebab gatal di selangkangan yakni bisa karena infeksi, iritasi kimia, alergi, dll. Pada umumnya gatal selangkangan merupakan infeksi jamur di bagian terluar dari kulit.

    Selangkangan merupakan salah satu lokasi jamur berkembang biak dengan cepat karena lembap dan hangat. Area lainnya yang menjadi tempat berkembangnya jamur dengan cepat, antara lain paha bagian dalam dan bokong.

    Ciri khas dari jamur pada selangkangan yaitu berwarna merah-coklat sampai kehitaman dengan batas tegas seperti pulau (lihat gambar di atas), kulit bersisik (mengelupas) dan terkadang terdapat area yang sepertinya menyembuh di bagian tengah (central healing). Rasa gatal semakin parah ketika berkeringat.

    Pengobatan untuk gatal pada selangkangan perlu dilakukan sesuai dengan penyebab dasarnya. Dokter perlu melihat langsung lesi (kelainan kulit) untuk mengetahui apakah itu jamur atau bukan. Dengan memeriksakan diri ke dokter dan menjalani tes medis yang sesuai, penyebab dasarnya bisa diketahui dan Anda pun bisa menerima pengobatan yang tepat.

    Selain itu, beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi atau mencegah timbulnya jamur :
    1. Gunakan pakaian atau celana yang longgar sehingga mengurangi panas dan kelembapan, dan jangan menggunakan celana yang ketat.
    2. Setelah mandi keringkan daerah selangkangan dengan handuk yang bersih.
    3. Stop kebiasaan sering pakai baju secara bergantian dengan orang lain.
    4. Hindari penggunaan produk berpotensi mengiritasi kulit dan membuat gatal semakin parah.
    5. Jangan menggaruk secara rutin dan berlebihan karena akan menambah iritasi dan memperparah gatal yang terjadi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Anda punya pertanyaan seputar Panu (Tinea Versicolor) ?
Ask Doctor
Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif