Profile
Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT)

Gendang telinga robek

Gendang telinga robek

Gendang telinga saya robek Dok Dan mengakibatkan kurang nya pendengaran

Answers

1 answers

  • Selamat malam

    Sudahkah anda memeriksakan diri anda ke dokter tht? Apakah gendang telinga berlubang ini baru pertama kali terjadi ataukah sudah pernah berulang?

    Jika terjadi peradangan sebagian atau seluruh mukosa tengah, tuba eustachius, antrum mastoid dan sel-sel mastoid maka disebut sebagai otitis media. Otitis media biasanya dibagi menjadi otitis media akut (oma) dan otitis media supuratif kronis (omsk).

    Otitis media akut yaitu peradangan telinga tengah akut. Biasanya dibagi menjadi fase oklusi tuba eustachius, hiperemis, supuratif, perforasi, resolusi. Kemungkinan jika baru pertama kali ditemukan lubang pada gendang telinga maka kemungkinan mengalami oma stadium perforasi karena ditemukan selaput gendang telinga robek dan ada pengeluaran cairan. Bila diobati maka oma ini akan sembuh dan masuk ke stadium resolusi (penyembuhan). Jadi sebaiknya harus diperiksakan ke doktee tht agar dapat terapi yang tepat sehingga bisa terjadi penyembuhan (resolusi).

    Akan tetapi, jika lubang pada gendang telinga cukup parah, tidak dilakukan terapi yang tepat, OMA terjadi menerus selama 2 bulan, maka dapat berubah menjadi OMSK yakni bila perforasi atau lubang selaput gendang telinga menetap dengan sekret yang keluar terus-menerus atau hilang timbul dan kemungkinan akan ada gangguan pendengaran.

    Jadi sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter tht agar melakukan terapi lebih lanjut.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) ?
Ask Doctor
Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya