Profile
Gigi & Kesehatan Mulut

Gigi geraham sakit setelah ditambal permanen

Gigi geraham sakit setelah ditambal permanen
Yogyakarta

Sore dok, saya wanita berumur 33th. Sabtu minggu kemaren saya melalukan perawatan gigi karena gigi geraham saya berlubang, setelah dibersihkan dilakukan penambalan sementara dan sabtu ini diminta dtng kembali untuk dibongkar dan ditambal permanen. Namun setelah sore harinya gigi yg setelah ditambal permanen malah menjadi sakit (tidak enak makan bahkan bergesekan dengan gigi lain saja sangat nyeri sekali) padahal sebelumnya tidak pernah sakit seperti ini. Saya sudah minum Asam mefenamat 500 mg namun tdk berkurang juga rasa sakitnya. Kira2 apa yg bisa saya lakukan untuk mengurangi rasa nyeri tersebut. Terimakasih

Answers

1 answers

  • selamat malam

    Gigi berlubang bisa menyebabkan sakit gigi. Apabila gigi sudah ditambal tapi mengalami sakit lagi, kondisi tersebut bisa disebabkan oleh :

    Tambalan rusak,
    Tambalan lepas da tambalan tergigit dan
    Tambalan mengenai gusi
    Infeksi ulang.

    Untuk jenis tambalannya sendiri dapat dilakukan tambalan sementara dan tambalan permanen. Tambalan ini dilakukan berdasarkan kondisi pasien. Tujuan tambalan sementara sebelum tambalan permanen adalah untuk meredakan terlebih dahulu proses peradangan dan infeksi pada gigi yang berlubang. Pada saat tambalan sementara ini, biasanya infeksi diredakan dengan antibiotik dan rasa nyeri diredakan dengan antinyeri atau obat bius yang dapat dimasukkan ke dalam saluran akar maupun obat minum. Karena, apabila tambalan permanen dilakukan sebelum infeksi reda, dikhawatirkan akan terjadi infeksi yang lebih luas.

    Apabila sekarang tambalan gigi Anda terasa nyeri tentu saja Anda perlu memeriksakan diri kembali ke dokter gigi Anda untuk mengetahui penyebabnya dan mendapat penanganan yang tepat. Dokter gigi Anda lebih mengetahui keadaan gigi Anda yang sebenarnya, dan Anda tidak perlu sungkan untuk menanyakan hal ini. Beberapa penanganan yang mungkin dilakukan dokter gigi yaitu mengobati sakit gigi dengan obat-obatan, membongkar tambalan, menambal ulang gigi, melakukan perawatan saluran akar, atau jika gigi sudah tidak bisa ditambal maka akan dilakukan pencabutan gigi. Anda bisa melakukan beberapa tips berikut:

    Berkumur dengan air garam hangat
    Berkumur dengan larutan kumur antiseptik
    Sikat gigi secara teratur 2x sehari pada pagi dan sebelum tidur
    Bersihkan gigi dengan dental floss
    Konsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol untuk membantu mengurangi sakit gigi

    sekian semoga bermanfaat

Anda punya pertanyaan seputar Gigi & Kesehatan Mulut ?
Ask Doctor
Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat Bahaya merokok bagi kesehatan, selain kanker, juga bisa mempercepat penuaan dan masalah seksual. Tidak hanya perokok aktif yang mendapatan efek negatif rokok. Bahaya Merokok Bagi Kesehatan