Profile
Kesehatan Wanita

haid

haid

Dok sblmnya sy mau tanya. Sminggu lalu sy brhubunga tpi ga di keluarin di dalem. Tapi smpe saat ini blm haid. Awal haid tgl 16 april. Dan saat perut di tekan ada detak apa sy hamil ?

Answers

3 answers

  • Selamat malam

    Kehamilan dapat terjadi apabila dilakukan hubungan seksual tanpa pengaman dengan penetrasi penis kemudian ejakulasi sperma di dalam vagina. Hal ini memungkinkan terjadinya pertemuan sel sperma dan sel telur sehingga mungkin terjadi pembuahan. Namun, apabila dilakukan ejakulasi di luar (koitus interuptus) maka kemungkinan untuk hamil sangat kecil. Untuk memastikan, anda tetap bisa melakukan test pack jika mengalami terlambat menstruasi 1-2 minggu dari jadwal yang seharusnya. Jika hamil, maka denyut jantung janin belum bisa terdeteksi pada awal usia kehamilan. Biasanya denyut jantung janin mulai berdetak usia kehamilan 8 minggu dan bisa dilihat melalui usg, namun baru terdeteksi dengan alat dopler umur kehamilan 12-14 minggu, serta bisa terdeteksi dan terdengar dengan alat fetoskop umur kehamilan sekitar 18-20 minggu. Janin mulai bergerak usia kehamilan 16 minggu. Jadi bukan di awal kehamilan.

    Pada perut secara anatomis terdapat pembuluh darah besar yang melintas secara vertikal yang merupakan percabangan langsung dari pembulih darah aorta di jantung. Pembuluh darah besar yang ada di perut tersebut disebut dengan aorta abdominalis. Terkadang memang akan terdengar denyutan dari pembuluh darah ini saat jantung memompa darah sehingga denyutan aorta abdominalis pun akan seirama dengan denyut jantung. Denyutan aorta abdominalis pun akan lebih terasa saat ada desiran aliran darah pada orang-orang yang bertubuh kurus.

    Terimakasih

  • Lalu apa pengaruh nya dok, sampek saat ini telat haid?

  • Selamat malam

    Siklus menstruasi normal pada wanita rata-rata setiap 28 hari, meskipun ini dapat bervariasi. Di mana siklus yang terjadi setiap 24 hingga 35 hari masih dianggap sebagai siklus yang normal. Lamanya setiap periode menstruasi normalnya dua sampai tujuh hari.

    Berikut ini adalah beberapa penyebab keterlambatan haid:

    Kehamilan
    Ini adalah hal pertama yang kita curigai ketika wanita telat haid, cara mengetahui apakah ada kemungkinan hamil atau tidak sangatlah mudah, Anda dapat melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan tes kehamilan berupa tes pack yang banyak tersedia di pasaran.

    Stres
    Pada wanita yang stress atau memiliki beban pikiran yang berat, itu dapat mempengaruhi siklus menstruasi termasuk telat haid.

    Masalah Berat Badan
    Jika tiba-tiba Anda kehilangan banyak berat badan baik melalui diet ketat ataupun masalah lainnya seperti anoreksia nervosa, maka ini dapat membuat menstruasi tak teratur bisa telat haid, bisa juga menjadi lebih sering.

    Masalah Hormon Tiroid
    Gangguan pada kelenjar tiroid akan mempengaruhi siklus menstruasi. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon dan triiodothyronine. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon ini dalam jumlah yang tepat untuk fungsi tubuh yang tepat. Kurangnya hormon menyebabkan banyak masalah lain termasuk terlambat haid. Gejala seperti keterlambatan menstruasi, perubahan frekuensi dan aliran menstruasi dan tidak adanya menstruasi semua bisa karena masalah tiroid.

    Polycystic Ovarian Syndrome
    Hormon reproduksi yang tidak seimbang dapat menunda menstruasi salah satu penyebabnya adalah sindrom ovarium polikistik. Wanita dengan sindrom ovarium polikistik tidak melepaskan telur matang dari ovarium. Telur ini membentuk kista kecil di ovarium. Kondisi ini juga dapat menyebabkan kemandulan, tapi kabar baiknya penyakit ini dapat diobati.

    Kontrasepsi Hormonal
    Kontrasepsi hormonal seperti KB suntik, pil KB, dan susuk dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh. Penyebab telat haid tersering adalah KB Suntik 3 bulan atau yang mengandung Depo-Provera.

    Sebaiknya anda melakukan test pack untuk memastikan apakah anda hamil atau tidak. Selain itu perbaiki pola istirahat dan makan anda serta hindari stress.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan nyeri kepala berdenyut yang umumnya hanya mengenai satu sisi kepala saja. Meski demikian, lama-kelamaan rasa sakit tersebut dapat menyebar ke dua sisi kepala. 5 Tanda Migrain yang Perlu Diwaspadai Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan nyeri kepala berdenyut yang umumnya hanya mengenai satu sisi kepala saja. Meski demikian, lama-kelamaan rasa sakit tersebut dapat menyebar ke dua sisi kepala. 5 Tanda Migrain yang Perlu Diwaspadai