Profile
Hamil

Haid 2 hari

Haid 2 hari

Haloo dok sya mau tanya sya sudah 1 bulan menikah. Sesudah menikah sya haid cuma 2 hari sja.. Sebelum menikah sya tidak pernah haid 2 hri tanda apakah itu dok ??

Answers

2 answers

  • Selamat pagii..
    Siklus haid normalnya berlangsung sekitar 28 hari, dan darah haid timbul selama 3-5 hari. namun begitu hal tersebut bukanlah suatu harga mati, jadi bisa saja darah haid selamat 2 belum tentu akibat adanya masalah kesehatan. Apalagi jika tidak ada keluhan mencurigakan seperti nyeri perut, pusing bahkan pingsan, gumpalan, dan perubahan warna darah. Terlebih lagi jika kondisi yang Anda alami saat ini baru dialami sekali ini saja, dimana biasanya masih berada dalam patokan wajar.
    Berikut ini adalah beberapa faktor yang membuat siklus haid dan darah haid menjadi tidak normal
    Gangguan hormonal
    Mengalami tekanan psikologis /stress
    Kurang istirahat
    Efek samping obat-obatan
    Infeksi pada organ reproduksi
    Makaitulah anda tetap perlu memeriksakan diri ke dokter secara langsung, untuk memastikan apakah sebenarnya sumber penyebab dari haid yang hanya 2 hari tersebut, dan berbahaya atau tidak melalui wawancara kesehatan dan juga pemeriksaan kesehatan dasar. Dan bila perlu pemeriksaan lanjutan seperti USG mungkin saja diperlukan untuk membantu mengetahui kondisi yang sebenarnya dialami.
    Terimakasih telah menggunakan layanan meetdoctor. semoga bermanfaat

  • Selamat pagi.

    Darah haid yang keluar saat seorang wanita datang bulan tidak selalu sama, kadang jumlahnya sedikit, hanya berupa flek-flek cokelat yang selesai dalam 3 hari. Tapi di bulan berikutnya bisa saja sangat banyak dan berupa gumpalan. gangguan haid karena volume darah haid dibedakan menjadi dua, yaitu hipomenorrhea dan hipermenorhhea.

    Hipomenorrhea terjadi jika volume darah haidnya kurang dari 3 pembalut sehari, sedangkan hipermenorhhea jika volume darah haidnya lebih dari 5 pembalut sehari. Akan tetapi dalam perjalanannya, terminologi hipermenorrhea dijadikan satu dengan menorrhagia, yaitu jika lama haid lebih dari 7 hari atau volume darah haid lebih dari 80 cc (5 pembalut lebih dalam sehari). Adapun penyebab darah haid sedikit adalah sebagai berikut :
    1. Penyebab psikologis
    Penyebab psikologis ini beragam. Mulai dari ketakutan yang berlebih, kecemasan, sampai kepada rasa kesal yang teramat sangat. Kondisi jiwa mempengaruhi kondisi fisik. Salah satunya dapat memberikan perubahan pada sistem kontrol hormonal di dalam tubuh.
    2. Penyebab fisik
    Penyebab fisik dapat dibagi menjadi fisik yang dipengaruhi oleh kondisi tubuh sesaat, seperti kelelahan. Kelelahan sebagaimana keadaan jiwa yang labil dapat berpengaruh terhadap sistem hormonal tubuh. Sekresi hormon yang terkait dengan fungsi seksual bisa mengalami perubahan, sehingga darah haid yang keluar sedikit.
    Kelelahan sebagai penyebab darah haid sedikit ini biasanya jika disertai dengan kelelahan mental, jadi tidak hanya sekedar lelah fisik semata. Sebagai contoh adalah keletihan pada para karyawan dengan beban kerja tinggi. Kelelahan tersebut pada umumnya disertai dengan keletihan psikis.
    3. Penyebab fisik akibat penyakit
    Penyakit tertentu dapat menjadi penyebab terjadinya darah haid yang sedikit. Misalnya adanya kista atau tumor pada kandungan, adanya masalah kelainan hormonal tubuh, kerusakan sistem organ reproduksi dan lain sebagainya.
    4. Kurang tidur
    Masalah ini nampaknya cukup sepele, namun dapat berakibat kurang baik pada siklus hormonal dalam tubuh yang berhubungan dengan menstruasi.
    5. Faktor alat KB
    Alat KB dapat mempengaruhi sistem reproduksi dan darah haid yang keluar. Alat KB yang berpengaruh tidak harus yang bersifat hormonal, melainkan Intra Uterine Device (IUD) pun berpengaruh.

    Sehingga bila ada salah satu penyebab di atas yang di rasa anda alami belakangan terakhir ini, ada baiknya segeralah di perbaiki agar menstruasi anda dapat kembali seperti sedia kala. Dan jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi bagi kesehatan organ reproduksi anda. Jika di rasa keluhan ini tidak kunjung teratasi, ada baiknya untuk mempertimbangkan berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan anda.

    Sebagai tambahan informasi untuk anda, dapat anda buka link berikut ini:
    http://meetdoctor.com/article/mengenal-menstruasi

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya