Profile
Menstruasi

haid setelah berhubungan badan apakah hamil?

haid setelah berhubungan badan apakah hamil?

Pagi Dok. Sy berusia 26 th BB 85kg sudah menikah 1th. Sy punya riwayat kista 9-10th terakhir dan miom 2th terakhir, serta riwayat haid tidak teratur (bisa sampai 6bln sekali dan bisa blooding sampai Hb 5). Yg mau saya tanyakan, bulan lalu Sy tidak haid, namun sekitar 2 minggu lalu Sy berhubungan intim kemudian haid dan normal (1 minggu dan tdk terlalu banyak/blooding). Namun setelah selesai haid 3 hari dan melakukan hubungan intim keluar darah kembali setelah selesai berhubungan/saat dibersihkan, namun besok pagi sudah tidak keluar lagi. 3 hari kemudian melakukan hubungan intim dan terjadi lagi. 3 hari selanjutnya baru penetrasi sudah langsung keluar darah. Darah yg keluar tidak terlalu banyak dan saat itu saja, ketika pagi sudah tidak lagi. Mohon penjelasan, Dok. Salam

Answers

2 answers

  • Selamat pagi Ibu

    Selain menstruasi, berikut ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan vagina berdarah saat atau usai berhubungan seksual.

    - Gesekan selama berhubungan seksual.
    - Kurangnya cairan lubrikasi.
    - Ektropion serviks. Suatu kondisi pada permukaan leher rahim. Kondisi ini sering terjadi pada wanita muda, ibu hamil, dan wanita yang mengonsumsi pil kontrasepsi. Kondisi ini tidak berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya. Namun ada pula yang membutuhkan perawatan. Ektropion serviks tidak ada hubungannya dengan kanker.
    - Radang serviks.
    - Luka genital akibat infeksi menular seksual, seperti herpes atau sifilis.
    - Cedera pada lapisan rahim.
    - Vagina kering. Hal ini biasa terjadi pada wanita yang telah memasuki tahap menopause dan setelahnya. Kondisi ini juga menjadi ciri-ciri hadirnya atrofi vagina.
    - Atrofi vagina. Penipisan, pengeringan, dan peradangan dinding vagina karena tubuh kekurangan estrogen. Kondisi ini kerap terjadi pada ibu menyusui dan setelah menopause.
    - Vaginitis. Peradangan pada vagina bisa disebabkan oleh infeksi.
    - Polip yang tumbuh di leher rahim. Kondisi ini jinak, tidak bersifat kanker.
    - Kanker serviks.

    Sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga diketahui penyebab keluhan anda dan pengobatan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Terimakasih penjelasannya

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Cegah ISPA dengan menghentikan penyebaranny, pemberian vaksin, dan berhenti merokok. 4 Cara Cegah ISPA osteoporosis rentan terjadi pada perempuan yang kekurangan kalsium Osteoporosis dan Kesehatan Tulang