Profile
Menstruasi

Haid tidak lancar

Haid tidak lancar

Hai dok. Jadi gini tgl 5 maret itu aku haid tapi ga sampe seminggu,cuma 3 atau 4 hari. Terus tgl 17-an gitu kalo ga salah aku sakit tipes dan abis sakit itu aku haid lagi tapi 2 atau 3 hari doang. Nah terus bulan april ini aku haid tgl 12 april kemarin aku haid tapi keluar darah cuma hari itu doang dan sampe sekarang ga keluar darah haid lagi. Ini gimana dok? Berbahaya gak? Terus biar haidnya lancar dan teratur gimana? Makasih dok

Answers

2 answers

  • dr. Gustiva Sari dr. Gustiva Sari Dokter Umum

    Selamat sore...
    Normalnya menstruasi berlangsung 3-7 hari, jadi menstruasi yang berlangsung 3 atau 4 hari adalah normal. Siklus menstruasi normal adalah 21-35 hari, atau rata-rata 28 hari, dihitung dari hari pertama menstruasi bulan lalu sampai hari pertama menstruasi bulan berikutnya. Gangguan siklus menstruasi dapat berupa panjangnya siklus menstruasi, adanya perdarahan di luar siklus menstruasi. Keluhan yang anda alami bisa merupakan perdarahan di luar siklus menstruasi yang dapat disebabkan karena adanya gangguan hormonal; adanya kelainan organ seperti endometriosis, polip, keganasan, penebalan dinding rahim; faktor stress psikis dan fisik.
    Tetap terapkan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang (karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral); jaga berat badan terap ideal; konsumsi air putih 2L perhari; istirahat 6-8 jam sehari; olahraga 2-3 kali seminggu dengan durasi 30-60 menit setiap kalinya; hindari konsumsi alkohol dan merokok; manajemen stress yang baik.
    Jika keluhan gangguan menstruasi terus berlangsung, anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan penyakit kebidanan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor
    Semoga bermanfaat

  • Salam sehat,

    Apa yang Anda alami disebut dengan gangguan haid. Gangguan haid dapat berupa gangguan pada siklus haid (haid tidak teratur), lama haid (pendek atau memanjang), jumlah darah haid (sedikit atau berlebihan), dan perdarahan diantara dua siklus haid.

    Haid yang tidak lancar biasanya terjadi pada beberapa tahun pertama Anda mulai menstruasi. Menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur tersebut disebabkan oleh hormon yang belum seimbang. Namun, jika menstruasi tidak lancar atau tidak teratur terjadi bukan di beberapa tahun pertama Anda mengalami menstruasi, maka masalah menstruasi tersebut bisa tergolong ke dalam gangguan haid.

    Penyebab gangguan haid selain kehamilan adalah gangguan hormonal yang dapat dipicu oleh stres, depresi, penurunan berat badan secara drastis, obesitas, atau olahraga yang berlebihan. Selain itu dapat disebabkan oleh gangguan pada organ reproduksi, efek penggunaan kontrasepsi atau penggunaan obat-obatan.

    Untuk Mengatasi hal tersebut diperlukan pemeriksaan secara lengkap seperti wawancara medis, pemeriksaan fisik, serta penunjang untuk dapat memastikan diagnosa atau penyebab haid Anda yang tidak teratur. Sehingga disarankan untuk melakukan pemeriksaan kedokter spesialis kandungan bila gangguan haid telah berlangsung lama.

    Anda juga perlu mengetahui penyebab yang dengan mengevaluasi diri apakah ada perubahan pola hidup dalam sebulan terakhir ini. Aktivitas yang padat, serta kurangnya istirahat juga dapat berpengaruh terhadap keterlambatan haid. Bila memiliki kelebihan berat badan, lakukanlah diet seimbang dan olahraga yang rutin.

    Untuk tambahan informasi, dapat anda buka link berikut ini :
    http://meetdoctor.com/article/8-penyebab-siklus-menstruasi-tak-teratur

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat membantu anda.

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat