Profile
Hamil

Hamil

Hamil

Hallo dokter..selamat pagi.. Istri saya sedang hamil, saya tau mual muntah merupajkan hal yang biasa terjadi.. Bagaimana agar mual muntah tersebut tidak berlebihan? Terimakasih dokter

Answers

2 answers

  • Hallo selamat pagi..

    Mual dan muntah pada kehamilan disebut morning sickness atau emesis gravidarum. Mual dan muntah ini biasanya terjadi di pagi hari setelah bangun tidur, tetapi dapat juga muncul sewaktu-waktu. Anda tidak perlu khawatir karena gejala mual dan muntah ini adalah hal yang wajar dan sering didapatkan pada kehamilan trimester 1.
    Penyebabnya karena pengaruh perubahan psikologis dan adanya pengaruh perubahan hormonal selama kehamilan.

    Cara mengatasinya adalah makan sering dalam porsi kecil, misalnya setiap dua jam sekali, selain itu hindari makanan yang berbau tajam dan membuat mual. Roti kering dapat menjadi salah satualternatif. Selama rasa mual dan muntah masih bisa ibu atasi atau masih dapat dikontrol, dan masih bisa makan dan minum teratur maka ibu tak perlu khawatir karena hal ini masih wajar.

    Demikian semoga beermanfaat..

  • Selamat siang,

    Ada beberapa gejala pada awal kehamilan atau hamil muda diantaranya adalah mual, muntah, terasa pusing atau bahkan mudah sekali lelah. Dalam istilah kedokteran disebut Emesis gravidarum atau nama lainnya nausea gravidarum (NVP), atau lebih dikenal dengan istilah morning sickness. Gejalanya adalah mual biasanya disertai muntah yang umumnya terjadi pada awal kehamilan, biasanya pada trisemester pertama. Kondisi ini umumnya dialami oleh lebih dari separuh wanita hamil yang disebabkan karena meningkatnya kadar hormon estrogen.

    Beberapa tips untuk mengatasi keluhan tersebut :
    - Makan sering dalam porsi kecil, misalnya setiap dua jam sekali (bahkan malam hari, anda bisa melakukannya).
    - Menghindari makanan berbau tajam, terlalu asin atau makanan berbumbu. Beberapa ibu hamil bahkan tidak bisa mengkonsumsi daging, telur atau susu.
    - Makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi (madu, pisang, kentang, nasi, dan sereal)
    - Konsumsi buah dan sayuran sesuai kebutuhan.
    - Tidak merokok atau mengkonsumsi minuman beralkohol dan batasi asupan kopi.
    - Mendapat dukungan dari pasangan dan menggurangi stress
    - Berkonsultasi kedokter untuk mendapatkan terapi bila keluhan tidak dapat teratasi.

    Selain itu perhatikan, jika setiap kali makan bahkan minum selalu disertai muntah dan terdapat tanda-tanda dehidrasi seperti badan lemas, mata cekung, wajah pucat, nadi cepat, frekuensi berkemih berkurang atau jumlah urin sedikit, segeralah mendapatkan pertolongan medis. Dengan indikasi hiperemisis gravidarum seperti itu ibu hamil perlu mendapatkan perawatan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.
    Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya