Profile
Hamil

Hamil

Hamil
Surabaya

Dok saya melakukan hubungan intim dengan suami saya setelah satu Minggu kuret, dimana darah masih ada sedikit, tapi sperma di keluarkan di luar, apakah bisa menimbulkan kehamilan lagi dok ? Sedangkan saya belum siap untuk hamil dalam waktu dekat ini

Answers

9 answers

  • dr. Dian Azizah dr. Dian Azizah Dokter Umum

    Selamat pagi,

    Kehamilan terjadi apabila sel sperma membuahi sel telur. Kemungkinan untuk terjadi kehamilan bergantung pada masa subur wanita, kualitas sperma, usia, pola hidup sehari-hari, suhu lingkungan, serta penggunaan obat-obatan tertentu. Pada umumnya sel sperma dapat bertahan di dalam rahim sampai 7 hari. Sehingga apabila dalam jangka waktu 1-7 hari setelah berhubungan wanita mengalami ovulasi / pelepasan sel telur, maka ada kemungkinan akan terjadi kehamilan.

    Sperma yang keluar di luar vagina / senggama terputus tetap memungkinkan untuk terjadinya kehamilan karena sperma tidak hanya dikeluarkan saat ejakulasi saja. Saat pria terangsang secara seksual terkadang pria mengeluarkan sedikit air mani. Sperma juga terkandung dalam air mani sebelum ejakulasi. Sehingga apabila anda berhubungan tanpa menggunakan kondom meskipun sperma dikeluarkan di luar vagina tetap ada kemungkinan untuk hamil meskipun kemungkinannya lebih kecil.

    Untuk mendeteksi kehamilan, anda dapat mencoba melakukan testpack mulai 8 hari setelah berhubungan.

    Terima kasih sudah menggunakan meetdoctor

  • Lalu untuk melakukan pencegahan untuk tidak hamil seperti apa dok ?

  • dr. Dian Azizah dr. Dian Azizah Dokter Umum

    Selamat pagi,

    Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan terlebih dahulu apakah Anda hamil atau tidak. Dan Anda bisa berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan jika Anda belum siap untuk hamil lagi.

    Terima kasih sudah menggunkan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

  • Dok bahaya tidak apabila saya sekarang meminum postinor ? Sedangkan posisi saya baru satu Minggu kuret

  • dr. Dian Azizah dr. Dian Azizah Dokter Umum

    Selamat pagi siti fatimah,

    Obat yang Anda sebutkan berisi levonorgestrel, yaitu suatu hormon progesteron sintetik dalam dosis yang tinggi. Obat ini digunakan sebagai kontrasepsi darurat, dan sebaiknya diminum sebelum 72 jam setelah berhubungan seksual. Obat ini dapat mencegah pembuahan, namun tidak bisa menggagalkan/menggugurkan pembuahan yang sudah terjadi. Apabila pembuahan sudah terjadi, tentunya kemungkinan hamil masih tetap ada.

    Terimakasih sudah menggunakan meetdoctor

  • Oia dok siklus haid setelah kuret itu gimana ya ? Apakah setelah tiga Minggu pasca di kuret akan normal haid kembali atau gimana ? Dan setelah kuret mengeluarkan pendarahan itu normal nya berapa Minggu darah yg keluar dari vagina kita ?

  • Selamat pagi,

    Menghitung atau memperkirakan siklus haid setelah mengalami keguguran memang terkadang membingungkan. Pada saat keguguran, janin telah berhenti berkembang namun kadar hormon kehamilan seorang Ibu masih tinggi. Keguguran yang terjadi pada 3 bulan pertama kehamilan tidak akan mempengaruhi Anda, dan keguguran yang terjadi pada kehamilan 3 bulan kedua (usia kandungan 4-6 bulan) akan meningkatkan risiko masalah kesehatan pada Ibu. Keadaan/kondisi yang mengharuskan terjadinya keguguran akan meningkatkan tekanan psikis (stres) pada seorang wanita, hal ini akan mempengaruhi tubuh khususnya siklus haid, yang berdampak pada perubahan siklus haid pertama setelah mengalami keguguran.

    Jika Anda mengalami keguguran pada 3 bulan pertama kehamilan, normalnya Anda akan mendapatkan siklus menstruasi Anda 4-12 minggu setelah prosedur (rata-rata 8 minggu). Pada beberapa kasus, Anda tidak akan mendapatkan menstruasi selama beberapa bulan, atau menstruasi akan datang lebih cepat sekitar 2 minggu setelah prosedur. Hal ini bervariasi pada setiap individu, tergantung pada:

    - Kadar hormon kehamilan yang masih terdapat pada tubuh
    - Tekanan psikis atau depresi dapat mempengaruhi siklus haid
    - Kemungkinan lain yang mengakibatkan menstruasi terlambat/tidak datang misalnya kehamilan atau adanya kista ovarium

    Perubahan yang dapat terjadi pada pola menstruasi setelah mengalami keguguran antara lain:
    - Jumlah aliran darah menstruasi. Umumnya pada Ibu yang mengalami prosedur kuret, jumlah darah haid akan sedikit berkurang dan lama menstruasi menjadi lebih sebentar dibanding sebelum keguguran. Jika perdarahan menjadi lebih banyak, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter Kandungan. Sementara pada Ibu yang menggunakan prosedur medikamentosa (obat-obatan) biasanya darah haid menjadi lebih banyak.
    - Mengalami gejala baru saat menstruasi. Gejala ini kadang dapat bertahan selama 2 tahun setelah keguguran. Gejala berupa kram perut yang hilang timbul, beberapa tanda kehamilan seperti pembesaran payudara, badan lemas.
    - Siklus menstruasi menjadi tidak teratur, hal ini akan terjadi selama hormon kehamilan masih terdapat dalam tubuh.

    Kapankah waktu yang tepat untuk bekonsultasi dengan Dokter Kandungan?
    Seperti yang sudah dipaparkan di atas, segeralah ke Dokter Kandungan jika Anda mengalami menstruasi yang banyak dari biasanya setelah prosedur kuret.
    Jika belum menstruasi selama 8 minggu setelah keguguran, sebaiknya Anda konsultasi dengan Dokter
    Perlu diingat jika Anda belum mendapatkan menstruasi, tidak perlu melakukan tes kehamilan sendiri seperti test pack, karena hasilnya dapat positif palsu yang artinya, hasil positif pada pemeriksaan namun sebenarnya Anda tidak hamil. Hal ini terjadi karena level hormon kehamilan Anda yang masih tinggi/masih ada setelah keguguran. Untuk itu setelah keguguran, jangan lupa untuk berkonsultasi mengenai metode kontrasepsi kepada Dokter agar peluang untuk hamil menjadi kecil.

    Sekian jawaban saya semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

  • Kemarin saya udah test USG lagi d dokter kandungan saya, pas d cek udah bersih di rahim itu, tapi saya masih mengeluarkan sedikit darah, dan pas malemnya saya melakukan hubungan intim tapi sperma dikeluarkan di luar, kira bakal terjadi pembuahan lagi ga ya dok ?

  • Selamat siang Ibu

    Kemungkinan hamil akibat berhubungan seksual setelah satu minggu kuret memang sangat kecil namun sebaiknya anda menunda kehamilan dengan alat kontrasepsi saat berhubungan selanjutnya untuk mencegah kehamilan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Kanker payudara merupakan penyakit yang menakutkan. Namun, ada harapan untuk pencegahan kanker ini. 7 Hal Baru Tentang Kanker Payudara yang Perlu Anda Tahu ISPA adalah infeksi saluran pernapasan akut yang disebabkan oleh virus ISPA, Penyakit Apa?