Profile
Hamil

hamil

hamil
Jakarta

Dok usia kandungan saya 6 minggu semalam perut saya keram hebat dan ingin buang air kecil saat buang air kecil ada darah menggumpal yg kluar Kejadian seperti terjadi berulang kali sampai 4 kali dok darah yg menggumpal bnyak sekali Skrang saya maaih mengelurkan darah tp sedikit dan ada flek nya jga. Ini knpa ya dok.?? Apa sya keguguran??? 2 hari lalu saya habis usg dok dn hasil nya baik. . . Saya panik dgn darah yg menggumpal bnyak yg kluar serta keram perut yg hebat itu dok. . Saya hrus bgaimna dok.???

Answers

2 answers

  • Selamat malam.

    Keluar flek (disebut juga spotting) adalah perdarahan ringan yang bisa terjadi kapan saja pada saat hamil, terutama pada trimester pertama. Sekitar 20% wanita hamil mengalami spotting pada trimester pertama. Hal ini bisa jadi merupakan bagian alami dari kehamilan, namun perlu dipastikan dahulu bahwa tidak terjadi komplikasi.

    Jika anda mengalami bercak darah atau flek, maka tentunya tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan kepada dokter spesialis kandungan untuk mengetahui penyebab pasti dari keluarnya bercak/flek tersebut.

    Beberapa anjuran untuk anda:
    - Berbaring dan minimalisir waktu berdiri dan berjalan. Jika perlu, minta izin tidak masuk bagi ibu hamil yang masih bekerja.
    - Hindari berhubungan seks saat hamilselama perdarahan berlangsung.
    - Jangan pernah menggunakan pembersih vagina.
    - Hindari penggunaan tampon. Disarankan untuk memilih pembalut biasa. Manfaatkan pembalut untuk memudahkan menghitung seberapa banyak perdarahan yang terjadi.
    - Perhatikan warna dari darah yang keluar, misalnya merah muda, merah kecokelatan, merah terang, dan lain-lain.
    - Waspadai perdarahan jika keluar semakin deras menyerupai haid, tampak merah menyala, ataupun diiringi kram perut. Selain itu, perlu juga dicermati perdarahan yang terjadi secara terus menerus selama hamil muda.

    Perdarahan saat hamil muda bisa juga disebabkan oleh hal yang lebih berisiko seperti keguguran, hamil anggur, atau kehamilan ektopik. Untuk mengetahui penyebab perdarahan, kemungkinan dokter akan melakukan pemeriksaan ultrasound di perut ataupun transvaginal.

    Sebagai informasi untuk anda, dapat anda buka link berikut ini : http://meetdoctor.com/article/flek-saat-kehamilan-berbahayakah

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

  • Selamat malam.

    Keguguran adalah keluarnya embrio secara spontan dari dalam kandungan sebelum usia 20 minggu kehamilan. Ini merupakan salah satu masalah dalam kehamilan yang paling ditakuti oleh ibu hamil.

    Gejala utama yang sebaiknya diwaspadai adalah munculnya perdarahan atau bercak darah yang biasanya disertai kram pada perut bagian bawah. Di samping perdarahan dan kram, gejala keguguran lainnya meliputi keluarnya cairan atau jaringan (gumpalan darah) dari vagina, serta hilangnya tanda-tanda kehamilan seperti mual atau payudara yang sensitif.

    Perdarahan ringan cukup umum terjadi pada 3 bulan pertama kehamilan (trimester pertama). Tidak semua perdarahan ringan saat hamil berarti mengalami keguguran. Tetapi, tidak ada salahnya untuk waspada dan segera menghubungi dokter apabila Anda mengalaminya.

    Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan karena dikhawatirkan anda mengalami keguguran yang ditandai dengan keluarnya gumpalan darah dan kram perut, agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang sesuai.

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
 p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma  p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma