Profile
Keguguran

Hamil

Hamil

Saya mau nanya dok... Saya terakhir mens tanggal 29 agustus 2018. Tanggal 8 oktober saya tescpack nampak 2 garis masih sangat samar.... Tanggal 11 oktober saya makan salak setengah jam setelah itu langsung keluar darah agak hitam gak terlalu deras apakah saya keguguran dok... Dan apa masih bisa di pertahankan kandungan say... Mohon infonya dok..

Answers

7 answers

  • Selamat sore

    Seringkali banyak pertanyaan muncul mengenai hasil testpack yang "samar". Perlu Anda ketahui bahwa testpack itu dibuat untuk mengukur kadar hormon kehamilan (B-hCG) dalam urine dan memperlihatkannya dalam garis-garis merah sebagai hasil yang dapat Anda amati. Semakin tinggi kadar hormon, umumnya garis merah testpack akan terlihat makin jelas. Pada minggu-minggu awal kehamilan, kadar hormon ini memang tidak banyak namun akan terus meningkat dengan puncaknya pada sekitar 8 minggu kehamilan. Di samping itu, sampel urin pertama di pagi hari akan memberikan hasil testpack yang lebih baik.

    Meskipun hasil testpack samar, kemungkinan adanya kehamilan tetap tinggi selama test dilakukan dengan benar. Testpack bisa menghasilkan hasil positif palsu diantaranya pada : orang yang menjalani terapi hormon, membaca hasil testpack terlalu lama, hamil anggur. Sebaiknya untuk menilai kehamilan jangan hanya menilai dari test pack, lihat juga perubahan dalam diri Anda atau tanda-tanda kehamilan itu sendiri. Tanda-tanda kehamilan muda diantaranya: terlambat menstruasi, mual/muntah, lemas, sering buang air kecil, payudara membesar/mengencang dengan area sekitarnya lebih gelap.

    Meskipun demikian, andaikan memang terjadi kehamilan, maka keluarnya flek atau perdarahan ringan dapat terjadi pada beberapa kasus hamil muda dan ini disebabkan oleh proses tertanamnya cikal bakal janin dalam rahim. Perdarahan yang terjadi biasanya tidak sebanyak perdarahan pada menstruasi. Bilamana memang terjadi kehamilan dan perdarahan yang keluar saat ini pada Anda sebanyak darah menstruasi seperti bulan-bulan sebelumnya, maka kondisi yang mungkin terjadi ialah keguguran. Walaupun begitu, keguguran dengan perdarahan yang banyak pada kehamilan muda seringkali diringi oleh nyeri (kontraksi) perut yang sedang sampai hebat.

    Dengan uraian di atas, memang belum dapat kami pastikan apakah Anda hamil atau tidak. Coba lakukan test pack ulang dengan prosedur yang benar terutama dengan urine (kencing) pertama di pagi hari. Jangan merendam stik testpack terlalu lama dalam urine. Di samping itu, Anda juga dapat melakukan USG ulang (dengan asumsi kehamilan sudah berumur 1 bulan dari USG pertama). Bila memang terjadi kehamilan, biasanya pada usia kandungan 4 minggu, kantong kehamilan sudah bisa dilihat pada USG. Ini selanjutnya akan diterangkan lebih pasti oleh dokter Anda.

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor

  • Saya penasaran perut saya tidak terlalu sakit.. Kalau saya berbaring tidak keluar darah, kalau berdiri sama kencing keluar lagi darah, apa pertanda kehamilan saya masih bisa di pertahankan dok dan apa bisa di tescpack ulang waktu darah masih keluar.. Trimakasi dok

  • Selamat sore

    Keluar flek (disebut juga spotting) adalah perdarahan ringan yang bisa terjadi kapan saja pada saat hamil, terutama pada trimester pertama. Sekitar 20% wanita hamil mengalami spotting pada trimester pertama. Hal ini bisa jadi merupakan bagian alami dari kehamilan, namun perlu dipastikan dahulu bahwa tidak terjadi komplikasi.

    Jika anda mengalami bercak darah atau flek, maka tentunya tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan kepada dokter spesialis kandungan untuk mengetahui penyebab pasti dari keluarnya bercak/flek tersebut.

    Beberapa anjuran untuk anda:
    - Berbaring dan minimalisir waktu berdiri dan berjalan. Jika perlu, minta izin tidak masuk bagi ibu hamil yang masih bekerja.
    - Hindari berhubungan seks saat hamilselama perdarahan berlangsung.
    - Jangan pernah menggunakan pembe rsih vagina.
    - Hindari penggunaan tampon. Disarankan untuk memilih pembalut biasa. Manfaatkan pembalut untuk memudahkan menghitung seberapa banyak perdarahan yang terjadi.
    - Perhatikan warna dari darah yang keluar, misalnya merah muda, merah kecokelatan, merah terang, dan lain-lain.
    - Waspadai perdarahan jika keluar semakin deras menyerupai haid, tampak merah menyala, ataupun diiringi kram perut. Selain itu, perlu juga dicermati perdarahan yang terjadi secara terus menerus selama hamil muda.

    Perdarahan saat hamil muda bisa juga disebabkan oleh hal yang lebih berisiko seperti keguguran, hamil anggur, atau kehamilan ektopik. Untuk mengetahui penyebab perdarahan, kemungkinan dokter akan melakukan pemeriksaan ultrasound di perut ataupun transvaginal.

    Sebagai informasi untuk anda, dapat anda buka link berikut ini : http://meetdoctor.com/article/flek-saat-kehamilan-berbahayakah

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

  • Dok... Darah yang keluar berwarna agak kehitaman apa bisa jadi itu darah haid? Saya masih takut betul keguguran.. Terima kasih infonya dok

  • Selamat malam.

    Untuk memastikan apakah darah berwarna hitam yang keluar tersebut merupakan darah haid atau bukan, anda dapat mengulang pemeriksaan test pack berhubung hasil test pack sebelumnya masih menunjukkan garis samar.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. semoga bermanfaat.

  • Kasus sama dgn saya dan hpht 28 Agustus 2018, usia hampir 6 week saya pendarahan, klo berbaring nga keluar tp klo bergerak ke WC dll keluar lg, dan akhirnya bablas janinnya keluar, sebaiknya mba periksakan sebelum terlambat.

  • Selamat pagi Ibu

    Benar sekali sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga diketahui penyebab keluhan anda dan penanganan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Keguguran ?
Ask Doctor
Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu