Profile
Kehamilan Ektopik

Hamil atau tanda haid?

Hamil atau tanda haid?
Sulawesi Selatan

Selamat malam dok, saya mau bertanya. Pada tanggal 19 dan 21 november saya berhubungan intim dengan suami saya, dan tanggal 24 seharusnya saya menstruasi. Tapi sampai tanggal 3 desember tidak datang menstruasi, saya merasakan perut begah, beberapa bagian tubuh merasa pegal, jerawat pada beberapa bagian diwajah, sedikit mual, susah tidur, payudara sakit, keputihan bening, sembelit, puting sebelah kiri saya membesar, dan payudara terasa lembek. Saya juga sudah test pack tanggal 2 desember tetapi hasil menyatakan negatif, apa artinya saya bener tidak hamil? Mohon penjelasannya dok, terimakasih.

Answers

2 answers

  • dr. Ulil Huda dr. Ulil Huda Dokter Umum

    Selamat malam,
    Salah satu tanda awal dari kehamilan adalah adanya terlambat haid, namun tidak selalu terlambat haid merupakan suatu kehamilan. Terlambat haid dapat juga disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal wanita yaitu estrogen dan progesteron, biasanya ini bersifat sementara.

    Beberapa hal yang dapat menyebabkan gangguan siklus haid sementara yang mungkin terjadi pada Anda, seperti:

    -Kelelahan
    -Stres psikologis
    -Diet ketat.

    Payudara dan perut nyeri bisa diakibatkan oleh menjelang haid akibat dari faktor hormonal yang disebut sebagai premenstrual sindrom (PMS). Namun perlu dipastikan terlebih dahulu dengan pemeriksaan fisik langsung pada payudara dan perut oleh dokter dan memang tidak adanya kelainan. Test pack cukup akurat dalam mendeteksi adanya kehamilan minimal 2 minggu setelah terjadi pembuahan. Anda dapat menunggu 1-2 minggu kemudian bila tetap tidak haid dapat mengulang test pack kembali dan mengkonfirmasi dengan pemeriksaan USG pada dokter kebidanan dan kandungan.

    Sedangkan keluhan mual, sembelit bisa juga dikarenakan gangguan saluran cerna.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.

  • Selamat siang,

    Terdapat 9 tanda tidak pasti kehamilan, yaitu tanda yang bisa dijumpai bukan pada kasus kehamilan saja dan tidak dapat dijadikan acuan untuk menentukan seseorang hamil atau tidak.

    Beberapa gejala atau tanda yang dijumpai pada awal kehamilan tersebut diantaranya adalah:
    1. Payudara yang membesar dan (kadang) nyeri.
    2. Mudah lelah.
    3. Mual dan Muntah.
    4. Penciuman lebih sensitif
    5. Sering Kencing.
    6. Perut kembung.
    7. Tidak haid.
    8. Kenaikan suhu tubuh.
    9. Spotting (bercak darah/flek)

    Sembilan tanda atau gejala kehamilan itu semuanya bukanlah tanda pasti. Kepastian kehamilan didapatkan dari hasil tes kehamilan. Bisa menggunakan test pack urin, pemeriksaan laboratorium untuk menilai kadar B-HCG dalam darah atau melakukan USG kandungan.

    Jika menggunakan test pack urin, hormone beta HCG terdeteksi paling cepat sekitar 7-12 hari setelah pembuahan.

    Bila hasil testpack Anda negatif, pemeriksaan dapat diulang 1 minggu kemudian untuk memastikan hasilnya.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kehamilan Ektopik ?
Ask Doctor
Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat