Profile
Kehamilan Ektopik

Hamil atau Tidak jika Sperma keluar diluar vagina?

Hamil atau Tidak jika Sperma keluar diluar vagina?

dok pasangan saya telat mens 3 bulan tapi tidak menunjukan tanda2 kehamilan saya juga tidak merusak selaput daranya dan juga sperma juga tidak keluar diarera vagina. adakah kemungkinan untuk hamil?

Answers

3 answers

  • Selamat malam

    Apakah telah terjadi penetrasi ke dalam vagina namun ejakulasi di luar?

    Senggama terputus atau koitus interuptus adalah metode keluarga berencana tradisional/alamiah, di mana pria mengeluarkan alat kelaminnya (penis) dari vagina sebelum mencapai ejakulasi. Alat kelamin (penis) dikeluarkan sebelum ejakulasi sehingga sperma tidak masuk ke dalam vagina, maka tidak ada pertemuan antara sperma dan ovum, dan kehamilan dapat dicegah. Ejakulasi di luar vagina untuk mengurangi kemungkinan air mani mencapai rahim.

    Dari keluhan yang anda ceritakan, apabila pengeluaran sperma di luar vagina, maka kemungkinannya kecil ada sperma bertemu sel telur maka kemungkinan hamil juga menjadi kecil untuk terjadi.

    Namun, pada beberapa kasus, ada kemungkinan koitus interuptus ini gagal, karena terkadang pasangan tidak dapat mengkontrol dengan tepat waktunya kapan mengeluarkan sperma di luar, sehingga masih ada kemungkinan kecil untuk hamil.

    Gejala subjektif hamil adalah jika terlambat menstruasi, dengan tanda mungkin hamil adalah hasil test pack positif. Jika mengalami terlambat haid, maka cobalah melakukan test pack untuk memastikan kondisi hamil atau tidak.

    Terimakasih

  • adakah penyebab lain terlambat haid selain hamil. kemudian apa solusinya?

  • dr. Gustiva Sari dr. Gustiva Sari Dokter Umum

    Selamat malam

    Siklus menstruasi normal adalah 21-35 hari, atau rata-rata 28 hari, dihitung dari hari pertama menstruasi bulan lalu sampai hari pertama menstruasi bulan berikutnya. Jadi setiap bulannya menstruasi tidak harus pada tanggal yang sama, jika siklus menstruasi masih berada direntang 21-35 hari berarti masih normal. Gangguan siklus menstruasi dapat berupa panjangnya siklus menstruasi, adanya perdarahan di luar siklus menstruasi dan lainnya. Panjangnya siklus menstruasi akan menyebabkan munculnya keluhan terlambat menstruasi.
    Gangguan siklus menstruasi dapat disebabkan oleh
    - faktor hormonal seperti berat badan berlebih; penggunaan kb hormonal seperti pil, suntik, implant; sindrom PCOS
    -faktor non hormonal seperti stress psikis dan fisik
    Tetap terapkan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang (karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral); jaga berat badan tetap ideal; konsumsi air putih 2L perhari; istirahat 6-8 jam sehari; olahraga 2-3 kali seminggu dengan durasi 30-60 menit setiap kalinya; hindari konsumsi alkohol dan merokok; manajemen stress yang baik.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor
    Semoga bermanfaat..

Anda punya pertanyaan seputar Kehamilan Ektopik ?
Ask Doctor
Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya