Profile
Incontinence

hubungan badan

hubungan badan

Dok sya mau nanya, berapa lama di perbolehkan hub badan pasca melahirkan secara episiotomi...?? Mkasih

Answers

21 answers

  • dr. Dian Azizah dr. Dian Azizah Dokter Umum

    Selamat sore,

    Hubungan intim dapat dilakukan kembali 30-45 hari pasca-melahirkan. Waktu pemulihan hingga dapat berhubungan intim akan lebih lama jika Anda mengalami jahitan episiotomi (jahitan akibat robekan jalan lahir). Anda juga harus memastikan bahwa sudah tidak ada darah yang keluar dari vagina, luka jahitan sudah kering dan luka tidak mengalami infeksi (merah, bengkak, nyeri dan ada nanah). Vagina yang bersih akan menghindarkan kemungkinan infeksi.

    Hubungan intim setelah melahirkan cenderung lebih sakit daripada sebelumnya akibat vagina yang kering atau akibat luka operasi. Anda dapat menyiasatinya dengan melakukan foreplay yang lebih lama dan lakukan secara perlahan. Sekarang Anda dapat memutuskan apakah Anda sudah dapat melakukan hubungan intim kembali.

    Terima kasih sudan menggunakan meetdoctor

  • Selamat sore

    Hubungan seksual bisa dimulai apabila lokhia (darah nifas) berubah menjadi putih biasanya pada waktu kurang lebih 6 minggu setelah melahirkan, dan luka perineum sudah sembuh sempurna serta ibu merasa nyaman untuk melakukan hubungan. Sebelum melakukan aktivitas seksual dianjurkan untuk menggunakan lubrikan seperti k-y jelli. Perhatikan posisi, sebaikny awanita pada posisi atas untuk mencegah penetrasi penis yang terlalu dalam.

    Semoga membantu

  • pagi dok.
    sy mau nnya nih...klw brhubungan intim 1 hari 3 brhubungan intim berbahaya bagi kesehatan tubuh gak? trm kash

  • Selamat pagi

    Selama hubungan intim dilakukan secara sehat, dalam artian tidak ada paksaan, hanya dilakukan dengan pasangan yang sama, dan tidak berganti pasangan maka tidak masalah jika hubungan intim dilakukan beberapa kali setiap hari. Akan tetapi jika sedang melakukan program hamil, lebih baik lakukan hubungan intim 3-4x/minggu saja atau disesuaikan dengan anjuran dokter kandungan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • slmt mlm,,trim kash dok.

    gini dok istri sya bru mlhirkan uda masuk 4 bulan ini tpi istri sya blum ikut KB, pas masuk 2 bulan istri sya haid krang lebih haidnya 4 hari, nahh masuk bulan ke 3 dan 4 ini yang blum haid jg,,,slma 4 bulan ini kami tdak berhubungan intim. itu knapa ya dok? mohon pnjelasannya. trm kash

  • Selamat malam,

    Pada wanita yang baru melahirkan, siklus haid yang tidak teratur merupakan kondisi yang normal dan umum terjadi sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir. Perubahan hormonal yang terjadi setelah proses melahirkan, masa nifas, selesai masa nifas, hingga proses menyusui mempengaruhi siklus haid sehingga dapat berubah menjadi tidak teratur.

    Dimulai setelah selesai proses melahirkan yang diikuti masa nifas, umumnya, mentruasi baru akan muncul pertama kali paling cepat sekitar sekitar 10 minggu setelah melahirkan. Tidak jarang, menstruasi baru muncul kembali setelah beberapa bulan hingga 1 - 2 tahun setelah melahirkan, khususnya pada ibu menyusui. Saat menstruasi sudah muncul, umumnya siklus menstruasi pun bisa saja belum teratur selama beberapa bulan. Gangguan - gangguan pola menstruasi tersebut ditentukan oleh hormonal dan kondisi tubuh masing - masing wanita. Apabila setelah melahirkan diikuti dengan periode menyusui dan bayi aktif menyusu atau menghisap puting ibu, kelenjar hipofisis akan mengeluarkan hormon prolaktin yang berfungsi untuk merangsang produksi ASI. Namun di sisi lain, hormon prolaktin juga akan menghambat ovulasi sehingga siklus menstruasi menjadi tidak teratur.

    Meskipun pada umumnya, kondisi hormonal lah yang berperan penting terhadap gangguan siklus menstruasi pada ibu setelah melahirkan dan saat menyusui, telatnya datang haid tetap dapat disebabkan oleh faktor lain, diantaranya :

    Stress
    Kehamilan
    Penurunan berat badan yang berlebihan atau berat badan yang berlebihan / terlalu rendah.
    Infeksi
    Radang
    Tumor di saluran reproduksi
    Diabetes/kencing manis
    Gangguan pada kelenjar tiroid.

    Perlahan tubuh akan beradaptasi dan hormon yang dihasilkan pun menjadi lebih stabil dan siklus menstruasi menjadi normal kembali. Namun jika siklus menstruasi istri Anda tidak kunjung membaik, keluar perdarahan yang banyak dari vagina,atau muncul rasa nyeri yang mengganggu, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan untuk mengetahui penyebab kondisi tersebut. Dokter akan melakukan pemeriksaan pada fisik istri Anda dan serangkaian pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan panggul, cek darah, dan USG bila diperlukan. Saat ini istri Anda juga sebaiknya diet gizi seimbang, terutama sayur dan buah, konsumsi air putih sesuai kebutuhan cairan tubuh, yakni sekitar 8 - 10 gelas perhari, hindari stress, cukup istirahat dan tidur. hindari merokok dan konsumsi alkohol, olahraga / latihan ringan

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

  • trma kasih,,dok,,,
    dok istri say kan lagi menyusui ni untuk itu makanan sprti apa yang harus dihindari selama menyusui Dok.

  • dr. Gustiva Sari dr. Gustiva Sari Dokter Umum

    Selamat malam

    Mengenai makanan yang boleh dimakan oleh ibu menyusui, jika tidak ada alergi makanan maka tidak ada pantangan untuk makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui. Asalkan makanan yang dikonsumsi mengandung gizi seimbang (karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin). Untuk penyembuhan luka, konsumsilah makanan yang mengandung protein seperti telur, ikan, ayam, daging, serta tahu dan tempe. Protein berguna dalam memelihara dan membangun sel tubuh, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor
    Semoga bermanfaat

  • terma kasih Dok untk pnjlasan dan bntuannya..

  • pagi dok
    Stlh sya brhubungn badan ko besoknya keluar cairan encer brwarna coklat tapi ga lma ,prtnda apakah itu dok. Saya juga mnglami telat haid, trims

  • Selamat paagi..

    Cairannya seperti darah, berupa flek, atau seperti lendir?

    Salah satu penyebab tersering yang anda alami merupakan tanda terdapat infeksi vagina (vaginosis). Hal ini harus diobati dengan menggunakan antibiotik setelah mendapatkan pemeriksaan yang diperlukan dari dokter. Jenis antibiotiknya tergantung dari pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter.

    Saya sarankan anda memeriksakan diri langsung ke dokter atau spesialis kandungan

    Demikian terimakasih

  • slmt mlm dok, maaf sebelumnya mau nnya nihh,,,posisi berhubungan intim baik gimna ya?....

  • Selamat pagi Bapak

    Lakukan percobaan untuk menemukan posisi seks yang tepat, sehingga hanya memberikan sedikit tekanan pada setiap jahitan vagina. Pilih juga posisi yang dapat memberi kontrol atas kedalaman penetrasi. Posisi wanita di atas atau women on top dapat menjadi pilihan dan pastikan melakukan seks dengan kecepatan lambat agar lebih nyaman.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • slmt mlm dok, pagi ini sy dan istri sy brhugungan intim,, tdk lama kmudian kok istri sy kncing smpai gemnteran nafasnya jga,,tersendat2,,smpai2 tangan sy diremes sngat kuat,,sya jdi takut tapi istri sy blng ngapa2,,tapi say ttetap takut krna sebelumnya istri sya tdak sprti bgitu,,mohon dok pnjelasannya,,

  • Selamat malam

    Kondisi yang istri anda alami adalah kecemasan atau bisa juga istri anda merasakan nyeri saat berhubungan intim pasca melahirkan. Jaringan parut yang terjadi juga bisa meningkatkan ketegangan otot-otot di sekitar vagina, akibatnya mudah sekali merasa sakit. Ketidakstabilan emosi dan mental juga bisa berpengaruh terhadap respon fisik. Dasar panggul (otot di daerah panggul yang juga mencakup vagina, klitoris, dan dan pinggul) merespon apa yang kita pikirkan. Jadi, ketika gugup, cemas, takut atau tidak nyaman, dasar panggul pun menciut sebagai respon terhadap perasaan tersebut. Respon primitif ini adalah cara tubuh untuk melindungi bagian reproduksi agar lebih siap untuk memproduksi kembali. Jadi bukan hanya waktu fisik yang penting untuk memutuskan kapan mulai hubungan seks setelah melahirkan; tapi juga kesiapan mental.

    Lakukan pemanasan sebelum melakukan hubungan, lakukan secara perlahan, nikmati tubuh masing-masing tanpa berharap penetrasi penuh.Pertimbangkan penggunaan minyak pelumas khusus untuk mengurangi risiko luka pada vagina saat terjadi penetrasi.

    Semoga membantu

  • slmt siang dok,,sebelum melkukan hubungan seks adabaiknya melakukan pemanasan,,yang jdi pertannyaan saya daerah sensitif wania biasaya dibagian mana? selain melakukan pemanasan didaerah vagina

  • dr. Gustiva Sari dr. Gustiva Sari Dokter Umum

    Selamat malam

    Foreplay atau pemanasan merupakan cara untuk meningkatkan gairah seksual. Foreplay untuk wanita dapat dilakukan dengan merangsang area sensitif yaitu payudara, area kemaluan. Langkah-langkah dalam melakukan foreplay yaitu membangun hubungan emosional antar pasangan, memeluk, mencium dan menyentuh area sensitif.


    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor
    Semoga bermanfaat..

  • dok klw memasukan jari ke dalm vagina pada saat memulai foreplay berbahaya ngak,,

  • Selamat malam Saudara

    Memasukan jari ke dalam vagina saat foreplay pada dasarnya bukan merupakan hal yang berbahaya namun harus dipastikan kebersihan jari anda agar tidak menyebabkan infeksi setelahnya.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • selamat sore dokter,
    baru baru ini saya melakukan hubungan intim dgn suami saya tetapi ko merasa ada yg mengganjal yaa seperti ada tekanan di dalam perut, lantas apa yg harus saya lakukan ya dokter

  • dr. Rizka Amelia dr. Rizka Amelia Dokter Umum

    Selamat sore,

    Kami tidak dapat memastikan apa yang menjadi penyebab dari rasa mengganjal pada perut Anda karena dibutuhkan pemeriksaan fisik . Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

    Namun jika anda juga merasakan adanya nyeri saat berhubungan intim, maka kondisi tersebut disebut dengan dispareunia. Nyeri ini dapat terjadi saat penetrasi (masuknya penis ke dalam vagina) di awal, pertengahan, ketika orgasme, maupun ketika hubungan intim sudah selesai. Dispareunia dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah:

    A. berkurangnya hormon estrogen yang menyebabkan vagina menjadi kering
    B. kurang 'foreplay' atau 'pemasanan' sehingga lubrikasi (pelicin) pada vagina kurang
    C. vaginismus atau kontraksi pada otot vagina yang umumnya disebabkan karena trauma atau perasaan takut
    D. endometriosis atau pertumbuhan endometrium (lapisan rahim) di luar rahim
    E. infeksi pada vagina
    F. luka pada vagina
    G. infeksi pada serviks (mulut rahim) sehingga ketika terjadi penetrasi dalam maka akan timbul rasa nyeri
    H. peradangan pada panggul yang dapat diakibatkan oleh infeksi pada saluran reproduksi dan panggul

    Beberapa saran yang dapat Kami berikan untuk mencegah berulangnya kejadian tersebut antara lain:

    1. Lakukan rangsangan seksual (foreplay) yang adekuat sebelum suami melakukan penetrasi penis. Hal ini sedikit banyak juga akan berpengaruh pada ketegangan vagina. Rasa takut atau kekhawatiran dapat membuat vagina menjadi kaku dan kering sehingga mudah terbentuk luka.
    2. Lakukanlah hubungan intim dalam suasana yang santai dan nyaman. Kondisi rileks saat berhubungan akan membuat vagina menjadi lemas dan tidak terasa nyeri saat penetrasi. Semakin anda merasa khawatir dan tidak rileks, semakin sulit untuk mengatasi masalah anda saat ini.
    3. Gunakanlah lubrikasi tambahan untuk memudahkan penetrasi penis ke dalam vagina. Pilihlah pelumas yang lebih bersih dan steril untuk mencegah infeksi pada vagina istri anda.

    Apabila keluhan berlanjut setelah melakukan foreplay cukup atau setelah menambahkan lubrikasi tambahan, kami sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter kebidanan dan kandungan untuk evaluasi lebih lanjut.

    Sekian semoga membantu. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Incontinence ?
Ask Doctor
 p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma  p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma