Profile
Incontinence

hubungan badan

hubungan badan

Dok sya mau nanya, berapa lama di perbolehkan hub badan pasca melahirkan secara episiotomi...?? Mkasih

Answers

2 answers

  • dr. Dian Azizah dr. Dian Azizah Dokter Umum

    Selamat sore,

    Hubungan intim dapat dilakukan kembali 30-45 hari pasca-melahirkan. Waktu pemulihan hingga dapat berhubungan intim akan lebih lama jika Anda mengalami jahitan episiotomi (jahitan akibat robekan jalan lahir). Anda juga harus memastikan bahwa sudah tidak ada darah yang keluar dari vagina, luka jahitan sudah kering dan luka tidak mengalami infeksi (merah, bengkak, nyeri dan ada nanah). Vagina yang bersih akan menghindarkan kemungkinan infeksi.

    Hubungan intim setelah melahirkan cenderung lebih sakit daripada sebelumnya akibat vagina yang kering atau akibat luka operasi. Anda dapat menyiasatinya dengan melakukan foreplay yang lebih lama dan lakukan secara perlahan. Sekarang Anda dapat memutuskan apakah Anda sudah dapat melakukan hubungan intim kembali.

    Terima kasih sudan menggunakan meetdoctor

  • Selamat sore

    Hubungan seksual bisa dimulai apabila lokhia (darah nifas) berubah menjadi putih biasanya pada waktu kurang lebih 6 minggu setelah melahirkan, dan luka perineum sudah sembuh sempurna serta ibu merasa nyaman untuk melakukan hubungan. Sebelum melakukan aktivitas seksual dianjurkan untuk menggunakan lubrikan seperti k-y jelli. Perhatikan posisi, sebaikny awanita pada posisi atas untuk mencegah penetrasi penis yang terlalu dalam.

    Semoga membantu

Anda punya pertanyaan seputar Incontinence ?
Ask Doctor

Popular Article

Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi?