Profile
Keringat Berlebih (Hyperhidrosis)

Hyperhidrosis

Hyperhidrosis

Maaf sebelumnya, saya ingin bertanya. Saya telah membaca beberapa artikel tentang masalah Hyperhidrosis ini, dan saya merasakan bahwa saya mengidap Hyperhidrosis Axillary. Tetapi saya bingung, itu hanya berlaku ketika diluar rumah. Ketika diluar rumah langsung keringat saya keluar di daerah ketiak walaupun diluar dingin atau panas tetap saja keringat tersebut keluar terus. Tetapi ketika saya berada dirumah tidak sama sekali, meskipun itu hawanya panas. Soalnya saya mulai merasakan ini dari umur 13 tahun sampai sekarang 17 tahun dan saya tidak pernah menjalani/memeriksa lebih lanjut ke dokter.

Answers

1 answers

  • dr. Rafika Dona dr. Rafika Dona Dokter Umum

    Selamat malam..

    Hiperhidrosis adalah kondisi di mana seseorang berkeringat secara berlebihan yang terkadang tidak diakibatkan oleh suhu panas ataupun olahraga. Penderita bisa berkeringat sangat banyak, sampai-sampai keringat menembus pakaian dan menetes ke tangan.Banyaknya keringat yang keluar tidak mempengaruhi kesehatan secara serius, namun bisa berpengaruh buruk terhadap kualitas hidup penderita dan bisa menimbulkan perasaan malu, stres, depresi, dan gelisah.Jika tidak ditangani, penderita hiperhidrosis berisiko terkena komplikasi seperti:
    -infeksi
    -efek psikologis: karena keringat yang banyak bisa menyebabkan rasa mali dan tidak percaya diri
    -Bau badan yang tidak sedap.

    Gejala Hiperhidrosis

    Umumnya beberapa faktor yang membuat seseorang banyak berkeringat adalah olahraga, suhu lingkungan yang panas, gelisah, atau dalam kondisi tertekan.Namun, banyaknya keringat yang dikeluarkan penderita hiperhidrosis jauh di atas jumlah keringat yang biasanya dihasilkan oleh seseorang yang mengalami faktor-faktor di atas. Seseorang bisa dianggap menderita hiperhidrosis jika:

    -banyaknya keringat bisa sampai mengganggu pekerjaannya, seperti kesulitan menggunakan keyboardkomputer.Mengalami gangguan saat menjalani aktivitas rutin seperti menyetir kendaraan.

    -menghabiskan waktu cukup banyak untuk mengatasi masalah keringat, seperti sering mandi dan mengganti pakaian.Menghindari kontak fisik seperti berjabat tangan, karena sadar dirinya basah berkeringat.Menarik diri dari kegiatan sosialTidak ikut serta dalam beberapa aktivitas seperti berdansa atau olahraga, karena takut tubuhnya akan makin banyak mengeluarkan keringat.Kadang banyak berkeringat merupakan tanda seseorang terkena kondisi medis yang serius.

    Berkonsultasilah dengan dokter jika dirasa sudah mengganggu aktivitas sehari-hari.


    Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Keringat Berlebih (Hyperhidrosis) ?
Ask Doctor
Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur