Profile
Kesehatan Bayi

Imunisasi bcd bersamaan dgn dpt

Imunisasi bcd bersamaan dgn dpt
Jakarta

Pagi dok, minggu lalu tepatnya saat ank saya berusia 2 bulan anak saya di imunisasi BCG dan DPT krna ank saya demam jadi hanya di beri imunisasi bcg,lalu kemaren saya pindah ke bidan dan kata bidan imunisasi tdk boleh sebulan 2x walaupun beda imunisasi, dan DPT akn d berikan di bulan k 3,bukannya DPT itu saat ank usia 2 bulan? Yg benar yg mana jadinya dok?

Answers

1 answers

  • selamat pagi,

    Baik bu saya mengerti pertanyaannya, berikut saya akan jelaskan keseluruhan jadwal imunisasi yang wajib di lakukan oleh ibu

    1.BCG: Diberikan sejak lahir. Apabila umur > 3 bulan harus dilakukan uji tuberkulin terlebih dulu, BCG diberikan apabila uji tuberkulin negatif.
    Hepatitis B: Diberikan dalam waktu 12 jam setelah lahir, dilanjutkan pada umur 1 dan 3 – 6 bulan. Interval dosis minimal 4 minggu.
    Polio: Polio-0 diberikan pada saat kunjungan pertama. Untuk bayi yang lahir di RB/RS OPV diberikan pada saat bayi dipulangkan (untuk menghindari transmisi virus vaksin kepada bayi lain).
    DTP: Diberikan pada umur >6 minggu, DTwP atau secara kombinasi dengan Hep B atau Hib. Ulangan DTP umur 18 bulan dan 5 tahun. Umur 12 tahun mendapat TT pada program BIAS SD kelas VI.
    Campak: Campak-1 umur 9 bulan, campak-2 diberikan pada program BIAS pada SD kelas 1, umur 6 tahun.
    Hib: Diberikan mulai umur 2 bulan dengan interval 2 bulan. Diberikan terpisah atau kombinasi.
    Pneumokokus (PVC): Pada anak yang belum mendapatkan PCV pada umur ³ 1 tahun PCV diberikan dua kali dengan interval 2 bulan. Pada umur 2 -5 tahun diberikan satu kali.
    Influenza: Umur 8 tahun yang mendapat vaksin influenza trivalen (TIV) pertama kalinya harus mendapat 2 dosis dengan interval minimal 4 minggu.
    Varisela: Vaksin ini dapat diberikan setelah umur 12 bulan, terbaik pada umur sebelum masuk sekolah dasar. Apabila diberikan pada umur lebih dari 12 tahun, perlu 2 dosis dengan interval minimal 4 minggu.
    MMR: Diberikan pada umur 12 bulan, apabila belum mendapatkan vaksin campak umur 9 bulan. Selanjutnya MMR ulangan diberikan pada umur 5-7 tahun.
    Tifoid: Tifoid polisakarida injeksi diberikan pada umur > 2 tahun, diulang setiap 3 tahun.
    Hepatitis A: Hepatitis A diberikan pada umur > 2 tahun, dua kali dengan interval 6 – 12 bulan.
    HPV: Jadwal vaksin HPV bivalen 0, 1, 6 bulan. Vaksin HPV tetravalem 0, 2, 6 bulan. Dapat diberikan mulai umur 10 tahun.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Bayi ?
Ask Doctor
Kejang demam biasa terjadi pada anak usia 6 bulan sampai 5 tahun Cara Mencegah Kejang Demam Pada Anak Depresi bisa dialami pria dan wanita, namun keluhan utamanya seringkali berbeda di antara keduanya. 12 Tanda Depresi pada Pria