Profile
Kanker Payudara

infeksi payudara

infeksi payudara

Apakah seseorang yg merasakan sakit di puting payudara jg mengalami pembengkakan itu harus nelakukan operasi dok? Takutnya kanker payudara

Answers

3 answers

  • selamat siang

    Nyeri dan bengkak pada payudara dapat diakibatkan oleh beberapa kondisi seperti :



    Mastitis
    Mastitis merupakan peradangan pada jaringan payudara yang dapat diakibatkan paling banyak akibat trauma/ luka pada payudara saat menyusui atau disebabkan karena proses menyusui yang sudah berjalan lama. Mastitis memberikan gejala diantaranya payudara terasa nyeri dan terdapat benjolan pada payudara, puting bernanah, payudara menjadi bengkak, rasa gatal pada payudara. Mastitis banyak dialami oleh ibu yang sedang menyusui.
    Siklus Menstruasi
    Adanya benjolan pada payudara
    Abses pada payudara
    Infeksi pada payudara dapat menyebabkan abses payudara sehingga terdapat kumpulan nanah di bawah kulit payudara, menyebabkan payudara menjadi bengkak, nyeri dan kemerahan.
    Kanker payudara


    Tetapi jika terdapat benjolan payudara terutama dengan gejala seperti :

    Benjolan pada payudara yang tidak dapat bergeser
    Benjolan pada payudara yang tidak menghilang setelah siklus menstruasi selesai
    Benjolan pada payudara yang mengakibatkan perbedaan area pada salah satu atau kedua bagian payudara
    Terjadinya perubahan bentuk, kontur dan ukuran payudara
    Terjadi perubahan kulit pada payudara atau pada puting
    Keluarnya darah atau cairan bening dari payudara
    Nyeri pada ketiak atau payudara yang terus menerus
    Sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan terkait dengan munculnya benjolan pada payudara.

    Untuk mengetahui kemungkinan penyebab bengkak pada payudara, sebaiknya anda melakukan konsultasi ke dokter spesialis bedah atau dokter spesialis kandungan agar dapat mengetahui kemungkinan penyebab terjadinya bengkak pada payudara.



    Jika diperlukan dapat dilakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium darah, atau mammogram dan USG untuk membantu dalam menegakkan diagnosa.



    Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi keluhan seperti :

    Makan makanan yang bergizi
    Hindari pemakaian bra dengan ukuran yang terlalu ketat atau terlalu longgar
    Kompres dengan air hangat pada daerah payudara yang mengalami bengkak dan nyeri
    Hindari merokok
    Jika dirasakan nyeri, anda dapat mengkonsumsi obat paracetamol sebagai anti nyeri untuk mengurangi rasa nyeri.

    sekian semoga bermanfaat

  • Apakah untuk penyakit mastitis ini dapat disembuhkan dgn berobat rutin atau harus menjalani ruang operasi dok?

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,

    Mastitis adalah inflamasi atau biasa dikenal dengan peradangan pada payudara. Mastitis dapat menyerang semua wanita pada umumnya dan pada wanita yang menyusui khususnya.Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya mastitis. Salah satu penyebab mastitis pada wanita yang tidak sedang hamil atau menyusui adalah tindakan menindik yang dilakukan pada payudara dapat menimbulkan infeksi terutama jika peralatan yang digunakan belum disterilkan.

    Penyebab mastitis pada wanita menyusui yang paling utama adalah terjadinya penumpukan produksi air susu ibu. Penumpukan terjadi, antara lain karena tidak tepatnya posisi ibu saat menyusui sehingga air susu ibu tak terdistribusi dengan benar.

    Adapun gejala yang timbul saat mastitis menyerang, yaitu:

    -Payudara membengkak dan jika diraba terasa hangat
    -Terasa nyeri pada payudara
    -Memerahnya payudara
    -Kerap disertai pula dengan demam.

    adapun beberapa terapi yang dilakukan untuk orang dengan keluhan mastitis
    -jika terjadi peradangan atau infeksi bisa diterapi dengan pemberian antibiotik, hal ini dapa membuat penyembuhan lebih cepat.
    -Yang tidak kalah penting adalah air susu harus di keluarkan. Para ibu sering salah kaprah terhadap mastitis dan malah menjadi takut untuk memberikan ASI pada sang buah hati. Padahal hal ini justru akan memperparah peradangan sebab membuat semakin menumpuknya produksi ASI di payudara yang tak tersalurkan.
    -pembedahan Mastitis yang tidak segera ditangani dapat mengalami komplikasi sehingga terjadi abses apabila terpapar dengan bakteri staphylococcus auereus. Abses atau penumpukan cairan nanah terjadi sebab peranan antibodi tubuh saat menghadapi bakteri staphylococcus auereus. Jika sampai terjadi abses pada payudara, maka tindakan bedah untuk mengangkat abses mau tidak mau harus dilakukan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda

Anda punya pertanyaan seputar Kanker Payudara ?
Ask Doctor
Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat