Profile
Hamil

Info kehamilan, tanda ibu hamil, tanda tanda menstruasi

Info kehamilan, tanda ibu hamil, tanda tanda menstruasi
Temanggung

Saya berhubungan intim saat menstruasi hari kelima dok dan sperma tidak sengaja keluar didalam,sedangkan jarak haid saya berkisar 24 hari,apakah peluang hamil saya besar dok? Sedangkan saya sedang ingin menunda kehamilan. Apakah dengan minum postinor 2 dapat mecegahnya dok?

Answers

1 answers

  • Selamat pagi

    Hubungan intim yang dilakukan pada hari ke-5 menstruasi pada dasarnya memiliki peluang yang lebih kecil untuk terjadi kehamilan, mengingat pada saat itu wanita tidak berada dalam masa subur. Namun perlu diketahui bahwa sperma pria dapat bertahan hingga 3-5 hari dalam organ reproduksi wanita. Oleh karena itu sekalipun hubungan intim dilakukan sebelum masa subur namun dapat saja pembuahan baru terjadi 3-5 hari sesudahnya, yaitu saat wanita sudah memasuki masa subur.

    Masa subur ditandai dengan terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur) di mana ovulasi terjadi 14 hari sebelum menstruasi yang berikutnya. Namun masa subur dapat bergeser maju atau mundur akibat ketidakseimbangan hormonal yang dipengaruhi oleh berbagai faktor.

    Oleh sebab itu hubungan intim yang dilakukan pada hari ke-5 menstruasi tetap dapat menyebabkan kehamilan, terutama pada wanita yang memiliki siklus menstruasi yang pendek atau tidak teratur.

    Bila Anda dan suami masih merencanakan untuk menunda kehamilan sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk memilih alat kontrasepsi yang sesuai dengan kebutuhan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan