Profile
Alergi

Jempol kaki kering dan gatal

Jempol kaki kering dan gatal

Assalamualaikum wr wb. Dok, saya mau tanya. Belakangan ini saya terganggu dengan kondisi jempol saya yg sedikit memar menghitam dan terasa gatal di bagian kulit bawah kuku. Awalnya dulu pernah terjepit beban berat kemudian sembuh kuku kaki saya jadi terlihat jekong akibat bekas benda tsb. Dan setelah sembuh kulit di bagian kuku saya menghitam kering dan terasa gatal disekitar dekat kuku spt huruf U, jika saya menggaruk jempol saya kulit jempolnya suka mengelupas sedikit demi sedikit. Dan gatalnya tidak hilang hilang. Ini termasuk penyakit apa ya? Saya coba cari di google definisinya berbeda beda dan itu membuat saya kebingungan harus menyimpulkannya spt apa. Trims

Answers

1 answers

  • Selamat malam

    Melanonikia merupakan garis coklat atau kehitaman pada kuku. Melanonikia ini normal terjadi pada ras kulit hitam, meskipun bisa terjadi pada ras kaukasian juga. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan melanonikia yaitu:
    - akibat trauma atau tekanan sehingga terjadi perdarahan di bawah kuku kemudian menghitam. Keadaan ini normal dan tidak perlu penanganan, karena dapat hilang sendiri.
    - kekurangan vitamin b12
    - Kelainan kulit, misalnya ada psoriasis, infeksi jamur atau onikomikosis sehingga kuku jadi lebih hitam, dan juga rapuh, sering ada debris subungual (di bawah kuku).
    - Penyakit seperti sle (lupus) dan hipertiroid
    - Penyakit melanoma subungual yaitu keganasan pada kuku, di mana biasanya garis kehitaman akan melebar hingga ke jaringan sekitar kuku, dan biasanya satu jari saja. Bila ada riwayat kanker pada keluarga, sering terpapar uv biasanya lebih mudah untuk terjadi.

    Bila ada riwayat trauma atau cedera pada ibu jari kaki maka dapat menyebabkan timbulnya garis menghitam pada kuku ini. Seriring waktu maka penyembuhan akan terjadi dan hitam pada kuku ini akan menghilang. Akan tetapi, apabila terjadi komplikasi, misalnya ada infeksi juga yang terjadi akibat adanya luka karena cedera sekitar ibu jari, bisa juga berdampak pada kondisi kuku anda. Apabila setelah cedera tidak ditangai dengan baik, maka dapat terjadi infeksi sekunder oleh bakteri, jamur, virus, maka penyembuhan jadi terhambat. Gejala lain yang dapat timbul yakni pembengkakan, kemerahan, gatal, sekitar area cedera menjadi basah/lembap hingga keluar nanah, kuku menjadi rapuh, berubah warna, berbau dll.

    Oleh karena itu, untuk memastikan kondisi kuku ibu jari anda, maka sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter agar diberikan terapi yang sesuai.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Alergi ?
Ask Doctor
Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif