Profile
Kesehatan Wanita

kaki kanan kesemutan

kaki kanan kesemutan
Semarang

kaki kanan saya mulai dari pangkal paha sampai lutut kog sering kesemutan jika saya kelamaan berdiri apalagi kalo lagi menyuapi anak bungsu saya dok meski gak sampai 1/2 jam sudah kesemutan tp kalo sdh saya buat duduk sebentar bisa hilang sendiri...kenapa ya dok ?

Answers

2 answers

  • Selamat pagi Ibu Pienky Meliana

    Kesemutan yang terjadi dalam jangka waktu yang lama biasanya ada penyebab yang mendasarinya. Penyebab tersering adalah adanya saraf yang tertekan oleh jaringan sekitarnya. Tekanan yang terjadi akan menyebabkan peradangan pada saraf dan mengganggu fungsi saraf. Bila tekanan berkurang, maka fungsi saraf akan berangsur kembali normal. Tetapi bila tekanan berlangsung dalam jangka waktu yang lama, maka nyeri akan berlangsung kronis dan saraf akan mengalami kerusakan permanen.

    Beberapa hal yang dapat menyebabkan tekanan pada saraf :
    -Terjadi trauma
    -Stress jaringan akibat kegiatan yang berulang
    -Obesitas
    -Postur tubuh yang buruk akan menyebabkan saraf-saraf pada tulang belakang tertekan
    -Penggunaan otot yang berlebihan saat berolahraga atau bekerja
    -Penyakit tertentu seperti pengapuran tulang, rematik, kencing manis, tiroid
    -Tumor pada tulang belakang

    Konsulkan ke dokter spesialis saraf untuk mengetahui penyebab dari keluhan yang Anda rasakan.

    Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga bermanfaat.

  • Selamat pagi,

    Kesemutan adalah istilah yang menjelaskan tentang mati rasa atau kurangnya kepekaan beberapa anggota tubuh karena tekanan tertentu yang terjadi dalam waktu lama. Istilah medis untuk kesemutan adalah parestesia, pada umumnya kesemutan disebabkan oleh tekanan pada saraf.

    Kesemutan bisa terjadi pada siapa saja dan muncul secara fisiologis (normal). Biasanya untuk menghindari kesemutan, penderitanya harus sering mengubah posisi dan melakukan gerakan ringan secara periodik agar aliran darah tetap lancar. Kesemutan bisa terjadi pada siapa saja dan muncul secara fisiologis (normal). Biasanya untuk menghindari kesemutan, penderitanya harus sering mengubah posisi dan melakukan gerakan ringan secara periodik agar aliran darah tetap lancar.

    Penyebab sering kesemutan lainnya yang berhubungan dengan masalah kesehatan antara lain Carpal Tunnel Syndrome (CTS), trauma atau perlukaan, diabetes, gangguan syaraf, kekurangan vitamin E, B1, B6, B12, penyakit sistemik dan efek obat-obatan tertentu.

    Sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis syaraf untuk evalusi lebih lanjut bila kesemutan yang dialami telah berlangsung lama atau sering.

    Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya