Profile
Fibrocystic Breast

kanker payudara

kanker payudara

Dok.. Saya umur 25 tahun. Terdapat benjolan sebelah kiri payudra saya, kadang benjolan tersebut hilang dok. Ini kali kedua yang saya rasakan. Dulu dok...sudah lama tidak ada benjolan tersebut. Tapi berapa hari ini benjolan tersebut ada kembali...dan nyeri. Tapi kalau di pijat tidak nyeri lama lama dok dan biasa lagi. Apakah itu gejala kanker payudara atau tidak dok? Saya mohon bantuan dok...agar saya tau kenapa dengan tubuh saya. Terima kasih😉

Answers

1 answers

  • Selamat malam

    Pemeriksaan payudara dilakukan dengan teknik sadari (periksa payudara sendiri). Lakukan di depan cermin, angkat salah satu tangan ke atas, kemudian lakukan perabaan memutar dari puting melingkar ke arah luar, apabila ada benjolan maka harus diwaspadai. Segera identifikasi karakteristik benjolan tersebut.
    -apabila benjolan tersebut bersifat mobile, dirasakan dari waktu ke waktu tidak cepat membesar, kadang nyeri, tidak membesar saat menstruasi ini suatu fibroadenoma mamae dan biasanya jinak.
    -apabila benjolan tersebut bersifat mobile, dirasakan dari waktu ke waktu tidak cepat membesar, kadang nyeri, semakin membesar saat menstruasi ini suatu fibrokistik mamae dan biasanya juga jinak.
    -apabila benjolan tersebut bersifat tidak mobile, melengket di dasar payudara, dirasakan dari waktu ke waktu cepat membesar, nyeri, disertai perubahan warna dan tekstur kulit seperti kemerahan, timbul luka, kulitpayudara seperti kulit jeruk, keluar cairan baik itu cairan kuning/nanah, darah dari puting maka biasanya ganas yaitu kanker payudara maka anda harus waspada dan segera konsultasi ke dokter.

    Sebaiknya anda rajin melakukan sadari untuk memantau perkembangan benjolan tersebut apakah cepat membesar atau tidak, dan apabila ada abnormalitas yang anda alami, anda dapat secara dini mengkonsultasikannya ke dokter anda, lebih cepat lebih baik, agar bisa dilakukan pemeriksaan lanjutan misal mamografi bagi wanita yang usianya di atas 40 tahun atau usg bagi wanita muda dan agar segera dilakukan penatalaksanaan. Anda bisa periksa ke dokter umum terlebih dahulu agar mengidentifikasi benjolannya terlebih dahulu, bila perlu penanganan lebih lanjut yang tidak bisa ditangani dokter umum atau perlu pembedahan, biasanya akan dikonsulkan ke dokter bedah.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Fibrocystic Breast ?
Ask Doctor
Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil