Profile
Kesehatan A-Z

Kb menyebabkan gemuk

Kb menyebabkan gemuk

Dok apakah benar kb suntik bisa menimbulkan flek? Karena temen deket saya jadi timbul flek dok. Jadi saya ragu untuk ganti ke kb suntik

Answers

1 answers

  • Selamat malam,

    Suntik KB merupakan salah satu metode kontrasepsi yang sering digunakan untuk menunda kehamilan. Suntik KB ada 2 tipe yaitu yang disuntik tiap 1 bulan dan tiap 3 bulan. Suntik KB setiap 3 bulan mengandung hormon progestin, sementara suntik KB setiap 1 bulan mengandung hormon progestin dan estrogen. 

    Seperti halnya metode kontrasepsi lainnya, suntik KB setiap 3 bulan juga memiliki kekurangan atau resiko efek samping, antara lain: 
    - Mengganggu siklus menstruasi. 
    - Butuh waktu untuk mengembalikan masa subur. 
    - Dapat sedikit mengurangi kepadatan tulang. 
    - Tidak memberikan perlindungan terhadap penyakit menular seksual. 
    - Efek samping lain seperti sakit kepala, nyeri payudara, kenaikan berat badan, perdarahan. 
    - Pada beberapa wanita, dapat terjadi flek kehitaman. Flek juga bisa muncul akibat pengaruh genetik. 

    Untuk memastikan penyebab pasti dari munculnya flek kehitaman, sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter. Apabila memang karena efek samping dari suntik KB, umumnya akan dianjurkan agar suntik KB dihentikan dan diganti dengan metode kontrasepsi lainnya. 

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
Demensia adalah suatu kondisi yang berkaitan dengan penurunan kemampuan fungsi otak Ini Gejala Awal Demensia yang Sering Diabaikan pneumonia adalah istilah umum untuk infeksi paru-paru dengan gejala batuk dan demam. Gejala Pneumonia Pada Bayi yang Perlu Anda Waspadai