Profile
Bipolar Disorder

Kebingungan pada diri saya (Female, 26 years old)

Kebingungan pada diri saya (Female, 26 years old)
Jakarta Utara

Halo Dok, Selamat malam. Saya Nicky pernah didiagnos Bipolar disorder.. Saya sendiri kurang paham apa itu yang dimaksud dengan Bipolar disorder Yang saya rasakan saat ini saya merasa sangat terganggu dengan ketidakmampuan diri saya Saya sulit mengekspresikan diri saya seperti yang saya inginkan Jika orang-orang menghina meledek atau menjadikan saya bahan olok-olok, saya seolah tidak bisa bereaksi yang lain, saya hanya bisa tertawa. Kadang saya menghibur diri saya mengatakan bahwa saya kuat dengan tidak tampil tersinggung, tetapi saya tahu bahwa saya menghindari atau takut untuk marah pada mereka, karena biasanya kalau saya marah orang lain selalu pandai untuk membalikkan kesalahannya kepada saya sehingga sayalah yang malah jadi meminta maaf, tetapi setelah saya meminta maaf, saya merasa seperti sampah. Tapi saya tidak tahu apa yang harus dikatakan untuk membela diri saya, mereka terlalu pandai bersilat lidah dan membuat lelucon. Saya jadi sgt takut thdp orang dan selalu mau sempurna

Answers

2 answers

  • Selamat malam Nicky

    Gangguan bipolar, atau gangguan manik-depresif, merupakan gangguan jiwa yang sering ditemui. Gangguan bipolar ditandai dengan periode depresi yang dalam dan berkepanjangan, bergantian dengan periode mood iritabel dan aktif yang berlebih atau disebut mania. Jika anda mengalami perilaku aktif yang berlebih, sering tertawa kemungkinan sedang episode mania. Akan tetapi perubahan mood dapat berlangsung secara drastis ke episode depresi yakni merasa sedih, merasa tidak berguna, merasa seperti sampah, dll.

    Untuk penanganan terhadap gejala bipolar harus dilakukan dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis jiwa (psikiater). Tata laksana penyakit bipolar terkait dengan episode yang dialami (depresi atau mania), keparahan fase tersebut, dll. Terapi yang dilakukan untuk mengatasi bipolar umumnya terdiri atas kombinasi dari psikoterapi dan obat-obatan. Sedangkan selain dengan berkonsultasi dengan dokter, harus dibangun support system bisa dari keluarga atau teman terdekat anda, sehingga saat terjadi afek depresif, sedih, menangis, ada yang anda ajak untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan menghibur anda. Pilihlah teman yang tepat, yang bisa mensupport anda, bukan menjatuhkan atau menegolok-olok anda, pasti ada seseorang teman yang tulus mendengarkan curahan hati anda. Usahakan pula anda aktif dalam berbagai aktivitas misalnya aktivitas sosial, olahraga, kegiatan seni, dll, sehingga energi anda dapat tersalurkan ke aktivitas tersebut sembari juga menstabilkan mood anda.

    Terimakasih

  • Terima kasih Dokter Ni Putu Tesi Maratni, telah membantu saya mengclearkan kebingungan ini.. Saya tidak terlalu paham pada awalnya, apa itu bipolar. Sekarang saya mengerti gambarannya, saya akan coba lakukan saran Dokter untuk menyalurkan energi pada aktifitas2. :D Terima kasih banyak Dok.

Anda punya pertanyaan seputar Bipolar Disorder ?
Ask Doctor
Cegah ISPA dengan menghentikan penyebaranny, pemberian vaksin, dan berhenti merokok. 4 Cara Cegah ISPA Kanker payudara merupakan penyakit yang menakutkan. Namun, ada harapan untuk pencegahan kanker ini. 7 Hal Baru Tentang Kanker Payudara yang Perlu Anda Tahu