Profile
Kecemasan (Anxiety)

kedutan di badan

kedutan di badan

Dok sy mau bertanya. Sudah satu bulan ini sy merasakan kedutan-kedutan si badan sy. Sy merasa ada yg gerak-gerak di dalam tubuh sy dok. Kedutan itu berpindah-pindah dok. Kadng di perut, ada juga di paha, di kaki, ada jg di bokong, kdang jg di tangan. Kira-kira sy kenapa ya dok? Apakah itu hal yg wajar? Mohon penjelasannya. Terima kasih

Answers

13 answers

  • Selamat malam

    Kedutan pada otot disebut dengan fasikulasi atau tic. Kedutan otot ini dapat terjadi akibat adanya kontraksi-kontraksi kecil otot yang tidak disadari. Penyebab terjadinya kedutan ini diperkirakan karena ada ketidakseimbangan cetusan elektrik pada permukaan saraf dan otot, pemicunya bisa disebabkan karena:
    - kelelahan otot
    - ketidakseimbangan elektrolit, karena elektrolit berperan dalam aktivitas elektrik di permukaan saraf dan otot
    - kelainan saraf yang mendasari misalnya karena distonia, progressive muscular atrophy, dll

    Untuk memastikan kedutan yang anda alami, harus dilakukan perekaman aktivitas elektrik otot dengan melakukan electromyography (EMG). Sebaiknya anda konsultasi dengan dokter spesialis saraf mengenai hal ini.

    Langkah sederhana yang dapat anda lakukan untuk mengurangi kedutan otot tersebut misalnya dengan:
    - senam otot dengan menggerak-gerakkan otot ke segala arah
    - minum cairan yang cukup, minum cairan dengan elektrolit misal cairan isotonik dapat dilakukan
    - istirahat yang cukup

    Terimakasih

  • Kebetulan sekitar 2 bulan yg lalu sy di diagnosa GERD oleh dokter penyakit dalam dok. Apakah hal itu slh satu penyebab kedutan-keditan itu? Karena kebetulan teman sy yg di diagnosa GERZ jg mengalami hal yg sm dok. Mohon penjelasannya

  • Selamat pagi Saudari

    Umumnya GERD tidak menimbulkan keluhan tersebut. GERD umumnya disertai oleh nyeri ulu hati, rasa panas terbakar di dada, nyeri dada, sesak, rasa pahit mulut, rasa tak nyaman di tenggorokan dan kadang mual-muntah.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Dok sy mau bertanya lg kira-kira susu aman g ya bagi penderita GERD?

  • Selamat Malam Saudari

    Untuk konsumsi susu, tidak ada data yang menunjukkan bahwa susu dapat menyebabkan peningkatan asam lambung, justru susu dianggap dapat menurunkan asam lambung. Sehingga tidak ada pantangan untuk konsumsi susu jenis apapun pada penderita GERD.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Mohon maaf dok, sy mau bertanya lg. Sy sering sekali merasakan nyeri di badan dok, kadang nyeri di dada kanan hampir mendekati tengah dada, di bawah payu dara dan nyeri di bawah ketiak. Nyerinya kadang hilang tapi bs tiba datang. Apakah itu jg karena GERD dok? atau karena gas? Soalnya kdang dada tidak terasa panas. Tp memang saya masih sering sendawa, berasa ganjal di tenggorokan dan sering kentut, kdang mual n kadang kembung jg. Mohon penjelasannya dok.

  • Selamat Malam

    Nyeri dada adalah rasa nyeri, sakit atau tertekan yang menjangkiti dada. Bagian tubuh yang terasa nyeri bisa dimulai dari bahu hingga ke tulang rusuk. Walau jarang terjadi, tapi rasa sakit bisa menjalar ke rahang, leher, dan hingga ke tangan.

    Nyeri dada harus ditanggapi secara serius karena selain bisa menjadi gejala dari berbagai penyakit, nyeri dada juga bisa menjadi gejala serangan jantung.

    Nyeri dada sering dikaitkan dengan penyakit jantung, namun banyak nyeri dada yang tidak diakibatkan oleh penyakit jantung, seperti masalah pencernaan, otot dan tulang. Berikut adalah contoh penyebab nyeri dada yang umumnya tidak tergolong gawat:
    Cedera pada otot rongga dada atau/dan tulang rusuk.
    Costochondritis atau inflamasi pada tulang rawan yang menyambungkan tulang dada dengan tulang rusuk.
    Penyakit asam lambung dan nyeri ulu hati (GERD).
    Batu empedu atau gangguan pada kandung empedu.
    Gangguan menelan atau disfagia.
    Mastitis atau peradangan pada jaringan payudara.
    Infeksi herpes zoster.
    Fibromyalgia.

    Selain penyebab-penyebab di atas, ada juga penyebab nyeri dada yang tidak terkait dengan jantung namun perlu segera ditangani oleh dokter yaitu:
    Serangan panik atau kecemasan – detak jantung penderitanya menjadi sangat cepat, sesak napas dan dilanda rasa ketakutan atau kecemasan yang hebat.
    Pneumotoraks atau adanya udara di antara kedua lapisan yang membungkus paru-paru, sehingga paru-paru mengempis dan penderitanya sangat sulit bernapas.
    Emboli paru atau terbentuknya gumpalan darah di pembuluh darah paru-paru.

    Mengingat banyaknya penyebab nyeri dada sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter guna mengetahui penyebab dan pengobatan lebih terarah.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Dok sy mau bertanya. Kenap ya sy setiap 1 atau 2 jam setelh makn pst lapar? Pst perut sy brsa kosong n keroncongan? Setiap hari sy mkn jagung, ubi, kentang n sayur kukus jg putih telor rebus sebagai sarapan n makan mlm. Cm siang hari sy mkn nasi n ikan atau ayam. Sy jg mkn tahu kukus n buah n sebagai cemilan. Kira apa penyebabnya y dok?

  • Selamat Malam

    Rasa lapar dan kenyang diregulasi oleh bagian otak yang disebut sebagai hipothalamus. Hipothalamus menerima informasi terkait rasa lapar dan kenyang melalui hormon-hormon dalam tubuh, seperti leptin, ghrelin, serotonin, hormon pertumbuhan, hormon kehamilan (hCG), kortisol, melatonin, oksitosin, tiroksin, estrogen, progesteron, dan testosteron.

    Sering merasa lapar meski sudah makan seperti yang Anda alami bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, di antaranya:

    -Melakukan aktifitas fisik yang cukup berat, misalnya olahraga, naik turun tangga, berlari, mengangkat barang berat
    -Kurang tidur
    -Diet ekstrim
    -Stres psikis, senang, cemas, bosan
    -Mencium bau makanan yang disukai
    -Pengaruh lingkungan (teman menawarkan makanan)
    -Suhu dingin
    -Efek samping konsumsi soda, alkohol
    -Perubahan hormonal, misalnya saat menstruasi, hamil, menyusui
    -Komposisi makanan yang rendah protein, tinggi karbohidrat sederhana
    -Penyakit lain, misalnya diabetes, hipertiroidisme, alergi, asma, kurang gizi, dsb

    Jika keluhan sudah terasa sangat mengganggu, terlebih hingga menyebabkan peningkatan berat badan yang cukup drastis, sebaiknya Anda periksakan langsung keluhan Anda ke dokter ahli gizi. Umumnya, dokter akan melakukan wawancara mendalam mengenai kebiasaan makan Anda sehari-hari, atau melakukan beberapa pemeriksaan lanjutan seperti laboratorium atau USG untuk mendeteksi apakah keluhan yang Anda alami berhubungan dengan gejala penyakit tertentu.

    Sebagai langkah awal, sebaiknya Anda lakukan beberapa tips berikut:

    -Kendalikan stres dengan bijak
    -Tidur yang cukup
    -Banyak minum 8-10 gelas perhari
    -Biasakan makan teratur dengan porsi sedikit-sedikit tapi sering
    -Perbanyak makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum, beras merah
    -Batasi makanan tinggi kalori, berlemak, berpengawet, garam, makanan instan, MSG, kafein, camilan
    -Berolahraga teratur
    -Alihkan nafsu makan berlebih Anda ke kegiatan lain yang lebih bermanfaat, misalnya membaca, melakukan hobi, olahraga

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Kalau telinga berdengung dan bergemuruh krn apa y dok? Sy heran sm diri sy bbrp bulan ini bnyakkkk skli keluhannya dok. Sekarang telinga sy bergemuruh. Ky ada mobil truk yg lewat di dalam telinga. Ada cara alami untuk itu g dok?

  • Selamat Malam

    Seseorang yang mengalami kuping berdengung, disebut juga dengan tinnitus, merasakan adanya bunyi dengung di telinganya. Bunyi ini dapat terdengar secara singkat ataupun terus-menerus dengan volume yang berbeda-beda.

    Berikut beberapa kemungkinan penyebab telinga berdengung:
    - Penyebab paling umum adalah paparan lama terhadap suara kencang. Sekitar 90 persen kasus kuping berdengung memiliki gangguan pendengaran dengan varian yang berbeda. Hal ini diakibatkan oleh pajanan suara kencang secara terus-menerus yang menyebabkan kerusakan permanen pada sel koklea dalam telinga dalam. Kondisi ini berisiko dialami beberapa profesi yang biasa bergelut dengan suara kencang, seperti musisi rock, pilot, tukang kayu, atau tentara. Satu dentuman suara yang sangat kencang cukup untuk menyebabkan kuping berdengung.
    - Adanya penyumbatan atau infeksi pada saluran telinga. Kondisi ini dapat mereda dengan sendirinya begitu penyumbatan ditangani, tapi ada kalanya juga terus berlanjut.
    - Adanya tumor jinak pada saraf pendengaran.
    Proses penuaan alami yang memengaruhi bagian dalam telinga atau bagian lainnya.
    - Konsumsi beberapa jenis obat, seperti antibiotik, aspirin, obat bius, antidepresan, hingga anti peradangan.
    - Penyakit Meniere’s yang menyebabkan gangguan pada telinga dalam.
    - Cedera pada leher atau kepala.
    - Otosklerosis, menyebabkan kekakuan tulang kecil pada telinga bagian tengah.
    - Gangguan kesehatan tertentu, seperti penyakit kardiovaskular, tekanan darah tinggi, anemia, alergi, diabetes, kelenjar tiroid yang kurang aktif.
    - Gangguan pada leher atau rahang, seperti sindrom sendi temporomandibular.

    Sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter spesialis THT untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga diketahui penyebab keluhan anda dan pengobatan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Dok sy mau bertanya. Sudh 4 bulan ini sy merasa ganjal di tenggorokan n selalu sendawa setiap saat. Kdng ada nyeri-nyeri di dada kanan. Kata dokter penyakit dlm sy kena GERD, kata dokter THT sy kena LPR sebenarnya apa beda GERD n LPR y dok?? N sy jg sudh minum obat lanzoprazole slm 2 bulan. Ko membaik y dok y?? Mohon solusi dr dokter.

  • Selamat Malam

    LPR atau laringopharyngeal reflux adalah kondisi di mana asam lambung bergerak naik ke arah kerongkongan (esofagus), faring, dan laring. Akibatnya, gejala yang dialami penderita adalah :

    -perubahan suara menjadi serak, biasanya terjadi intermiten di siang hari
    -rasa tidak nyaman di area leher hingga kepala, sehingga pasien sering mendehem atau batuk
    -nyeri tenggorokan, terutama ketika menelan
    -penumpukan dahak di tenggorokan
    -kesulitan bernafas ditandai dengan episode tersedak
    -halitosis atau bau mulut
    -nyeri dada seperti terbakar (heartburn)

    Diagnosis LPR ditegakkan melalui wawancara terkait riwayat penyakit, yang dikonfirmasi melalui pemeriksaan tambahan, yaitu laringoskopi, baik secara langsung atau tidak langsung. LPR pada dasarnya sama dengan GERD.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Kecemasan (Anxiety) ?
Ask Doctor
Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan