Profile
Kecemasan (Anxiety)

Keefektifan obat postinor 2

Keefektifan obat postinor 2

dok mau tanya, jika berhubungan intim saat hampir selesai menstruasi,saat itu hari ke 4, dan sedikit keluar di dalam karena buru2 dicabut untuk keluar di luar,lalu paginya dibawah 12 jam meminum postinor 2 tablet sekaligus bagaimana keefektifan nya ya?

Answers

1 answers

  • selamat pagi

    Postinor adalah salah satu jenis kontrasepsi darurat yang ditujukan untuk mencegah kehamilan bila diminum dalam kurun waktu kurang dari 72 jam setelah hubungan seksual tanpa proteksi. Bila diminum dalam waktu 24 jam pertama efektifitas postinor dalam mencegah kehamilan mencapai 95%, bila diminum dalam waktu 48-72 jam efektifitasnya menurun hingga 58%. Tidak diketahui angka efektifitas Postinor bila diminum dalam waktu lebih dari 72 jam.

    Terdapat 2 jenis Postinor, Postinor-1 dan Postinor-2. Postinor-1 berisi 1 tablet yang dapat langsung diminum sesegera mungkin setelah hubungan seksual tanpa proteksi. Postinor-2 berisi 2 tablet. Cara minum Postinor-2 adalah sebagai berikut:

    Minum tablet pertama secepat mungkin setelah hubungan seksual tanpa proteksi
    Minum tablet kedua tepat 12 jam setelah tablet pertama

    Bila anda meminum Postinor-2 kira-kira 12 jam setelah berhubungan seksual, kemungkinan terjadinya pembuahan dan kehamilan sangat kecil. Meskipun anda meminum Postinor-2 dengan cara yang kurang tepat, namun Postinor-2 tetap efektif mencegah terjadinya kehamilan.

    Bila anda memang belum berencana untuk memiliki anak, sebaiknya anda dan pasangan dapat mendiskusikan penggunaan kontrasepsi lain selain kontrasepsi darurat untuk mencegah terjadinya kehamilan. Beberapa pilihan kontrasepsi yang tersedia antara lain pil KB, KB suntik, KB implan, alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR/IUD), ataupun penggunaan kondom/membran.

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor

Anda punya pertanyaan seputar Kecemasan (Anxiety) ?
Ask Doctor
Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya