Profile
Keguguran

Keguguran tanpa kuret

Keguguran tanpa kuret

Dok, tgl 9 Juli kemarin saya mengalami keguguran spontan tanpa kuret di usia 8w. Tgl 1 Agt saya haid pertama, dan hanya 3 hari, selebihnya hanya keluar flek selama seminggu. Lalu kemarin tgl 28 Agt saya haid yg kedua. Pertanyaannya: 1. Kenapa darah haid sebelum dan pasca keguguran berbeda? Sebelum keguguran tekstur darahnya menyatu, sedangkan pasca keguguran tekstur darahnya berupa gumpalan darah berukuran kecil2 dan berlendir sangat licin. Apakah normal? 2. Apakah beresiko merencanakan kehamilan setelah 3 bulan pasca keguguran? 3. Agar hal yg sama tidak terjadi lg, apa saja yang harus saya dan suami persiapkan untuk merencanakan kehamilan selanjutnya? Terimakasih.

Answers

5 answers

  • Selamat pagi Ibu

    1. Darah haid yang bergumpal seringkali terjadi ketika darah haid yang keluar cukup banyak dan dalam jumlah besar. Secara otomatis, tubuh akan menghasilkan anti-pembekuan darah ketika Anda sedang mengalami menstruasi agar darah menstruasi tidak menggumpal. Namun, jika aliran darah cukup banyak maka anti-pembekuan darah dalam tubuh tidak sempat bekerja sehingga darah menstruasi akan keluar dalam bentuk gumpalan-gumpalan kecil dan sedang. Selama, lama haid/perdarahan normal, siklusnya teratur dan tidak disertai keluhan-keluhan lain maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan.

    2. Setelah tiga bulan keguguran, anda sudah boleh untuk program hamil kembali.

    3. Sebaiknya periksakan kehamilan anda secara teratur ke dokter dan hindari stress dan aktivitas berlebihan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Iya alhamdulillah keluhan haid wajar seperti biasanya. Namun belakangan ini saya sering mengalami nyeri pada bgian kepala belakang, badan linu dan sesekali kedinginan. Kira2 saya kenapa ya dok? Oya, sudah 8 hari saya mengkonsumi folavicap, resep dr spog.

  • Selamat siang,

    Banyak kemungkinan yang menyebabkan keluhan linu, nyeri kepala, serta kedinginan. Apakah ada keluhan lain seperti meriang atau demam? Bila memang ada, keluhan tersebut bisa saja mengarah pada terjadinya infeksi virus. Demam yang disebabkan oleh infeksi virus (viral infection) misalnya saat menderita penyakit flu, seringkali disertai dengan gejala-gejala seperti nyeri kepala (sefalgia). Gejala infeksi virus ini juga seringkali disertai dengan nyeri otot (mialgia) dan nyeri sendi (artralgia),

    Faktor risiko utama terjadinya infeksi virus adalah penurunan daya tahan tubuh, yang kemungkinan berkaitan dengan kelelahan tubuh, dll. Untuk mengatasi infeksi virus, hal yang utama harus Anda lakukan adalah meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara :
    - Istirahat yang cukup. Dalam sehari, biasakan tidur selama 7-8 jam per hari
    - Mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, dan minum yang cukup.
    - Konsumsilah cairan dalam jumlah yang cukup,
    - hindari kondisi stres dan tekanan psikologis
    - Mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

    Periksakan diri anda ke dokter untu memastikan kembali kondisi anda.

    Semoga bermanfaat. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

    Salam.

  • Tidak ada keluhan demam. Maaf dok saya mau bertanya lg, mengapa darah haid saya jadi berbau anyir seperti nanah ya dok? Pendarahan normal, siklus teratur dan tidak keluhan lain.

  • Selamat Malam

    Menstruasi pada umumnya memang berbau, namun umumnya bau terasa seperti bau besi yang berkarat. Bila menstruasi berbau busuk, sebaiknya anda dapat memperhatikan keadaan ini, dikarenakan mungkin dapat disebabkan oleh beberapa infeksi seperti infeksi bakteri atau parasit. Pada keadaan yang disebabkan bakteri misalnya vaginosis bakterialis umumnya dapat tidak timbul gejala sama sekali, atau dapat timbul gejala berupa:
    - adanya keputihan
    - bau amis
    - dapat timbul gatal pada daerah kewanitaan
    - dapat timbul luka pada daerah kewanitaan

    Bila anda merasa gejala mengarah ke keadaan yang demikian sebaiknya Saudari dapat berkonsultasi ke dokter terkait guna dilakukan beberapa pemeriksaan untuk memastikan keadaan yang dialami.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Keguguran ?
Ask Doctor
Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya