Profile
Kesehatan Wanita

Keguguran tanpa kuret

Keguguran tanpa kuret
Medan

Halo dokter,saya mengalami keguguran di usia kehamilan 10 minggu tanpa menjalani kuret saya hanya minum air kelapa sampai pendarahan berhenti. Setelah empat minggu pendarahan sudah berhenti tapi saya merasakan nyeri pada panggul dan perut bagian bawah. Ketika saya tes urine hasilnya menunjukkan negatif.apakah rahim saya sudah bersih? Dan selang beberapa hari flek coklat ada pada celana dalam saya apakah itu berbahaya atau pertanda akan mengalami menstruasi normal setelah keguguran

Answers

2 answers

  • Selamat malam

    Kuretase merupakan suatu prosedur medis yang bertujuan baik untuk menegakkan diagnosa, maupun untuk terapi, dengan cara menggunakan sendok kuret dan mengangkat jaringan di rahim. Sering dilakukan untuk membersihkan rahim, sama seperti yang sedang Anda alami. Jika sisa konsepsi masih ada dalam rahim, tentunya itu akan dianggap sebagai benda asing di tubuh, sehingga nantinya akan terjadi pendarahan yang merupakan usaha tubuh untuk mengeluarkan sisa/benda yang dianggap asing tersebut. Walaupun perdarahan sudah berhenti, masih sangat memungkinkan kalau hal tersebut akan berulang.

    sebaiknya pastikan ke dokter kandungan apakah terdapat sisa hasil konsepsi atau tidak melalui pemeriksaan usg.

    Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga bermanfaat.

  • Selamat pagi,

    Kuret adalah sebuah prosedur medis yang paling sering dilakukan untuk membantu membersihkan rahim dari jaringan janin yang sudah meninggal. Biasanya kuret tidak perlu dilakukan jika usia kehamilan kurang dari 7 minggu. Tapi kuret tetap harus dilakukan jika ternyata masih ada jaringan janin (hasil konsepsi) yang tertinggal di dalam rahim.

    Jika sisa konsepsi masih ada dalam rahim, tentunya itu akan dianggap sebagai benda asing di tubuh, sehingga nantinya akan terjadi pendarahan yang merupakan usaha tubuh untuk mengeluarkan sisa/benda yang dianggap asing tersebut. Walaupun perdarahan sudah berhenti, masih sangat memungkinkan kalau hal tersebut akan berulang, bila sisa konsepsi masih ada. Adanya jaringan yang tidak bersih pada rahim juga bisa memungkinkan terjadinya kista.

    Sebaiknya melakukan pemeriksaan kedokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga membantu.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat