Profile
Hamil

Keluar Darah saat hamil muda pertanda apa?

Keluar Darah saat hamil muda pertanda apa?

Assalamu'alaikum dok. Dok, saya hamil 12 week 4 day. Habis berhubungan badan keluar darah segar kenapa ya dok?. Apa ada efeknya buat janin saya? Sebelumnya sering hb sama suami gak ada keluhan apa2 dok. Mohon penjelasannya dok Terima kasih sebelumnya.

Answers

1 answers

  • Selamat malam.

    Keluar flek (disebut juga spotting) adalah perdarahan ringan yang bisa terjadi kapan saja pada saat hamil, terutama pada trimester pertama. Sekitar 20% wanita hamil mengalami spotting pada trimester pertama. Hal ini bisa jadi merupakan bagian alami dari kehamilan, namun perlu dipastikan dahulu bahwa tidak terjadi komplikasi.

    Jika anda mengalami bercak darah atau flek, maka tentunya tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan kepada dokter spesialis kandungan untuk mengetahui penyebab pasti dari keluarnya bercak/flek tersebut.

    Beberapa anjuran untuk anda:
    - Berbaring dan minimalisir waktu berdiri dan berjalan. Jika perlu, minta izin tidak masuk bagi ibu hamil yang masih bekerja.
    - Hindari berhubungan seks saat hamilselama perdarahan berlangsung.
    - Jangan pernah menggunakan pembe rsih vagina.
    - Hindari penggunaan tampon. Disarankan untuk memilih pembalut biasa. Manfaatkan pembalut untuk memudahkan menghitung seberapa banyak perdarahan yang terjadi.
    - Perhatikan warna dari darah yang keluar, misalnya merah muda, merah kecokelatan, merah terang, dan lain-lain.
    - Waspadai perdarahan jika keluar semakin deras menyerupai haid, tampak merah menyala, ataupun diiringi kram perut. Selain itu, perlu juga dicermati perdarahan yang terjadi secara terus menerus selama hamil muda.

    Perdarahan saat hamil muda bisa juga disebabkan oleh hal yang lebih berisiko seperti keguguran, hamil anggur, atau kehamilan ektopik. Untuk mengetahui penyebab perdarahan, kemungkinan dokter akan melakukan pemeriksaan ultrasound di perut ataupun transvaginal.

    Sebagai informasi untuk anda, dapat anda buka link berikut ini : http://meetdoctor.com/article/flek-saat-kehamilan-berbahayakah

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya Sperma atau air mani adalah sel reproduksi pada pria yang diproduksi oleh testis.Lalu bagaimana cara memperbanyak sperma yang benar menurut dokter. 6 Cara Memperbanyak Sperma