Profile
Hamil

keluar darah setelah berhubungan intim pasca haid

keluar darah setelah berhubungan intim pasca haid

dok saya seorang wanita berusia 21 thn, saya baru menikah 8 bulan lalu. saya mau bertanya, setelah haid saya melakukan hubungan intim dengan suami saya, kemudian kira-kira 4/5 hari setelah itu keluar darah dari bagian intim saya dok warna nya merah segar gitu dalam jumlah lumayan. tapi saya tidak merasakan sakit apa-apa. dan besok nya darah itu masih keluar dok. kira kira itu kenapa yah dok. saya lumayan khawatir dok. terimakasih

Answers

13 answers

  • Selamat Sore

    Terima kasih atas pertanyaannya

    Perdarahan yang terjadi harus Anda perhatikan dari mana sumbernya. Perdarahan bisa saja dari vagina, saluran kencing, anus atau kulit sekitarnya.

    Perdarahan diluar masa haid disebut juga spotting. Spotting ini bisa disebabkan:
    - kelelahan, banyak pikiran, bergadang, dll
    - tanda kehamilan berupa proses implantasi janin

    Atau bisa disebabkan karena adanya penyakit yang mendasarinya seperti:
    - ketidakseimbangan hormon
    -Efek penggunaan kontrasepsi (suntik maupun IUD)
    -kehamilan yang terganggu
    -menjelang menopause
    -infeksi organ reproduksi, baik indung telur, rahim (endometriosis), serviks atau vagina
    -adanya polip atau mioma rahim atau serviks
    -kanker organ reproduksi, baik indung telur, rahim, atau serviks.
    -masalah pembekuan darah
    dan lainnya

    Saya sarankan untuk melakukan pemeriksaan testpack 1 minggu paska berhubungan untuk melihat Anda hamik atau tidak

    Terima kasih telah menggunakan jasa Meetdoctor

  • keluarnya dari vagina dok, seperti hal nya biasa haid dok. namun bau darahnya tidak menyengat seperti darah haid dok.

  • Selamat Sore

    Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan testpack terlebih dahulu. Apabila didapatkan hasilnya positif maka kemungkinan perdarahan yang terjadi adalah karena implantasi embrio pada dinding rahim. Namun apabila hasilnya negatif maka sebaiknya dilakukan observasi hingga Anda memasuki siklus menstruasi Anda.

    Terima kasih

  • baik terimakasih dok atas jawabannya

  • Dok saya mau bertanya, saat berhubungan intim saya mengeluarkan sedikit darah dan perut saya terasa sangat sakit dan keram dn 2hari setelah berhubungan masih terasa sakit untuk berjalan juga sakit apakah ini berbahaya dok? Dan apa solusinya terima kasih

  • Selamat siang..

    Ada beberapa penyebab timbulnya darah setelah berhubungan seksual, pada umumnya disebabkan oleh dua hal, masalah pada serviks (leher rahim) dan perdarahan pada lapisan dalam rahim (endometrium). Juga bisa terjadi karena adanya erosi di vagina dikarenakan baru pertama kali berhubungan atau berhubungan seksual belum terlalu sering sehingga vagina masih sempit, akibatnya penetrasi (penis masuk ke vagina), terutama bila wanita masih belum penuh terangsang dapat menyebabkan gesekan yang mengakibatkan luka atau lecet.

    Beberapa penyebab lain dari perdarahan pasca berhubungan seksual adalah :
    - Peradangan pada serviks (leher rahim) dimana hubungan seksual dapat menyebabkan
    perdarahan. Kondisi ini disebut dengan erosi serviks, umum terjadi pada wanita muda, wanita
    hamil, dan mereka yang memakai kontrasepsi pil
    - Polip serviks atau polip rahim. Umumnya polip ini jinak
    - Infeksi oleh klamidia, gonorea, trikomonas, dan jamur (Infeksi Menular Seksual) Vaginitis atropi
    yang umum terjadi karena kekurangan hormon estrogen, terutama pada wanita post
    menopause. Kurangnya lendir pada vagina menyebabkan hubungan seksual menjadi nyeri dan
    dapat terjadi perdarahan
    - Kanker leher rahim
    - Displasia serviks. Perubahan pre-kanker pada kanker leher rahim. Risiko meningkat dengan
    riwayat infeksi seksual sebelumnya, berhubungan seksual sebelum usia 18 tahun, melahirkan
    anak sebelum usia 16 tahun
    - Mioma rahim yaitu tumor jinak yang berasal dari dinding otot rahim

    Untuk memastikan kesehatan organ reproduksi anda, saya sarankan sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter kandungan.

    Terima kasih

  • adsdsdsdsd

  • Dok sya Alice saya sudah nikah umur saya 21 tahun, dok saya mau tanya, kenapa yah setelah saya berhubungan sex dengan suami saya stlah 2 minggu sya dapat haid dan stlah haid berlanjut 2 hri saya terkejut dengan keluar nyah daging yg ngegumpal menyerupai darah itu prtanda apa dok tapi saya masih haid sampai skrang

  • dr. Rizka Amelia dr. Rizka Amelia Dokter Umum

    Selamat malam,

    Darah menstruasi yang menggumpal biasa dialami para perempuan. Biasanya gumpalan darah keluar bersamaan dengan hari-hari di mana darah banyak keluar. Beberapa perempuan mungkin akan mendapati gumpalan darah berwarna merah terang atau merah pekat. Adanya beberapa gumpalan darah dapat menjadikan darah haid Anda seperti lebih pekat dan kental dari biasanya.

    Sejatinya, gumpalan darah bisa dicegah dengan adanya antikoagulan yang dilepaskan tubuh secara alami. Namun, pada hari dimana darah haid keluar banyak dan cepat, antikoagulan belum sempat menyelesaikan tugasnya.

    Jika gumpalan darah haid terlihat berlebihan dan keluar lebih dari seperempat jumlah darah menstruasi Anda, maka segera periksakan diri ke dengan dokter untuk mengetahui akar masalahnya.

    Sekian semoga membantu. Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

  • Dok sya rindu 25 th mau nanya saya terakhir mens tgl 9 terus tgl13 15 17 ngelakuin HB pas tgl 18 pgi keluar bercak coklat agak merah terus berasa keram di perut sedikit. Bercak ny keluar pas pagi sja tidak berlanjut.sya baru lepas kb tgl 11 dan abis di kuret 6 bulan yg lalu.

  • Selamat malam

    Setelah berhenti menggunakan KB suntik atau pil KB, terdapat masa beberapa minggu di mana tubuh masih menyesuaikan kondisi perubahan hormonal yang terjadi, sehingga masih seorang wanita mengalami gangguan pada siklus menstruasinya, perdarahan sedikit-sedikit atau flek dari vagina. Namun bila gangguan ini masih terus terjadi setelah beberapa bulan berhenti memakai kontrasepsi hormonal, maka perlu dipertimbangkan perdarahan dari sumber lainnya. Beberapa hal lain yang dapat menyebabkan perdarahan dari vagina antara lain:

    Kembalinya siklus menstruasi
    Kehamilan
    Ovulasi
    Infeksi pada organ reproduksi
    Radang pada organ reproduksi
    Fibroid atau miom
    Stress emosional berat
    Olah raga berlebihan
    Benda asing dalam vagina
    Keganasan atau kanker
    dan lain-lain

    Bila perdarahan yang anda alami terjadi terus menerus, darah yang keluar sangat banyak, terdapat nyeri perut berat, atau nyeri saat berhubungan seksual, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter kandungan. Dokter kandungan akan menanyakan lebih jauh mengenai gejala yang anda rasakan serta melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan misalnya ultrasonografi atau pemeriksaan darah. Terapi yang diberikan akan menyesuaikan dengan penyebabnya.

    Sementara itu beberapa hal yang dapat anda lakukan:

    Kurangi stress
    Makan makanan bergizi secara teratur
    Minum cukup
    Olah raga dalam jumlah cukup
    Bila masih ingin menunda kehamilan, pertimbangkan penggunaan metode kontrasepsi lainnya yang tidak melibatkan hormon seperti kondom

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor

  • Dok, saya seorang wanita berusia 27 tahun, usia pernikahan saya sdh 6 bln..terakhir saya haid tgl 13 november..dan tgl 29 november saya keluar flek kecoklatan tapi hanya keluar setiap sore..sampai hari ini flek tsb muncul setiap sore..kenapa ya dok kira2?

  • dr. Gustiva Sari dr. Gustiva Sari Dokter Umum

    Selamat malam

    Siklus menstruasi normal adalah 21-35 hari, atau rata-rata 28 hari, dihitung dari hari pertama menstruasi bulan lalu sampai hari pertama menstruasi bulan berikutnya. Jadi setiap bulannya menstruasi tidak harus pada tanggal yang sama, jika siklus menstruasi masih berada direntang 21-35 hari berarti masih normal. Gangguan siklus menstruasi dapat berupa panjangnya siklus menstruasi, adanya perdarahan di luar siklus menstruasi dan lainnya. Gangguan siklus menstruasi dapat disebabkan oleh
    - faktor hormonal seperti berat badan berlebih; penggunaan kb hormonal seperti pil, suntik, implant; sindrom PCOS
    -faktor non hormonal seperti stress psikis dan fisik

    Keluhan keluarnya flek dari kemaluan yang anda alami dapat disebabkan karena gangguan hormonal. Tetap terapkan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang (karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral); jaga berat badan tetap ideal; konsumsi air putih 2L perhari; istirahat 6-8 jam sehari; olahraga 2-3 kali seminggu dengan durasi 30-60 menit setiap kalinya; hindari konsumsi alkohol dan merokok; manajemen stress yang baik.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor
    Semoga bermanfaat

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
osteoporosis rentan terjadi pada perempuan yang kekurangan kalsium Osteoporosis dan Kesehatan Tulang Jika Anda sulit mempunyai keturunan, kemungkinan tujuh faktor ini penyebabnya Deteksi 7 Penyebab Sulit Hamil