Profile
Luka Bakar

Kemaluan luka

Kemaluan luka
Yogyakarta

Dok saya ingin bertanya kenapa di kemaluan bagian kepala penis saya luka ya padahal saya belum pernah berhubungan sex dok. Dan bagaimana cara mengatasinya dok? Terimakasih dok

Answers

1 answers

  • selamat pagi

    Luka pada penis kemungkinan dapat disebabkan oleh:

    Iritasi / alergi misalnya terhadap paparan sabun, bahan celana dalam, dll. Merupakan luka iritasi yang terjadi pada penis akibat penggunaan kondom atau sabun. Keluhan biasanya kulit penis berwarna merah.
    Herpes genital merupakan penyakit menular seksual oleh herpes simpleks virus yang timbul dengan benjolan yang berisi air di area kelamin yang dapat pecah dengan keluhan nyeri, panas dan gatal.
    Ulkus molle merupakan infeksi bakteri H. ducreyi yang ditularkan melalui hubungan seksual dimana menyebabkan timbul luka yang kotor dan nyeri.
    Sifilis merupakan PMS yang menimbulkan luka seperti gigitan serangga pada kelamin dan biasanya hanya berjumlah satu buah, ulkus bersih dan tidak disertai nyeri. Luka biasanya dapat sembuh sendiri dalam waktu 3 – 6 minggu namun infeksi berlanjut ke stadium berikutnya.
    Skabies / kudis, infeksi yang diakibatkan oleh Sarcoptes scabiei dengan keluhan gatal di malam hari. Keluhan ini dapat pula muncul di tangan, kaki, pantat dan lain sebagainya. Biasanya menyerang satu kelompok.
    Kutu rambut kemaluan

    Penyakit sifilis adalah salah satu penyakit menular seksual (PMS) dimana penyebabnya adalah infeksi bakteri Treponema pallidum. Perjalanan penyakit sifilis yang terbagi menjadi beberapa tahapan berikut ini :

    1. Sifilis primer - ditandai dengan munculnya luka tunggal di area kelamin seperti sariawan (ulkus durum), umumnya luka tersebut tidak disertai nyeri dan akan menyembuh dengan sendirinya setelah 3-90 hari (rata – rata 3 minggu) sehingga sering tidak disadari pasien. Selain itu, biasanya juga dapat disertai pembengkakan kelenjar getah bening pada sela paha
    2. Sifilis sekunder - ditandai munculnya ruam seukuran koin di berbagai area tubuh, terutama di telapak tangan dan telapak kaki, selain itu juga bisa muncul kutil di kelamin, berlangsung selama 1-3 bulan
    3. Sifilis laten - tidak bergejala sama sekali, seolah-olah menyembuh padahal berlanjut ke tahapan selanjutnya
    4. Sifilis tersier - tahapan akhir dari infeksi sifilis, ditandai dengan penyebaran infeksi ke sistem saraf pusat, mengakibatkan gejala kelumpuhan, kebutaan, hilang ingatan,gangguan pendengaran, hingga kematian
    Faktor risiko dari penyakit ini adalah

    Suka berhubungan badan dengan berganti pasangan, karena dapat menyebarkan infeksi biar terjadi pertemuan antara mukosa alat kelamin terutama bila terkena darah
    Pemakai narkoba terutama suntikan
    Pekerja di bidang medis
    Pekerja seks komersial,
    Cara penyebaran dari sifilis yaitu :

    Penularan melalui hubungan seksual atau seks oral, terutama berhubungan seks melalui anus (anal sex)
    Penularan terkena darah seseorang yang menderita
    Pemakaian alat bantu seks secara bersamaan atau bergantian
    Melalui transfuse darah dari orang yang terinfeksi
    Memakai jarum, suntikan atau perlengkapan suntikan secara bergantian
    Penularan dari ibu kepada bayu melalui proses melahirkan dan ASI


    Berdasarkan hal tersebut, sifilis tidak selalu terjadi akibat infeksi seksual namun dapat diakibatkan oleh penyebab lainnya. Semakin cepat dideteksi dan diobati, maka semakin besar kemungkinan infeksi tertangani. Hingga saat ini, pengobatan utama untuk infeksi sifilis adalah suntikan antibiotik. Umumnya satu suntikan bisa menghentikan perkembangan penyakit jika infeksi baru berlangsung kurang dari satu tahun (sifilis primer dan sekunder). Akan tetapi, untuk infeksi yang telah berlangsung lebih dari satu tahun (sifilis laten lanjut dan sifilis tersier) diperlukan penambahan dosis, sekitar 3 kali suntikan dengan interval antarsuntikan 1 minggu.

    Untuk dapat memastikan apakah keluhan yang Anda rasakan apakah memang sifilis atau bukan, saya sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter atau ke rumah sakit terdekat. Dokter akan menanyakan berbagai hal yang berkaitan dengan keluhan Anda, melakukan pemeriksaan fisik pada Anda dan dapat dilakukan pemeriksaan penunjang baik pemeriksaan darah, titer sifilis yaitu VDRL dan TPHA dan sebagainya.

    Pengobatan utama dari penyakit sifilis adalah dengan injeksi antibiotik penisilin G. Anda tidak perlu panik tetap harus tenang. Anda tetap harus menjaga pola hidup Anda dengan :

    1. Setia pada pasangan Anda
    2. Menghindari seks sebelum menikah
    3. Perbaiki pola makan Anda dengan makan secara teratur 3x per hari sesuai dengan kebutuhan kalori Anda.
    4. Makan – makanan yang bergizi dan kaya serat.
    5. Mulai membiasakan banyak minum air putih minimal 2 L/hari
    6. Istirahat yang cukup
    7. Olahraga teratur
    8. Minum obat – obatan yang diberikan secara teratur dan ikuti instruksi dokter yang merawat Anda
    9. Obatin juga pasangan Anda

    sekian semoga bermanfaat

Anda punya pertanyaan seputar Luka Bakar ?
Ask Doctor
Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya