Profile
Kecantikan & Perawatan Kulit

Kenapa Kulit Jari Tangan Pecah-pecah ?

 Kenapa Kulit Jari Tangan Pecah-pecah ?
Depok, Indonesia

Salam kenal MeetDoctor :) Saya mau tanya dok, kulit tangan kanan saya pecah-pecah sudah lama sekitar 1 tahun yang lalu (jari2 tangan). Pernah kedokter dan dikasih obat, sembuh hanya sebentar dan kambuh lagi sampai sekarang. Kira2 penyebabnya apa dan bagaimana cara menyembuhkannya ? Terima kasih,

Answers

6 answers

  • Selamat sore.
    Kulit jari tangan pecah-pecah dapat disebabkan oleh alergi atau iritasi terhadap suatu zat tertentu, jika disertai rasa gatal dan riwayat kontak dengan zat keras seperti deterjen. Sebaiknya Anda berobat ke dokter langsung agar dapat dilihat, kelainan kulit sulit dinilai melalui wawancara tertulis.

  • Rasa gatal tidak ada dok, cuma kulit jadi kering dan pecah2 (hanya sebelah kanan tangan).
    Untuk kontak dengan zat keras, apa berhubungan dengan cairan pembersih motor juga ya? Karena saya sering melap motor dengan tangan kanan.

    Terima kasih dr. Tiffany Christina :)

  • Bisa jadi, sebaiknya lain kali kamu menggunakan sarung tangan.

  • Selamat siang,

    Kulit tangan yang sangat kering, kasar, serta pecah-pecah dapat erjadi karena kulit kehilangan kelembapannya. Misalnya karena Anda terlalu sering mencuci tangan.Pekerjaan juga bisa menjadi penyebabnya jika selama ini pekerjaan membuat tangan Anda terekspos kepada bahan-bahan kimia yang menyebabkan kulit kering dan bersisik.

    Kulit tangan yang kering, keriput, dan pecah-pecah dapat disebabkan oleh beberapa sebab, di antaranya:
    - Kontak dengan bahan kimia kuat (misalnya bahan kimia industri, obat pengeriting rambut, dll)
    - Kontak dengan bahan kimia lemah namun terpajan dalam jangka waktu yang lama atau frekuensi yang sering (sabun pencuci piring, deterjen, obat pembersih lantai, sabun cuci tangan, dll)
    - Terlalu sering kontak dengan air

    Untuk menghindari hal tersebut, hal yang dapat dilakukan sebagai berikut:
    1. Menggunakan alat pelindung diri ketika bekerja (sesuai dengan bahan yang dianjurkan) atau menggunakan sarung tangan karet untuk melakukan pekerjaan rumah tangga.
    2. Alat pelindung diri dibersihkan setelah digunakan, kemudian dikeringkan.
    3. Cuci tangan setelah kontak dengan bahan kimia menggunakan air hingga bersih dan sabun. Anda juga bisa menambahkan minyak alami seperti minyak avokad atau almond untuk mengatasi kulit kering dan pecah-pecah.
    4. Keringkan tangan dengan baik setelah kontak dengan air.
    5. Gunakan pelembab sesering mungkin.

    Penggunaan pelembab sangat dianjurkan untuk mengembalikan kelembaban kulit. Selalu gunakan pelembap tiap setelah mandi, saat akan beraktivitas keluar rumah, setelah mencuci tangan, dan sebelum tidur. Gunakanlah pelembab yang banyak mengandung petroleum jelly terutama saat malam hari.

    Bila keluhan belum setelah perawatan yang telah disebutkan, sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapat pengobatan lebih lanjut.

    Jika kulit tangan sudah pecah-pecah dan terasa perih atau sakit, segera berobat ke dokter untuk mendapat pengobatan yang sesuai. Mungkin Anda memerlukan pengobatan lebih lanjut jika terdapat luka yang terinfeksi atau keadaan lain yang memerlukan obat tertentu.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

  • Begini dokter, kulit telapak tangan saya sering kering, gatal, bersisik dan juga berdarah kalau menurut saya awal mulanya karena saya keseringan mencuci tangan, apalagi saya kebanyakan cuci tangannya itu pakai air hujan dan sesekali membuat kulit saya gatal.
    Terus setiap kali saya mengangkat benda berat kulit kering saya itu suka berdarah, mungkin karena kulitnya keringvdan tidak elastis lagi jadinya sobek dan luka.
    Sebenarnya masih banyak lagi keluhannya, tetapi itu beberapa keluhan saya soal penyakit saya.
    Pertanyaan saya, obat apakah yang harus saya pakai supaya cepat sembuh dan selain harganya murah, obat tersebut juga tersedia di apotik?

  • Selamat sore..
    Kulit pada jari tangan yang bersisik dan gatal dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Ada beberapa yang cukup sering menimbulkan masalah ini seperti:
    Tinea manus atau kurap, merupakan infeksi jamur
    Dermatitis kontak iritan, dapat terjadi akibat kontak dengan bahan yang dapat mengiritasi seperti sabun cuci atau bahan lainnya yang tergolong keras
    Dll

    Masalah kulit adalah penyakit yang cukup sulit didiagnosa jika tidak diperiksa secara langsung oleh dokter. Ada baiknya Anda memeriksakan diri secara langsung dengan dokter spesialis kulit. Jika dirasa perlu, dokter dapat melakukan pemeriksaan lanjutan seperti pengambilan sample kulit.

    Penanganan akan dilakukan berdasarkan penyebab yang mendasari. Untuk dermatitis kontak iritan memerlukan obat minum atau oles kortikosteroid, akan tetapi jika Anda mengalami masalah pada jamur, pengobatan ini akan menyebabkan masalah yang lebih berat kepada infeksi jamur. Sementara ini gunakan sarung tangan saat bersentuhan dengan bahan kimia yang keras.

    Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di:
    https://meetdoctor.com/mobile/article/cara-mengatasi-kulit-kering
    Terimakasih telah menggunakan layanan meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda

Anda punya pertanyaan seputar Kecantikan & Perawatan Kulit ?
Ask Doctor
Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya