Profile
Pengobatan Alternatif

Kencing yang terus menerus

Kencing yang terus menerus

Selamat pagi dokter,mohon ma'af sebelelumnya,saya ingin bertanya apa penyebab kencing yang terus menerus tak tertahankan bahkan setiap harinya saya bisa habis pembalut celana 5 pasang untuk mmenampungny.Dan bagaimana cara mengobatinya dok? Saya sangat membutuhkan saran dari dokter,saya haraf dokter mau menjawab pertanyaan saya.Terima kasih dok.

Answers

1 answers

  • Selamat pagi

    Bila sering kencing itu wajar kalau banyak minum. Produksi kencing yang normal 0,5-1cc/kg/jam. Bila jumlah kencing yang anda keluarkan sudah sesuai jumlahnya maka tidak perlu khawatir.

    Namun, apabila gejala sering buang air kecil, nyeri di perut bagian bawah (di atas tulang kemaluan), kadang demam, terasa nyeri atau panas saat buang air kecil, terasa anyang-anyangan saat kencing bisa itu merupakan suatu gejala lower urinary tract symptoms (luts) yang bisa disebabkan oleh infeksi saluran kencing (isk). Apabila gejalanya masih terlokalisir di sekitar area itu saja maka isk bawah (sistitis atau uretritis). Tetapi apabila sudah sampai terasa nyeri pada pinggang kanan kiri, kemudian ada nyeri ketok di pinggang, disertai demam bisa jadi isk sudah menyebar menjadi isk atas bisa mengenai ginjal (pyelonefritis), atau saluran kencing ureter (ureteritis).

    Gejala-gejala tersebut mungkin bisa muncul akibat infeksi saluran kencing murni saja (misal akibat adanya masalah higiene atau kebersihan area organ intim). Akan tetapi, pencetus terjadinya infeksi saluran kencing, bisa juga disebabkan apabila ada batu di saluran kencing (dari ginjal, ureter, kandung kencing, hingga uretra), namun biasanya bisa disertai gejala ISK di mana ada nyeri pinggang dari ringan hingga berat, kencing berpasir atau bisa kencing keluar batu, dll. Jika disertai dengan kencing darah maka bisa bermasalah di ginjal misal glomerulonefritis, dll.

    Gejala sering buang air kecil (poliuri) juga dapat mengindikasikan adanya suatu kondisi medis lain misalnya diabetes melitus, yang disertai pula gejala banyak makan namun tetap lemas atau tidak bertenaga (polifagi), banyak minum namun sering haus (polidipsi), kadang ada penurunan berat badan juga.

    Saran saya sebaiknya anda konsultasikan ke dokter mengenai gejala ini. Bisa dilakukan pemeriksaan penunjang misal cek urine lengkap, darah lengkap dan pemeriksaan gula darah. Selain itu anda harus banyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari. Anda juga harus menjaga kebersihan daerah kelamin. Jadi sebaiknya periksakan diri anda ke dokter agar diobati sesuai dengan penyebabnya.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Pengobatan Alternatif ?
Ask Doctor
Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan