Profile
Menstruasi

Keputihan

Keputihan

Selamat sore dokter, saya seringbkeputihan alhir akhir ini dok, padahal saya sering membersihkan dengan sabun sirih dok, bagaimana itu dok?

Answers

2 answers

  • Hallo selamat sore..

    Keputihan dapat bersifat normal dan abnormal. Keputihan yang normal terjadi pada masa subur dan menjelang haid karena perubahan kadar hormon sehingga tidak perlu diobati. Keputihan dapat juga disebabkan oleh aktivitas fisik berat dan stress. Keputihan normal memiliki ciri-ciri cairan berwarna putih jernih, konsistensi seperti lendir, tidak berbau, tidak gatal.

    Keputihan abnormal dapat disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, atau parasit. Cairan vagina mengalami perubahan warna dan konsistensi serta berbau dan gatal.

    Jika kemudian terdapat tanda tanda keputihan abnormal seperti di atas, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan atau kulit dan kelamin untuk mengetahui lebih jelas penyebab keputihan.

    Memakai sabun sirih tidak dianjurkan karena malah membunuh flora normal, cuci dengan air bersih mengalir saja sudah cukup.

    Demikian jawabannya semoga dapat membantu..
    Terimakasih telah berpartisipasi di layanan konsultasi meetdoctor.

  • Selamat siang,

    Keputihan terbagi dua yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan yang tidak normal atau yang harus diwaspadai (patologis).

    Keputihan normal bisa diukur dari cairan vagina yang memiliki fungsi untuk membersihkan sistem reproduksi wanita. Kondisi ini terjadi pada saat wanita memasuki masa subur, sebelum dan sesudah menstruasi. Keputihan yang normal berwarna bening, tidak berbau dan tidak gatal.

    Jika keputihan yang Anda alami berbau, berwarna atau menimbulkan gatal kemungkinan besar hal ini merupakan keputihan yang tidak normal.

    Bila Anda mengalami keputihan yang tidak normal, sebaiknya Anda memeriksakan diri kedokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat yakni sesuai penyebab keputihan Anda. Dokter akan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisis dan penunjang bila diperlukan. Selain itu jagalah hygenitas organ intim Anda, hindari memakai celana yang ketat dan tidak menyerap keringat. Bahan katun adalah pilihan yang baik.

    Berikut link informasi terkait :
    http://meetdoctor.com/mobile/article/hindari-penyebab-keputihan

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan