Profile
Keringat Berlebih (Hyperhidrosis)

keringat berlebih

keringat berlebih
Bandung

Salam dok.. Dok saya mau nanya,sejak saya umur 5 tahun telapak tangan saya selalu berkeringat setiap saya sedang panik/grogi/dll,dulu ga terlalu mengganggu karna memang keringatnya tidak trlalu sering dan banyak. Awalnya saya fikir ini hanya hal wajar. Sekarang umur saya sudah 17 thn,tapi keringat di telapak tangan saya semakin banyak,bahkan bukan hanya di telapak tangan saja,tapi sekarang sampai telapak kaki,badan,ketiak,kepala,hampir seluruh tubuh saya berkeringat berlebihan saat saya degdegan/grogi/dll. Ini sangat menganggu karna keringatnya banyak sekali dok,terutama di telapak tangan dan kaki. Kertas ulangan sampai sobek,saya berdiri tanpa alas sampai becek,padahal badan saya merasa sejuk. Dan anehnya sekarang semakin menjadi jadi,saya tidak sedang grogi/degdegan/takut/dll,tapi keringat telapak tangan dan kaki selalu bercucuran tanpa sebab. Apakah ini bahaya dok? Atau saya harus oprasi potong saraf seperti yang di katakan artikel yg pernah saya baca? Terimakasih dok..

Answers

3 answers

  • dr. Dian Azizah dr. Dian Azizah Dokter Umum

    Selamat malam,
    Keringat berlebih pada telapak tangan dan kaki disebut dengan hiperhidrosis. Kondisi ini disebabkan karena banyak faktor seperti:
    - Gangguan sistem saraf dan kelenjar keringat
    - Hormonal, kehamilan, menyusui, menopause
    - Konsumsi alkohol berlebih
    - Stress dan masalah psikologis lainnya
    - Penyakit medis tertentu: gangguan tiroid, stroke, artritis reumatoid, diabetes, parkinson, tuberkulosis, limfoma, leukemia, gagal jantung, HIV, endokarditis, malaria
    - Efek samping obat-obatan tertentu, dll

    Untuk mengetahui penyebabnya diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Apabila Anda merasa terganggu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter agar diperiksa lebih lanjut dan kemudian diberikan penanganan yang tepat sesuai kondisi Anda. Beberapa penanganan yang bisa diberikan yaitu suntik botox, obat-obatan, iontophoresis, operasi, dll.
    Untuk mengurangi keringat berlebih, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:
    - Pakai deodoran
    - Gunakan alas kaki yang terbuka
    Atau gunakan kaos kaki yang menyerap keringat jika pakai sepatu
    - Selalu bawa tisu atau sapu tangan untuk mengelap tangan saat berkeringat
    - Segera mandi apabila berkeringat berlebih
    - Kurangi aktivitas yang membuat berkeringat
    - Kelola stress dengan baik
    - Biasakan pola hidup sehat

    Terima kasih sudah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor, semoga jawaban ini dapat bermanfaat

  • Kalau saya ingin periksa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut,saya harus pergi ke dokter spesialis apa dok?

  • dr. Dian Azizah dr. Dian Azizah Dokter Umum

    Selamat malam,
    Jika Anda ingin memeriksa lebih lanjut silahkan Anda pergi ke dokter spesialis penyakit dalam supaya di wawancarai lebih mendalam, dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang bila diperlukan.

    Terima kasih sudah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor, semoga jawaban ini dapat memberikan manfaat

Anda punya pertanyaan seputar Keringat Berlebih (Hyperhidrosis) ?
Ask Doctor
Demam pada anak bisa diatasi dengan cara alami seperti mengompres dahi anak dengan air dingin. Cara Turunkan Demam pada Anak Tanpa Obat Demam pada anak bisa diatasi dengan cara alami seperti mengompres dahi anak dengan air dingin. Cara Turunkan Demam pada Anak Tanpa Obat