Profile
Kesehatan Wanita

Kesemutan yang berujung kejang

Kesemutan yang berujung kejang

Slmt pagi dok, dok saya ingin tanya awalnya tangan kiri saya kesemutan, lalu dibantu ibu saya direndam air hangat namun tidak ada efeknya dok, sampai badan saya terasa lemas, saya kejang kejang hampir seperti mau dicabut nyawanya dok, akhirnya sampai saya tidak sadarkan diri. Kira kira saya sakit apa ya dok? Apa berbahaya atau tidak, sebelumnya saya tidak pernah mengalami ini. Dan bagaimana pencegahan agar tidak kambuh lagi dok? Trimakasih dok

Answers

1 answers

  • Selamat pagi

    Tangan kesemutan bisa juga diakibatkan oleh kerusakan saraf. Penyebab kerusakan saraf pada tangan bisa terjadi karena infeksi, cedera, atau penggunaan tangan secara berlebihan. Misalnya jika seseorang dalam pekerjaannya secara teratur mengoperasikan mesin yang bergetar, maka tangannya akan mengalami kerusakan saraf dan mengakibatkan kesemutan. Keadaan ini biasa disebut dengan ‘sindrom getaran tangan dan lengan’.

    Kesemutan pada jangka panjang bisa juga disebabkan oleh penyakit yang menyebabkan kerusakan sistem saraf yang tidak hanya berada di tangan. Akibat rusaknya sistem saraf, maka pada area saraf tersebut bisa mengalami kesemutan. Penyakit yang memiliki potensi demikian adalah stroke, multiple sclerosis, dan tumor otak. Meski kondisi ini serius, namun kasusnya jarang terjadi dan biasanya gejalanya bukan hanya kesemutan semata.

    Sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter spesialis saraf untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga diketahui penyebab keluhan anda dan pengobatan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Oktober merupakan hari penyadaran kanker payudara internasional. Ada mitos dan fakta tentang kanker yang harus Anda ketahui. Mitos dan Fakta Kanker Payudara yang Perlu Anda Ketahui Kanker payudara merupakan penyakit yang menakutkan. Namun, ada harapan untuk pencegahan kanker ini. 7 Hal Baru Tentang Kanker Payudara yang Perlu Anda Tahu