Profile
Kolesterol

Kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi

Selamat sore dokter. Istri saya sedang hamil 7 bulan. Kolesterol beliau naik hingga 290. Penyebab nya apa ya dok ? Dan dampak serta solusinya dok?

Answers

1 answers

  • selamat malam

    Ibu hamil dapat mengalami peningkatan kadar kolesterol 25-50%, dan disertai dengan peningkatan HDL. Hal ini dikarenakan kolesterol dibutuhkan untuk pembentukan hormon estrogen dan progesteron, serta penting untuk pertumbuhan bayi dalam kandungan.

    Biasanya hiperkolesterolemia pada ibu hamil tidak diberikan pengobatan, kecuali jika ada resiko tinggi penyakit jantung dan pembuluh darah, misalnya jika disertai dengan hipertensi, riwayat penyakit jantung atau stroke sebelumnya, atau atas pertimbangan dokter. Jika peningkatan kolesterol ini murni karena kehamilan saja, biasanya kadar kolesterol akan turun kembali beberapa minggu setelah kelahiran.

    Meski begitu, kadar kolesterol yang terlalu tinggi juga tidak baik dan dapat menimbulkan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah, sehingga sebaiknya Anda menjaganya dengan makan makanan sehat gizi seimbang. Pilihlah makanan yang rendah kolesterol namun tetap memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil. Misalnya dengan memilah cara pengolahan makanan, lebih banyak makanan yang dikukus atau dipanggang daripada di goreng, dan lain sebagainya.

    Untuk penjelasan yang lebih rinci dan penanganan yang sesuai untuk Anda, Anda bisa menanyakannya pada dokter kandungan Anda. Dokter kandungan Anda akan memberikan saran yang tepat sesuai dengan hasil pemeriksaan. Tetaplah kontrol rutin kandungan Anda setiap bulan ke fasilitas kesehatan untuk memantau perkembangan janin dan kesehatan Anda.

    sekian semoga bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Kolesterol ?
Ask Doctor
Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya