Profile
Kehamilan Ektopik

Konsul soal kandungan

Konsul soal kandungan

Hallo dok,saya umur 24 thn dok saya nikah baru tgl 3 juli,saya pingin nunda kehamilan dok,karena msh ada tanggungan krjn.suami nyuruh saya kb mandiri dok,menurut dokter gemana?apakah kb suntik tidak menyebabkan kandungan kering?terimaakasih

Answers

3 answers

  • Selamat sore Ibu

    Berikut beberapa pilihan metode kontrasepsi yang bisa anda gunakan :
    - Melakukan kontrasepsi alamiah dengan memperkirakan masa subur dan berpuasa melakukan hubungan seksual dalam masa subur.
    - Kondom, merupakan kontrasepsi yang digunakan oleh suami Anda dan tidak perlu melakukan pemasangan dan pencopotan khusus dengan Dokter. Jadi lebih mudah mengatur kapan akan hamil dan kapan ingin menunda kehamilan. Pastikan suami Anda menggunakan kondom dengan benar, sesuai petunjuk yang tertera dalam kemasan.
    - Kontrasepsi dalam rahim atau biasa disebut KB spiral/IUD. Harus dipasang dan dicopot oleh Dokter. Jangka waktu aktif IUD adalah 1, 3 dan 5 tahun tergantung keinginan dan jenis IUD yang digunakan. Kehamilan dapat segera terjadi setelah pelepasan IUD.
    - Kontrasepsi hormonal yang mengandung hormon reproduksi dapat berupa jenis pil dan Kontrasepsi suntik setiap 1 atau 3 bulan. Membutuhkan waktu 3 sampai 6 bulan setelah tidak menggunakan kontrasepsi jenis ini, untuk mengembalikan siklus menstruasi yang normal dan terjadi kehamilan.

    Penggunaan Kontrasepsi jenis IUD tentu cocok bila Anda memang ingin menunda kehamilan lebih dari 1 tahun. Namun bila Anda ingin hamil sewaktu-waktu, atau kurang dari 1 tahun, sebaiknya pilih kontrasepsi alamiah dengan masa subur atau menggunakan kondom.

    Sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter mengenai metode kontrasepsi apa yang terbaik sesuai kebutuhan Anda.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Tapi dok saya sudah terlanjur melakukan suntik kb yg 3 bln sekali.tp apakah tidak menjadikan kandungan kering dok?

  • Selamat malam Ibu

    Suntik KB 3 bulan tidak akan menyebabkan rahim anda menjadi kering. Namun bila anda khawatir sebaiknya gunakan kontrasepsi alami atau kontrasepsi pil KB untuk menunda kehamilan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Kehamilan Ektopik ?
Ask Doctor
Kejang demam atau step biasa terjadi pada anak berusia 6 bulan sampai 5 tahun dengan kenaikan suhu di atas 38 derajat Penanganan Kejang Demam pada Anak yang Perlu Anda Ketahui Menjaga kecantikan kulit saat hamil berbeda dengan yang tidak. Ini caranya agar kulit Anda terjaga kecantikannya. Tips Menjaga Kecantikan Kulit Saat Hamil