Profile
Penyakit Jantung

Konsultasi untuk penderita asam lambung

Konsultasi untuk penderita asam lambung

Pagi Dokter. Saya Elfrida mau nanya. Kakak saya baru periksa dr RS trus ktnya dia sakit penyempitan pembuluh darah dan asam lambung. Menurut dokternya begitu krn berdasrkan keluhan kk saya. Sering kaku tiba2 dan lemas gk berdaya. Bagian sebelah kiri agak ke atas sakit klo ditekan. Benar gk dok kk saya sakit itu? Dan apa kira2 makanan yg perlu dihindari dan kegiatan apa yg perlu dijaga. Mksih sebelumnya ya Dok.

Answers

3 answers

  • Selamat pagi.

    Penyakit asam lambung/sakit maag dalam bahasa medis disebut dengan dyspepsia. Dyspepsia menyebabkan keluhan seperti nyeri ulu hati, mual, muntah, perut terasa penuh, sering bersendawa, perut terasa mules, BAB cair, sakit kepala, dan sebagainya.

    Untuk memastikan penyebab dari keluhan anda, sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa anjuran untuk anda, yaitu:
    - Jaga pola makan teratur.
    - Hindari langsung berbaring setelah makan, beri jarak minimal 3 jam agar asam lambung tidak naik ke atas.
    - Kurangi konsumsi makanan pedas, asam, bergas, dan sebagainya.
    - Hindari makan hingga kekenyangan.

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

  • Jadi untk yg penyempita pembuluh darah itubagaimana kira2 itudok. Trus kegiatan2 yg perlu dihindari gk ada kn dok. Soalnya kk saya pekerja cuci2 di rumah orang. Ada bebĂ©rapa rmh yg dia cuci

  • Selamat pagi

    Penyakit jantung koroner adalah kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah utama yang menyuplai darah ke jantung (pembuluh darah koroner) mengalami kerusakan. Kerusakan yang terjadi umumnya akibat adanya penumpukan kolestrol pada pembuluh darah jantung sehingga terjadi penyempitan yang akhirnya menyulitkan darah dalam menyalurkan oksigen ke daerah jantung. Gejala yang dapat timbul pada keadaan ini berupa:
    - nyeri dada yang timbul terutama ketika aktivitas berat, namun jika kondisi penyempitan sudah berat aktivitas ringan pun dapat menimbulkan nyeri dada
    - nyeri dada dapat terasa seperti terhimpit atau tertimpa sesuatu
    - dapat sesak nafas
    - mual
    - lelah
    - pusing
    - bahkan hingga penurunan kesadaran

    Pada kondisi penyakit jantung koroner ini umumnya pengobatan dapat diberikan secara obat-obatan maupun dengan tindakan operasi. Namun umumnya pengobatan digunakan untuk memperlebar pembuluh darah atau mencegah timbulnya sumbatan /penyempitan pada pembuluh darah jantung. Sedangkan pada kasus penyempitan yang sudah berat biasanya dokter akan menyarankan untuk dilakukan berbagai tindakan guna mengatasi masalah ini. Selain itu Saudara juga dapat melakukan pola hidup yang sehat agar perkembangan penyakit ini dapat diperlambat, seperti:
    - menerapkan pola makan yang sehat (tidak terlalu banyak kolestrol, bila ada diabetes tidak terlalu banyak makan yang manis)
    - berhenti merokok
    - berolahraga teratur
    - mengurangi konsumsi minuman keras

    Selain itu sebaiknya Saudara juga dapat berkonsultasi ke dokter terkait guna dilakukan pemeriksaan dan pemberian obat-obatan yang dapat membantu mengurangi risiko memburuknya keadaan ini.

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor

Anda punya pertanyaan seputar Penyakit Jantung ?
Ask Doctor
Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu