Profile
Kecantikan & Perawatan Kulit

kulit kering

kulit kering

Dok saya mau nanya, saya umur 16th. Dari kecil kulit tangan dan kaki saya itu pecah2. Yg kaki udh mulai mendingan. Tapi yg tangan sering bgt kalo habis beraktivitas gitu2 kulit tangan saya kering trs pecah2 akhirnya perih. Pecah2 ky sobek2 gt dok. Itu kenapa ya dok. Dr kecil ga sembuh2😂. Trimakasih

Answers

1 answers

  • Selamat malam

    Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kulit kering :

    1. Udara yang kering

    Kulit kering dapat disebabkan oleh karena menurunnya kelembaban udara terutama pada musim dingin. Pada negara yang mempunyai musim dingin.

    2. Sering mencuci tangan dan cairan pembersih Rumah tangga

    Pekerjaan ini mengharuskan seseorang sering mencuci tangan atau berkontak dengan air atau tanah. Pekerjaan ibu rumah tangga memiliki paparan yang tinggi terhadap air, cairan pencuci piring, cairan kimia untuk pembersih, dan lain sebagainya

    3. Kebiasaan merokok

    Zat-zat dalam rokok akan merusak jaringan yang membentuk elastisitas kulit sehingga kulit tampak lebih kering dan kasar. Jadi ada satu alasan lagi untuk tidak merokok, bukan?

    4. Kurangnya konsumsi lemak

    Lemak adalah makanan yang dihindari banyak orang (terutama perempuan). Namun lemak dalam jumlah yang tepat dibutuhkan kulit untuk membentuk lapisan “menjaga” kelembaban.

    5. Usia lanjut

    Fungsi organ tubuh akan berkurang sejalan bertambahnya usia. Pada usia lanjut, pembentukan zat elastin untuk menjaga elastisitas kulit akan berkurang.

    6. Alergi atau kelainan kulit yang kronis

    Alergi terhadap zat tertentu dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kemerahan. Kelainan kronis seperti dermatitis yang dimiliki seseorang juga menjadikan kulit lebih kering dan lebih sensitif terhadap berbagai gangguan dari luar, termasuk udara kering.

    7. Gatal dan Kulit Kering

    Keringnya kulit dapat memicu munculnya rasa gatal. Kulit menjadi lebih mudah terasa gatal karena kelembaban yang juga merupakan pelindung kulit berkurang.

    Mungkin terdengar tidak ada artinya tetapi rasa gatal dapat menjadi masalah besar jika sampai menyebabkan seseorang tak dapat beristirahat, menyebabkan merah-merah dan luka di kulit, atau bahkan infeksi.

    Dari keterangan singkat mengenai faktor-faktor yang berhubungan dengan kulit kering dan gatal tersebut, pencegahan sederhana yang dapat Anda lakukan adalah:

    1. Menjaga nutrisi

    Menjaga gizi dalam makanan seimbang. Terutama air yang cukup (minimal 8 gelas sehari). Lemak dalam jumlah tepat dan makanan yang mengandung vitamin juga tak boleh dilupakan. Vitamin C membantu pembentukan zat yang berperan dalam elastisitas kulit. Selain itu, vitamin C dan E dikenal memiliki potensi antioksidan yang kuat untuk menangkal segala kerusakan yang dapat terjadi pada sel.

    2. Hindari produk yang mengandung sulfur .

    Seperti kosmetik atau produk perawatan kulit yang lain karena dapat meningkatkan kekeringan kulit.

    3. Memakai sarung tangan ketika mengerjakan pekerjaan rumah tangga

    Pekerjaan rumah tangga juga sedapat mungkin dilakukan dengan melindungi kulit. Misalnya dengan menggunakan sarung tangan ketika mencuci piring. Jika sarung tangan dengan bahan karet (lateks) menimbulkan alergi, dapat digunakan sarung tangan vinyl.

    4. Mandi yang “tepat”

    Pencegahan lainnya yaitu dengan mandi menggunakan air “suam-suam kuku”, bukan air panas. Air yang suam-suam kuku suhunya tidak memiliki perbedaan ekstrim dengan suhu tubuh kita.

    Cara mandi dengan berendam , lebih melindungi kelembaban kulit dibanding dengan pancuran (shower). Sabun yang digunakan saat mandi juga hendaknya dipilih yang lembut dan mengandung pelembab.

    Sabun yang mengandung deodorant tidak dianjurkan terutama pada kulit yang kering atau iritasi ( merah-merah ).

    Mengeringkan tubuh jangan digosok menggunakan handuk, melainkan cukup dengan menekan-nekan kulit dengan handuk sehingga kelembaban yang tersisa di kulit dapat dioptimalkan.

    Saran mengenai mandi, yang mungkin akan membuat kita sebagai orang Indonesia terasa aneh , dimana mandi satu kali sehari sudah cukup untuk orang yang memiliki masalah kulit kering.

    5. Menggunakan moisturizer atau body lotion

    Setelah mandi, gunakan pelembab (moisturizer) di seluruh tubuh untuk mencegah penguapan air setelah mandi.

    Penggunaan pelembab dianjurkan tidak hanya setelah mandi, tapi juga sebelum tidur.

    Untuk yang mengalami masalah kulit tangan yang sangat kering dapat menggunakan sarung tangan katun tipis untuk mempertahankan kelembaban dan mencegah keinginan menggaruk.

    6. Tidak menggaruk kulit yang kering

    Menggaruk akan menyebabkan kulit lebih kering dan lebih gatal sehingga menjadi lingkaran setan. Kuku juga dijaga selalu pendek sehingga tidak melukai kulit jika menggaruk.

    7. Pakaian

    Bahan pakaian dari katun lebih nyaman dikenakan dibanding wol atau akrilik. Wol atau akrilik lebih dapat menimbulkan gatal.

    8. Menjauhi stress

    Gatal juga dapat dipicu oleh stres. Jadi menghindari stres juga merupakan strategi mencegah gatal.

    Bila dengan melakukan langkah diatas keluhan tak juga teratasi, atau terdapaat keluhan yang sangat mengganggu seperti gatal yang tak tertahankan atau terdapat tanda-tanda infeksi, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri kepada dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

    Semoga membantu

Anda punya pertanyaan seputar Kecantikan & Perawatan Kulit ?
Ask Doctor
Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya