Profile
Kecantikan & Perawatan Kulit

Kulit terasa dirayapi

Kulit terasa dirayapi
Medan

Dokter saya mau tanya, tadi sepulang saya dari suatu tempat, badan saya tiba2 merasa lemas dan kulit wajah saya terasa dirayapi sesuatu... Apa lemas dan kulit wajah yg serasa dirayapi ini ada hubungannya? Atau kulit wajah yg terasa dirayapi ini hanya reaksi ketidakcocokan dari kosmetik yg saya pakai? Jika iya mohon solusi penanganannya seperti apa.... Karena rasanya cukup mengganggu.

Answers

1 answers

  • Selamat malam,

    Kami memahami kekhawatiran anda.

    Rasa seperti ada yang merayap pada Kulit atau di bawah kulit yang kadang dapat diikuti rasa gatal, perih, hingga nyeri, dapat diakibatkan oleh beberapa hal, yaitu :

    1. Infeksi oleh cacing. Pada kondisi ini biasanya didapatkan riwayat berkontak dengan telur cacing yang berasal dari kotoran binatang seperti anjing dan kucing, begitu juga kotoran manusia, dan menetas di tanah yang hangat dan lembab. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa gatal dan kemerahan yang khas pada kulit yang berpindah-pindah sesuai jalur pergerakannya di bawah kulit.

    2. Kerusakan saraf, sehingga menimbulkan sensasi kulit yang tidak normal seperti rasa tertusuk, geli, kesemutan, terbakar, hingga kebas / baal pada kulit tanpa disertai adanya kelainan / penyakit kulit yang jelas.

    3. Gangguan psikis, seperti delusional. Penderita gangguan ini memiliki keyakinan yang salah ( tidak sesuai kenyataan / fakta ) mengenai adanya suatu parasit tertentu dalam tubuhnya, sehingga menimbulkan perasaan / sensasi halusinasi berupa adanya benda yang merayap di permukaan kulit, yang digambarkan sebagai serangga, kutu, atau cacing.

    4. Penyakit kulit lain, misalnya dermatitis akibat alergi. Bisa disebabkan oleh alergi kosmetik dll.

    Kami menyarankan untuk memeriksakan diri langsung ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

    Semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

    Salam.

Anda punya pertanyaan seputar Kecantikan & Perawatan Kulit ?
Ask Doctor
osteoporosis rentan terjadi pada perempuan yang kekurangan kalsium Osteoporosis dan Kesehatan Tulang Cegah ISPA dengan menghentikan penyebaranny, pemberian vaksin, dan berhenti merokok. 4 Cara Cegah ISPA