Profile
Kontrasepsi

Langsung Minum Postinor Begitu Selesai Senggama

Langsung Minum Postinor Begitu Selesai Senggama
Semarang

Saya dan pasangan menyadari sperma keluar di dalam dan secepatnya pasangan meminum postinor 2. Kira2 satu jam setelahnya. Apakah dari hal tersebut sudah bisa didapatkan pengaruh pil postinor? 12 jam kemudian pasangan minum pil kedua.

Answers

43 answers

  • Selamat siang

    Postinor merupakan kontrasepsi darurat, dan bukan merupakan kontrasepsi rutin yang digunakan karena aktivitas seksual yang kita lakukan. Resiko penggunaan obat golongan ini akan meningkatkan resiko kehamilan diluar rahim, dan juga pendarahan rahim yang tidak teratur.

    Untuk mengetahui keberhasilannya, kita memang tidak dapat menegtahui secara langsung proses pencegahan kehamilan berjalan atau tidak. Karena obat ini bukan obat demam yang dapat kita ketahui respon pengobatannya secara langsung.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Lalu, agar lebih meyakinkan perlukah pasangan saya mengkonsumsinya kembali?

  • Selamat sore winoyo

    Postinor adalah pil pencegah kehamilan yang termasuk kontrasepsi darurat yang dikonsumsi setelah melakukan hubungan seksual tanpa pengaman. Postinor sebaiknya diminum dalam jangka waktu 72 jam setelah hubungan seksual tanpa pengaman. Kemudian apabila tidak timbul muntah maka diminum 12 jam setelah minum pil yang pertama.

    Jika pasangan anda sudah mengkonsumsi sesuai dengan aturan pakai seperti yang disebutkan di atas, maka tidak perlu konsumsi kembali postinor. Cukup ikuti aturan pakainya saja, karena jika minum dengan dosis berlebihan, ditakutkan malah berefek bisa jado gangguan menstruasi pada pasangan anda.

    Terimakasih

  • postinor 2 bekerjaa dengan mengubah kekentalan lendirnserviks kan dok? soalnyaa semalam di makan pasangan sayaa besoknya lendir serviks jadi kental putih, terus apa bisa menghambat menstruasi jugak dok?

  • Selamat pagi

    Postinor atau morning-after-pill adalah kontrasepsi oral darurat dengan bahan dasar hormon progestin, hormon ini bekerja untuk memberi signal palsu sehingga sperma tidak dapat membuahi sel telur. Obat ini tidak mengubah lendir serviks dan tidak menghambat menstruasi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • gini dok, pada tgl 23 mei saya berhubungan sama pasangan sayaa, selang 6 jam berhubungan minum postinor 2, besoknyaa merasakan mual dan pusing, terus lendir di vagina jadi kental putih,tapi bukan putih susu, pasangan saya awal menstruasi mei kemarin tgl 2 selesai tgl 7 sayaa berhubungan tgl 23 apa masa subur dok? tanggal berapa untuk mens di bulan juni ini? sampai sekarang belum mens tapi tanda mau mens udah dirasakan, tgl 2 juni kemarin melakukan tespack hasilnya negativ dok,

  • Dok saya mau tanya,sekitar seminggu lebih kemarin saya berhubungan badan tanpa kontrasepsi dengan pacar saya,mr p tidak terlalu masuk karena itu baru pertama buat si perempuan, karna takut selang 1setengah hari pasangan saya meminum postinor2 dua tablet sekaligus lalu sekitar kurang lebih seminggu tepatnya tanggal 20/21 pasangan saya mens tp sedikit dan cuma 3 hari padahal mensnya biasanya tanggal muda sedangkan itu, warna darahnya seperti mens biasanya, apakah itu hamil dok ?

  • dr. Gustiva Sari dr. Gustiva Sari Dokter Umum

    Selamat malam Jendro...

    Siklus menstruasi normal adalah 21-35 hari, atau rata-rata 28 hari, dihitung dari hari pertama menstruasi bulan lalu sampai hari pertama menstruasi bulan berikutnya. Jadi setiap bulannya menstruasi tidak harus pada tanggal yang sama, jika siklus menstruasi masih berada direntang 21-35 hari berarti masih normal.

    Masa subur adalah saat ovum matang dan siap untuk dibuahi. Metode Kalender Ogino-Knaus digunakan bagi perempuan yang siklus menstruasinya tidak teratur. Caranya:
    - Catat data menstruasi selama 6-12 bulan terakhir.
    - Kurangi 18 hari dari siklus menstruasi tersingkat untuk menentukan awal masa suburnya.
    - Kurangi 18 hari dari siklus menstruasi terpanjang untuk menentukan akhir masa subur.

    Pada perempuan yang siklus menstruasinya teratur, masa subur berlangsung 14+/- 1 hari menstruasi berikutnya artinya masa subur berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal menstruasi yang akan datang.

    Pemeriksaan dengan test pack dapat dilakukan pada hari ke 9-10 setelah pembuahan saat ovulasi (masa subur), atau pada hari pertama terlambat menstruasi. Selain karena kehamilan, terlambat menstruasi juga dapat disebabkan karena gangguan siklus menstruasi. Jika hasil pemeriksaan dengan test pack negatif dan keluhan belum menstruasi masih berlangsung, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter kandungan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor
    Semoga bermanfaat

  • dr. Gustiva Sari dr. Gustiva Sari Dokter Umum

    Selamat malam Varel...

    Postinor merupakan kontrasepsi darurat yang digunakan setelah melakukan hubungan seksual tanpa pengaman. Cara konsumsi postinor adalah konsumsi tablet pertama kurnag dari 72 jam setelah konsumsi tablet pertama dan tablet kedua 12 jam setelah konsumsi tablet pertama. Namun kedua tabletnya juga dapat dikonsumsi secara bersamaan.

    Siklus menstruasi normal adalah 21-35 hari, atau rata-rata 28 hari, dihitung dari hari pertama menstruasi bulan lalu sampai hari pertama menstruasi bulan berikutnya. Jadi setiap bulannya menstruasi tidak harus pada tanggal yang sama, jika siklus menstruasi masih berada direntang 21-35 hari berarti masih normal. Menstruasi normalnya berlangsung 3-7 hari. Perdarahan karena implantasi (penempelan) hasil pembuahan ke dinding rahim hanya berupa flek saja dan tidak berlangsung berhari-hari. Jadi kemungkinan perdarahan tersebut adalah darah menstruasi.


    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor
    Semoga bermanfaat

  • Dok misalnya melakukan hubungan menggunakan kondom apakah boleh minum postinor untuk benar-benar mencegah kehamilan?

  • dr. Fadma Yuliani dr. Fadma Yuliani Dokter Umum

    Swlamat pagi
    Perlu Anda ingat bahwa obat yang Anda gunakan merupakan pil kontrasepsi darurat yang konsumsinya harus menggunakan resep dokter. Obat tersebut tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai kontrasepsi rutin karena mengandung hormon dosis tinggi yang dapat membahayakan tubuh bila dikonsumsi terus-menerus. Obat tersebut mengandung senyawa aktif levonorgestrel yang bekerja menghambat kehamilan dengan cara menghambat pembuahan atau implantasi janin.Sebagai kontrasepsi emergensi obat ini hanya bermanfaat jika digunakan dalam 72 jam paska senggama.jika anda telah menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom maka penggunaa obat ini tidak dianjirkan.

    Swmoga beemanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan meetdoctor.

  • Hallo selamat pagi..

    Kondom jika digunakan dengan benar, tingkat keberhasilannya dalam mencegah kehamilan cukup tinggi. Penggunaan postinor tidak dianjurkan. Postinor merupakan obat berisi hormon progesteron dapat menyrbabkan efek samping diantaranya gangguan menstruasi, petdaran pervaginam, mual, sakit kepala. Dll

    Demikian semoga bermanfaat..

  • Kemarin saat saya menggunakan kondom memang sudah dicek kalau kondom itu tidak bocor dan saat ejakulasi pun tidak terjadi didalam miss V, apakah itu akan aman dari kehamilan?

  • Selamat pagi,

    Pemilihan kontrasepsi bergantung pada kebutuhan dan kesiapan sepasang suami istri. Untuk kondom, tingkat keberhasilan kondom laki-laki dalam mencegah kehamilan adalah 80-89 persen. Untuk kondom wanita, yang memiliki bentuk seperti mangkok dengan tekstur lentur dan tipis, memiliki tingkat keberhasilan dalam mencegah kehamilan adalah sekitar 80 persen. Untuk tingkat keberhasilan kehamilan yang lebih tinggi, sebaiknya dilakukan pemasangan AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim) dimana tingkat keberhasilannya sebesar 99 persen. Namun sebaiknya Anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan Bidan atau dokter spesialis kandungan (Sp.OG) mengenai pemilihan kontrasepsi baik caranya, tingkat keefektivitasannya, dan efek sampingnya.

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

  • jadi meskipun sudah memakai kondom dan dikeluaran di luar miss v masih ada kemungkinan hamil? Tapi jika sudah memakai kondom tidak dianjurkan untuk minum postinor, jadi saya kira-kira sudah aman atau belum?

  • Selamat pagi,

    Kontrasepsi apapun termasuk postinor pasti akan ada resiko untuk terjadi kehamilan, walaupun kecil. Penggunaan postinor pun akan efektif jika digunakan dalam maksimal 72 jam pasca senggama. Jika digunakan lebih dari itu maka tetap akan ada kemungkinan untuk terjadinya pembuahan.

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

  • Dan kenapa bisa kondom laki-laki 20-11% bisa disebut mengalami kegagalan?

  • Selamat pagi,

    Banyak faktor yang menyebabkan kondom berkurang efektifitasnya, beberapa alasannya;

    -Terkena panas. Dompet atau mobil bukan tempat yang tepat untuk menyimpan kondom, terutama yang terbuat dari lateks.
    -Kedaluarsa. Hindari penggunaan kondom yang lewat masa pakai atau kedaluarsa.
    -Pelumas. Gunakan pelumas berbahan dasar air, terutama untuk kondom lateks. Kondom lateks tidak boleh menggunakan pelumas yang berbahan minyak, seperti minyak bayi, vaseline atau minyak lain. Ini karena bahan-bahan tersebut dapat merusak lateks.
    -Ukuran tidak pas. Pakai yang sesuai ukuran, hindari kondom terlalu sempit atau longgar.
    -Melemahnya ereksi. Lepas kondom secepatnya pada saat ereksi Anda melemah.

    Hal di atas bisa menyebabkan lapisan kondom yang tidak terlalu tebal menjadi rusak bahkan bocor. Hal ini yang menyebabkan kondom memiliki resiko kegagalan 11-20% dalam pemakaiannya.

    Sekian jawaban saya semoga membantu. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

  • Dok saat saya memasangkan alat kontrasepsi kondom saya sudah memegang penis pasangan saya. Itu bagaimana? apakah termasuk gagal menggunakan kondom?

  • Dan apa sebaiknya saya meminum postinor?

  • Selamat malam,

    Tetap ada resiko kehamilan jika ada sperma yang masuk ke dalam rahim, dan untuk diketahui sperma dapat bertahan di dalam rahim selama 7 hari. Jika dalam 7 hari rahim mengalami ovulasi atau proses pelepasan sel telur yang sudah matang dan siap dibuahi, maka tentu saja dapat terjadi kehamilan.

    Untuk postinor, itu adalah sejenis obat hormon berisi levogenolestrel yang berfungsi untuk mencegah kehamilan. Obat ini efektif dikonsumsi dalam jangka waktu 72 jam selepas berhubungan. Sebaiknya tidak menggunakan obat ini secara rutin sebab memiliki cukup banyak efek samping, seperti perdarahan, mual muntah, pusing, nyeri payudara atau nyeri perut dll. Konsultasikan kepada dokter mengenai pemilihan kontrasepsi yang tepat untuk anda.

    Sekian jawaban saya semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

  • Jadi saya sekarang harus atau boleh meminum obat itu dok?

  • Selamat malam,

    Kontrasepsi darurat adalah metode atau alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan bila segera digunakan setelah hubungan seksual (kurang dari 3 hari). Penggunaan KB ini diindikasikan untuk mencegah kehamilan yang tidak dikehendaki, misalnya :

    - kasus perkosaan
    - terjadi kesalahan dalam pemakaiaan kontrasepsi, seperti :
    kondom bocor, lepas, atau salah menggunakannya
    diafragma pecah, robek, atau diangkat terlalu cepat
    kegagalan senggama terputus
    salah hitung masa subur
    IUD ekspulsi
    lupa minum pil KB lebih dari 2 tablet
    terlambat suntik KB lebih dari 2 minggu
    - tidak menggunakan kontrasepsi

    Perlu Anda pahami, penggunaan kontrasepsi darurat kurang efektif dibandingkan jenis kontrasepsi lainnya. Kontrasepsi darurat tidak boleh digunakan sebagai metode KB rutin atau terus-menerus. Adapun efek samping yang mungkin ditimbulkan akibat penggunaan kontrasepsi ini :
    mual, muntah
    perdarahan bercak

    Jika masih dalam jangka waktu 3 hari setelah berhubungan postinor masih efektif untuk mencegah kehamilan, namun jika sudah lewat maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Pemakaian tergantung kepada pasien, karena saya sudah menjelaskan untung dan rugi dari pemakaian kontrasepsi darurat ini.

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

  • saya baru 24 jam yg lalu melakukan hubungan, intinya saya boleh dan bisa meminum obat itu ya?

  • dr. Gustiva Sari dr. Gustiva Sari Dokter Umum

    Selamat malam...

    Jika belum lebih dari 3 hari atau 72 jam setelah melakukan hubungan seksual, masih bisa mengonsumsi postinor. Pada kasus anda, melakukan hubungan seksual 24 jam yang lalu, artinya postinor masih bisa dikonsumsi.

    Jika memang ingin menunda kehamilan, sebaiknya anda dan pasangan menggunakan kontrasepsi jangka panjang. Untuk menambah informasi tentang komtrasepsi, anda dapat membaca artikel:

    https://meetdoctor.com/article/memilih-alat-kontrasepsi

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor
    Semog bermanfaat

  • saya sudah mengonsumsi 1 pil postinor satu setengah jam yg lalu tapi tidak merasakan apa-apa, apakah obat itu bekerja dok?

  • dr. Gustiva Sari dr. Gustiva Sari Dokter Umum

    Selamar malam...

    Setelah konsumsi postinor anda tidak merasakan apa-apa, itu merupakan hal yang normal. Efek samping dari obat tidak akan selalu dialami oleh setiap orang yang mengonsumsi postinor. Obat akan bekerja jika telah dikonsumsi dan akan bekerja secara efektif jika dikonsumsi sesuai aturan.


    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor
    Semoga bermanfaat

  • penggunaan obat postinor ini hanya 2 pil saja kan dok?

  • dr. Gustiva Sari dr. Gustiva Sari Dokter Umum

    Selamat malam Nire...

    Iya, konsumsi postinor hanya 2 tablet saja. Konsumsi tablet pertama kurang dari 3 hari atau 72 jam setelah melakukan hubungan seksual. Konsumsi tablet kedua 12 jam setekah konsumsi tablet yang pertama.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor
    Semoga bermanfaat

  • dok saya sudah mengonsumsi Postinor 2 24 jam setelah berhubungan dan penggunaannya pun sudah benar yaitu meminum pil kedua 12 jam setelah pil pertama. Namun sudah 39 jam setelah meminum postinor saya tidak merasakan apa-apa dok. Itu bagaimana?

  • Selamat sore Nire,

    Setelah penggunaan postinor memang tidak akan ada apa-apa yang dirasakan dan memang normal terjadi demikian, karena efek samping obat tidak terjadi pada semua orang yang mengkonsumsinya. Penggunaan postinor sendiri ditujukan sebagai kontrasepsi darurat untuk mencegah terjadinya kehamilan yang tidak dikehendaki pada kasus-kasus tertentu. Anda dapat mengevaluasi hasilnya dengan melakukan test pack 2 minggu setelah hubungan badan.

    Semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

    Salam.

  • Saya saat melakukan hubungan badan itu menggunakan alat kontrasepsi kondom, namun saya khawatir jadi saya meminum postinor 2. Sebenarnya saya sudah tau kalau postinor 2 untuk yg berhubungan tanpa memakai alat kontrasepsi (namun saya tetap khawatir meski sudah memakainya) Apakah ada hubungannya dengan itu? Dan tolong jelaskan Dok kenapa bisa ada orang yang merasakan efek samping dan tidak merasakan efek samping dari Postinor 2 itu.

  • Dok saya baru kuret seminggu, setelah kuret seminggu saya berhubungan dengan suami saya, tapi sperma di keluarkan di luar, apakah bisa terjadi kehamilan lagi ?

  • Selamat pagi Ibu

    Efek samping postinor memang tidak dialami oleh semua orang, ada beberapa orang yang tidak merasakan efek samping sama sekali selain itu kemungkinan hamil pada kasus anda sangat kecil.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Selamat pagi Ibu

    Seminggu setelah kuretase umumnya anda belum memasuki masa subur sehingga kemungkinan hamil memang sangat kecil. Namun sebaiknya hindari hubungan tanpa kontrasepsi dalam 2 bulan pertama setelah kuretase.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Dok seminggu setelah meminum postinor saya mengalami bercak berwarna merah kecoklatan, itu kenapa ya?

  • Selamat pagi

    Postinor adalah kontrasepsi darurat yang berisi hormon progesterone dosis tinggi. Obat ini umumnya ditujukan untuk mencegah kehamilan namun hanya diminum minimal 12 jam sesudah hubungan intim. Jika Anda berhubungan intim saat sedang menstruasi dan juga meminum postinor paska hubungan maka kemungkinan terjadinya kehamilan sangatlah kecil sampai tidak ada.

    Penggunaan KB darurat ini bisa memiliki efek samping seperti :
    - Perdarahan 1-2 minggu paska meminum obat. Hal ini dapat memperpanjang siklus menstruasi atau memperpendek jarak menstruasi.
    - Sakit kepala.
    - Payudara terasa tegang.
    - Flek atau spotting dll.

    Bercak merah kecoklatan yang Anda alami sangat mungkin berasal dari efek samping obat postinor yang Anda pakai.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • saya selsai mens tanggal 9 agustus pagi hari, lalu saya melakukan hubungan tanggal 9 jam 11 malam dok. Spotting ini apakah merupakan tanda kehamilan? dan jika bukan tanda kehamilan, normalnya akan berapa hari terjadi spotting?

  • Selamat pagi Ibu

    Bercak yang anda alami bukan merupakan bercak tanda kehamilan karena hubungan dilakukan di luar masa subur. Mengenai berapa lama spotting terjadi, hal tersebut tidak bisa diprediksi.

    Selamat malam

    Postinor adalah kontrasepsi darurat yang berisi hormon progesterone dosis tinggi. Obat ini umumnya ditujukan untuk mencegah kehamilan namun hanya diminum minimal 12 jam sesudah hubungan intim. Jika Anda berhubungan intim saat sedang menstruasi dan juga meminum postinor paska hubungan maka kemungkinan terjadinya kehamilan sangatlah kecil sampai tidak ada.

    Penggunaan KB darurat ini bisa memiliki efek samping seperti :
    - Perdarahan 1-2 minggu paska meminum obat. Hal ini dapat memperpanjang siklus menstruasi atau memperpendek jarak menstruasi.
    - Sakit kepala.
    - Payudara terasa tegang.
    - Flek atau spotting dll.

    Bercak darah yang Anda alami sangat mungkin berasal dari efek samping obat postinor yang Anda pakai.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • jadi obat postinor ini bisa mengganggu siklus menstruasi saya dok? Sekarang ini perut saya sakit seperti sedang menstruasi

  • Selamat pagi Ibu

    Postinor dapat mempengaruhi menstruasi anda karena merupakan obat hormonal. Keluhan yang dialami hanya sementara sehingga anda tidak perlu terlalu khawatir.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Seminggu yang lalu saya habis di kiret dan setelah seminggu lebih saya bersenggama dalam keadaan Mash Ada darah d sedikit setelah berhubungan darah tidak ada lagi dan sperma d keluarkan di luar keesokan harinya saya minum postinor. Dan darah tidak lagi kluar dok. Apa saya hamil lagi ?

  • Selamat siang Ibu

    Satu minggu setelah kuretase umumnya anda belum masuk dalam masa subur sehingga kemungkinan hamil pada kasus anda sangat kecil. Darah yang tidak keluar lagi merupakan hal yang wajar terjadi sehingga anda tidak perlu khawatir.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Kontrasepsi ?
Ask Doctor
Depresi bisa dialami pria dan wanita, namun keluhan utamanya seringkali berbeda di antara keduanya. 12 Tanda Depresi pada Pria Merokok tidak hanya berbahaya bagi perokok aktif tapi juga perokok pasif Ini Sebab Perokok Aktif dan Pasif Sama Bahayanya